... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Surat Suara Tercoblos Valid, Bawaslu Minta Pemilu di Malaysia Diulang

Foto: Surat suara tercoblos di Malaysia.

KIBLAT.NET, Jakarta – Setelah melakukan investigasi surat suara tercoblos di Malaysia, Bawaslu RI menetapkan bahwa Panitia Pemilih Luar Negeri (PPLN) Kuala Lumpur terbukti melakukan kecurangan. Akhirnya Bawaslu meminta KPU agar pelaksanaan pemungutan suara lewat metode pos di Malaysia diulang.

“Keputusan ini dilakukan karena PPLN KL terbukti secara sah dan meyakinkan tidak melaksanakan tugas secara obyektif transparan dan profesional dalam penyelenggaraan pemilu tahun 2019,” kata Anggota Bawaslu RI, Divi Rahmat Bagja dalam jumpa pers di Gedung Bawaslu, Jakarta Pusat, Selasa, (16/4/2019).

Rahmat mengatakan jumlah pemilih yang terdaftar melalui pos di Malaysia adalah 319.293 pemilih. Namun, kata Rahmat, ditemukan data bahwa hasil pemilu lewat surat suara yang dikirimkan lewat pos itu tak tercatat besarannya berapa oleh PPLN Kuala Lumpur.

“Rekomendasi ini disampaikan untuk memenuhi hak pilih WNI dan menjaga integritas proses penyelenggaraan pemilu 2019 di KL,” tuturnya.

Diketahui sebelumnya, puluhan ribu surat suara tercoblos untuk pasangan calon nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf dan Partai Nasdem ditemukan di Kuala Lumpur, Malaysia.

Peristiwa itu diketahui publik lewat video yang beredar di media sosial. Kejadian itu dikonfirmasi oleh Bawaslu. Ribuan surat suara tercoblos ditemukan oleh Panwaslu Kuala Lumpur di dua titik berbeda.

“Diperkirakan jumlah surat suara yang berada di lokasi pertama sejumlah 10-20 ribu buah dan jumlah yang kurang lebih sama juga berada di lokasi kedua,” kata Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Yaza Azzahara Ulyana dalam keterangan tertulis, Kamis (11/4).

BACA JUGA  PKS: RUU Cipta Kerja Jauh Panggang dari Api

Adapun pemungutan suara di Malaysia telah digelar pada Minggu (14/4) di lima titik PPLN yakni Johor Baru, Kuala Lumpur, Kota Kinabalu, Kuching, dan Penang. Sebanyak 550 ribu WNI terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Reporter : Hafidz Syarif
Editor: Izhar Zulfikar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afrika

Demonstran Sudan Waspadai Sisa-sisa Loyalis Al-Bashir di Pemerintahan

"Tujuan revolusi tidak dapat dicapai sepenuhnya dan sepenuhnya dalam menghadapi manipulasi di belakang panggung oleh sisa-sisa rezim," kata anggota SPA Taha Osman kepada wartawan di ibukota, Khartum.

Selasa, 16/04/2019 15:15 0

Video News

KPU Tegaskan Pemilih Hanya Bisa Menggunakan Haknya Satu Kali

KIBLAT-JAKARTA- Ketua Komisi Pemilihan Umum Arief Budiman, dalam rapat yang digelar Menko Polhukam menegaskan bahwa...

Selasa, 16/04/2019 14:21 0

Afrika

Puluhan Walikota Boikot Pilpres Aljazair

Dalam aksi protes, massa menyebut badan-badan dan tokoh-tokoh yang ditunjuk oleh rezim Bouteflika dan bertugas menyelenggarakan pemilihan presiden mendatang tidak dapat menjamin kebebasan dan integritas pemilu.

Selasa, 16/04/2019 14:09 0

Eropa

Terus-terusan Dibully, Gadis Pengungsi Suriah di Kanada Bunuh Diri

Sebuah keluarga Suriah yang melarikan diri ke Kanada bercerita tentang kematian putri mereka (9 tahun) karena bunuh diri bulan lalu. Dia nekat berbuat seperti itu karena kerap mendapatkan bullying di sekolah.

Selasa, 16/04/2019 13:28 0

Artikel

Dalil dan Hukum Seputar Shalat di Dalam Kakbah

Bagaimana pendapat para ahlul ilmi baik salaf maupun khalaf terkait shalat di dalam Kakbah.

Selasa, 16/04/2019 13:06 0

Afrika

Uni Afrika Ultimatum Dewan Militer Sudan

"Kepemimpinan militer di fase transisi sepenuhnya bertentangan dengan aspirasi rakyat Sudan," kata lembaga yang beranggotakan 55 negara Afrika itu.

Selasa, 16/04/2019 10:48 0

Suriah

HTS Sterilisasi Desa di Garis Kontak di Idlib

Dia menambahkan bahwa beberapa keluarga telah meninggalkan dua desa tersebut setelah pengumuman HTS.

Selasa, 16/04/2019 08:58 0

Video News

Pemerintah Jamin Pemilu Berjalan Aman dan Damai

KIBLAT.NET, Jakarta – Menko Polhukam Wiranto mengadakan Rapat Koordinasi Kesiapan Akhir dalam rangka Pengamanan Tahapan...

Selasa, 16/04/2019 08:24 0

Video News

Ditanya Soal Keamanan Pemilu Nanti, Ini Jawaban Tito Karnavian

KIBLAT.NET- JAKARTA, Menghadiri rapat Koordinasi Kesiapan Akhir untuk pemilu nanti Tito Karnavian sebagai kepala polisi...

Selasa, 16/04/2019 08:21 0

Afrika

Dewan Militer Transisi Pertahankan Keberadaan Tentara Sudan di Yaman

"Kami tetap berpegang teguh pada komitmen kami terhadap koalisi dan pasukan kami akan tetap di sana sampai koalisi mencapai tujuannya,"

Selasa, 16/04/2019 08:08 0

Close