... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Polri Larang Mobilisasi Massa Usai Pencoblosan

Foto: Kapolri Tito Karnavian

KIBLAT.NET, Jakarta – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian secara tegas melarang pawai kemenangan atau mobilisasi massa ketika pemilu dan setelahnya. Larangan disampaikan untuk mencegah adanya kericuhan dan memprovokasi pihak berseberangan.

“Polri akan berlandaskan dengan UU no 9 tahun 98, tentang penyampaian pendapat di muka umum, masyarakat (dihimbau) untuk tidak melakukan pawai syukuran atau apapun mobilisasi massa untuk menunjukkan kemenangan,” ujarnya usai rapat koordinasi di Kemenko Polhukam, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (15/04/2019).

Tito menambahkan, jika masyarakat menemukan indikasi kecurangan, atau hal-hal yang dirasa tidak sesuai dengan peraturan maupun undang-undang, dapat melaporkannya sesuai mekanisme yang berlaku, serta tidak melakukan mobilisasi massa sedemikian rupa.

“Lebih baik kita tetap menjalani kegiatan dengan baik, jika ada hal yang dianggap tidak sesuai, ada mekanismenya, ada DKPP untuk para petugas, ada bawaslu, dan juga ada proses MK, tapi tidak dalam bentuk mobilisasi massa,” ujarnya.

“Kalau ada mobilisasi massa, Polri tidak akan memberikan izin,” tegasnya.

Namun, ia mengaku saat ini, menjelang pemilu situasinya cukup aman. Ia berjanji bahwa, TNI, Polri dan para stakeholder akan menjaga keamanan pada hari pemilu 17 April dan ketika perhitungan suara.

“Situasi relatif aman, dan kita memberikan jaminan keamanan, kita TNI Polri dan segenap stakeholder terkait memberikan jaminan keamanan bahwa di hari H kita akan siap, termasuk perhitungan suara,” tukasnya.

BACA JUGA  Mursi Gugur, IM Tuntut Lembaga HAM Bergerak Hentikan Kejahatan di Penjara Mesir

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afrika

Uni Afrika Ultimatum Dewan Militer Sudan

"Kepemimpinan militer di fase transisi sepenuhnya bertentangan dengan aspirasi rakyat Sudan," kata lembaga yang beranggotakan 55 negara Afrika itu.

Selasa, 16/04/2019 10:48 0

Suriah

HTS Sterilisasi Desa di Garis Kontak di Idlib

Dia menambahkan bahwa beberapa keluarga telah meninggalkan dua desa tersebut setelah pengumuman HTS.

Selasa, 16/04/2019 08:58 0

Video News

Pemerintah Jamin Pemilu Berjalan Aman dan Damai

KIBLAT.NET, Jakarta – Menko Polhukam Wiranto mengadakan Rapat Koordinasi Kesiapan Akhir dalam rangka Pengamanan Tahapan...

Selasa, 16/04/2019 08:24 0

Video News

Ditanya Soal Keamanan Pemilu Nanti, Ini Jawaban Tito Karnavian

KIBLAT.NET- JAKARTA, Menghadiri rapat Koordinasi Kesiapan Akhir untuk pemilu nanti Tito Karnavian sebagai kepala polisi...

Selasa, 16/04/2019 08:21 0

Afrika

Dewan Militer Transisi Pertahankan Keberadaan Tentara Sudan di Yaman

"Kami tetap berpegang teguh pada komitmen kami terhadap koalisi dan pasukan kami akan tetap di sana sampai koalisi mencapai tujuannya,"

Selasa, 16/04/2019 08:08 0

Profil

Para Diplomat Taliban Eks Guantanamo

Ada pemandangan yang mencengangkan pada bulan Maret lalu saat terjadi perundingan antara Taliban dan Amerika di Doha. Pasalnya, lima orang yang mewakili Taliban adalah mantan tahanan Guantanamo yang dulunya diperlakukan tak manusiawi oleh Amerika. Kini, berlima duduk berhadapan dengan mantan penculik mereka membahas masalah penarikan pasukan Amerika dari Afghanistan.

Senin, 15/04/2019 18:52 0

Video News

Pengidap Gangguan Jiwa Nyoblos, Ini Kesiapan Panti Rehabilitasi

KIBLAT.NET, Jakarta – Para pengidap gangguan jiwa akan ikut mencoblos pada Pemilu 17 April mendatang....

Senin, 15/04/2019 16:49 0

Video News

Pesan dan Do’a Ust. Bachtiar Nasir untuk Pemilu 2019

KIBLAT.NET- Bandung, 13 April 2019, Majelis Pelayan menggelar Tabligh Akbar yang turut dihadiri Ust. Zaitun...

Senin, 15/04/2019 16:37 0

Artikel

Cara Mudah Atasi Jet Lag

Saat ini, perjalanan jarak jauh paling cepat ditempuh dengan menggunakan pesawat. Dan salah satu masalah yang ditemui ketika melakukan penerbangan jauh antar negara adalah Jet Lag.

Senin, 15/04/2019 12:47 0

Palestina

Israel Ubah Masjid Bersejarah di Safed Menjadi Bar

Pemerintah Kota Israel di Safed telah mengubah Masjid Al-Ahmar menjadi sebuah bar dan aula acara. Demikian laporan Al-Quds Al-Arabi seperti dikutip Middle East Monitor, Rabu (10/04/2019).

Senin, 15/04/2019 11:58 0

Close