... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kepolisian Malaysia Menolak Bawaslu-KPU Mengecek Surat Suara Tercoblos, Ini Alasannya

Foto: Surat suara tercoblos di Malaysia.

KIBLAT.NET, Jakarta – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih berupaya menyelidiki dugaan kecurangan surat suara tercoblos dalam pelaksaan pemilu di Malaysia.

Ketua Bawaslu, Abhan mengatakan hingga saat ini tim Bawaslu masih berada di Malaysia untuk mengumpulkan data- data lebih lanjut. Informasi terakhir tim akan diterima oleh kepolisian Malaysia, di mana sebelumnya tim Bawaslu dan KPU tidak diperkenankan oleh aparat setempat memasuki TKP surat suara tercoblos.

“Info terakhir tim kami, Pak Bagja (anggota Bawaslu Rahmat Bagja, red.) jam 02.00 siang ini dijanjikan akan diterima oleh kepolisian. Mudah-mudahan itu akan memperjelas,” kata Abhan kepada wartawan usai melaksanakan rapat koordinasi terakhir jelang hari pemilu di Kantor Menkopolhukam, Jakarta, Senin, (15/4/2019).

Abhan menjelaskan Polis Diraja Malaysia (PDRM) telah menyelidiki kasus tersebut sesuai ruang lingkup hukumnya, adapun hasil ada di tangan mereka. Akan tetapi Bawaslu RI juga memiliki ruang hukum tersendiri dalam penyelidikan kasus ini.

“Kita tidak tahu apa yang akan dihasilkan dalam pertemuan tersebut, karena baru akan diterima saja oleh PDRM. Mudah- mudah ditepati jam 02.00 siang pertemuan itu,” kata Abhan.

Dari hasil pertemuan sebelumnya, anggota Bawaslu, Fritz Edward Siregar menyampaikan tim Bawaslu di Malaysia belum boleh melihat surat suara tercoblos karena menjadi barang bukti.

“Sebagai barang bukti harus dibuka melalui sebuah proses peradilan atau ada permintaan dari pihak kepolisian,” kata Fritz di Kantor Bawaslu, Jakarta, Senin (15/4/2019).

BACA JUGA  Menkopolhukam Gelar Rapat Koordinasi Pengamanan Pemilu 2019

Fritz mengatakan, Bawaslu akan menggelar rapat pleno sehingga besok, Selasa (16/4/2019), pihaknya dapat memberikan klarifikasi final dan rekomendasi terhadap apa yang terjadi di Malaysia. “Kami sudah memberikan klarifikasi final dan apa rekomendasi-rekomendasi Bawaslu terhadap proses yang akan dilakukan,” ujarnya.

Selanjutnya, Fritz mengatakan, Bawaslu juga akan menyampaikan saran terhadap pemungutan suara yang sudah dilakukan di Malaysia. “Kami akan putuskan malam ini mudah-mudahan besok bisa mendapatkan hasil seperti apa,” pungkasnya.

Sementara itu, KPU justru menanggapi ringan dugaan kecurangan surat suara tercoblos, pasca dilarang memasuki TKP oleh PDRM. Komisioner KPU RI, Ilham Saputra menyatakan surat suara yang diduga tercoblos di Selangor, Malaysia, sudah dianggap sebagai sampah. Alasannya, belum bisa dipastikan keasliannya mengingat KPU tidak diberikan akses oleh polisi setempat untuk memeriksa temuan surat suara itu.

Ketua KPU, Arif Budiman mengatakan pihaknya tidak bisa memberikan penjelasan lebih lanjut dan lebih memilih untuk menunggu hasil pertemuan tim dengan PDRM.

“Kita akan memberikan kesimpulan setelah pertemuan itu. Karena kita tidak bisa memastikan apapun yang ada di dalam ruangan itu sebelum masuk ke sana,” tuturnya.

Reporter: Hafidz Syarif
Editor: Rusydan

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video News

Pengidap Gangguan Jiwa Nyoblos, Ini Kesiapan Panti Rehabilitasi

KIBLAT.NET, Jakarta – Para pengidap gangguan jiwa akan ikut mencoblos pada Pemilu 17 April mendatang....

Senin, 15/04/2019 16:49 0

Video News

Pesan dan Do’a Ust. Bachtiar Nasir untuk Pemilu 2019

KIBLAT.NET- Bandung, 13 April 2019, Majelis Pelayan menggelar Tabligh Akbar yang turut dihadiri Ust. Zaitun...

Senin, 15/04/2019 16:37 0

Artikel

Cara Mudah Atasi Jet Lag

Saat ini, perjalanan jarak jauh paling cepat ditempuh dengan menggunakan pesawat. Dan salah satu masalah yang ditemui ketika melakukan penerbangan jauh antar negara adalah Jet Lag.

Senin, 15/04/2019 12:47 0

Palestina

Israel Ubah Masjid Bersejarah di Safed Menjadi Bar

Pemerintah Kota Israel di Safed telah mengubah Masjid Al-Ahmar menjadi sebuah bar dan aula acara. Demikian laporan Al-Quds Al-Arabi seperti dikutip Middle East Monitor, Rabu (10/04/2019).

Senin, 15/04/2019 11:58 0

Video Kajian

Ust. Abu Umar Abdillah: Islam vs Jahiliah Memperlakukan Perempuan

KIBLAT.NET – Ust. Abu Umar Abdillah: Islam vs Jahiliah Memperlakukan Perempuan. “Wahai orang-orang yang beriman, tidak...

Senin, 15/04/2019 11:16 0

Video News

H. Bambang Setyo, M. Sc: Pancasila dalam Perspektif Islam

KIBLAT.NET- Perdebatan tentang falsafah dasar Negara NKRI memang tidak pernah surut sepanjang zaman. Persoalan ideologi...

Senin, 15/04/2019 10:52 0

Video News

Ditanya Pilpres Pilih Siapa, Ini Jawaban Cak Nun

KIBLAT.NET- Jakarta, 11 April 2019, KPK menggelar acara bertajuk Sarasehan Budaya yang turut dihadiri oleh...

Senin, 15/04/2019 10:18 0

Afghanistan

Taliban Kecam Scott Muller dan Zalmay Khalilzad

“Mereka harus menyadari bahwa perang ini Anda bawa kepada kami!” tegas Mujahid.

Senin, 15/04/2019 09:14 0

Philipina

Manila: Hasil Tes DNA Konfirmasi Pemimpin ISIS Filipina Tewas

Keempatnya terbunuh dalam bentrokan di provinsi Lanao del Sur.

Senin, 15/04/2019 08:13 0

Artikel

5 Keuntungan yang Bisa Kamu Dapatkan dari Penerbangan Pagi Hari

Penerbangan pagi mungkin buat kamu terburu-buru untuk datang ke bandara dan persiapan yang sedikit, tapi juga memberikan banyak keuntungan buat mereka yang mengambilnya

Senin, 15/04/2019 06:04 0

Close