... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Polisi Buat Tiga Kategori Pengamanan TPS

Foto: Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian (foto: Taufik Ishaq)

KIBLAT.NET, Jakarta – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan membagi tiga kategori Tempat Pemungutan Suara (TPS) berdasarkan analisa dan pemetaan. Tiga kategori tersebut adalah aman, rawan, dan sangat rawan.

“Untuk (TPS) yang aman, kriterianya di satu tempat didominasi oleh pendukung A atau B. Potensi konfliknya kecil. Jadi, kekuatan yang di-deploy (disebar) standar,” ujar Tito di kantor Kemenko Polhukam, di Jakarta, Senin (15/04/2019).

Tito menjelaskan, TPS-TPS yang rawan ditandai dengan imbangnya proporsi dukungan terhadap salah satu pasangan capres-cawapres maupun calon legislatif tertentu. Sementara, TPS-TPS dengan kategori sangat rawan biasanya memiliki sejarah konflik serta kerap bermunculan isu sensitif.

“Kami otomatis akan memperkuat, mempertebal dengan kekuatan tambahan. Baik dari linmas maupun Polri dan TNI. Ada juga kekuatan stand by,” jelasnya.

Sebelum gelaran pemilu dimulai tanggal 17 April, pihak keamanan juga memberikan perhatian khusus terhadap daerah-daerah yang rawan menjadi titik kumpul massa. Menurutnya, daerah tersebut dapat memberikan tekanan intimidasi kepada warga yang akan berangkat ke TPS. Tempat-tempat itu akan diwaspadai oleh Polisi.

Oleh karena itu, selain anggota Polri dan TNI yang berjaga di TPS, tim patroli gabungan juga akan berpatroli menuju daerah tersebut. Termasuk daerah yang dihuni warga minoritas hingga kawasan padat penduduk yang berpotensi mudah diprovokasi.

“Misalnya ada kumpulan massa yang bisa berikan tekanan intimidatif, kita waspadai dengan menambah kekuatan dan kekuatan stand by. Kita lakukan penebalan, patroli gabungan dan pos gabungan TNI-Polri di daerah yang rawan tertekan secara psikologis,” pungkasnya.

BACA JUGA  Komisi III DPR Setuju Idham Aziz Jadi Kapolri

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Izhar Zulfikar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video News

KPU Tegaskan Pemilih Hanya Bisa Menggunakan Haknya Satu Kali

KIBLAT-JAKARTA- Ketua Komisi Pemilihan Umum Arief Budiman, dalam rapat yang digelar Menko Polhukam menegaskan bahwa...

Selasa, 16/04/2019 14:21 0

Afrika

Puluhan Walikota Boikot Pilpres Aljazair

Dalam aksi protes, massa menyebut badan-badan dan tokoh-tokoh yang ditunjuk oleh rezim Bouteflika dan bertugas menyelenggarakan pemilihan presiden mendatang tidak dapat menjamin kebebasan dan integritas pemilu.

Selasa, 16/04/2019 14:09 0

Eropa

Terus-terusan Dibully, Gadis Pengungsi Suriah di Kanada Bunuh Diri

Sebuah keluarga Suriah yang melarikan diri ke Kanada bercerita tentang kematian putri mereka (9 tahun) karena bunuh diri bulan lalu. Dia nekat berbuat seperti itu karena kerap mendapatkan bullying di sekolah.

Selasa, 16/04/2019 13:28 0

Artikel

Dalil dan Hukum Seputar Shalat di Dalam Kakbah

Bagaimana pendapat para ahlul ilmi baik salaf maupun khalaf terkait shalat di dalam Kakbah.

Selasa, 16/04/2019 13:06 0

Afrika

Uni Afrika Ultimatum Dewan Militer Sudan

"Kepemimpinan militer di fase transisi sepenuhnya bertentangan dengan aspirasi rakyat Sudan," kata lembaga yang beranggotakan 55 negara Afrika itu.

Selasa, 16/04/2019 10:48 0

Suriah

HTS Sterilisasi Desa di Garis Kontak di Idlib

Dia menambahkan bahwa beberapa keluarga telah meninggalkan dua desa tersebut setelah pengumuman HTS.

Selasa, 16/04/2019 08:58 0

Video News

Pemerintah Jamin Pemilu Berjalan Aman dan Damai

KIBLAT.NET, Jakarta – Menko Polhukam Wiranto mengadakan Rapat Koordinasi Kesiapan Akhir dalam rangka Pengamanan Tahapan...

Selasa, 16/04/2019 08:24 0

Video News

Ditanya Soal Keamanan Pemilu Nanti, Ini Jawaban Tito Karnavian

KIBLAT.NET- JAKARTA, Menghadiri rapat Koordinasi Kesiapan Akhir untuk pemilu nanti Tito Karnavian sebagai kepala polisi...

Selasa, 16/04/2019 08:21 0

Afrika

Dewan Militer Transisi Pertahankan Keberadaan Tentara Sudan di Yaman

"Kami tetap berpegang teguh pada komitmen kami terhadap koalisi dan pasukan kami akan tetap di sana sampai koalisi mencapai tujuannya,"

Selasa, 16/04/2019 08:08 0

Profil

Para Diplomat Taliban Eks Guantanamo

Ada pemandangan yang mencengangkan pada bulan Maret lalu saat terjadi perundingan antara Taliban dan Amerika di Doha. Pasalnya, lima orang yang mewakili Taliban adalah mantan tahanan Guantanamo yang dulunya diperlakukan tak manusiawi oleh Amerika. Kini, berlima duduk berhadapan dengan mantan penculik mereka membahas masalah penarikan pasukan Amerika dari Afghanistan.

Senin, 15/04/2019 18:52 0

Close