... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Cara Mudah Atasi Jet Lag

Foto: Ilustrasi Jet Lag. (Foto: telegraph)

KIBLAT.NET – Beberapa diantara kita diharuskan melakukan perjalanan jarak jauh, baik antar daerah maupun antar negara. Saat ini, perjalanan jarak jauh paling cepat ditempuh dengan menggunakan pesawat. Dan salah satu masalah yang ditemui ketika melakukan penerbangan jauh antar negara adalah Jet Lag atau perubahan jam biologis tubuh.

Jet Lag biasanya ditandai dengan perasaan lelah, selalu mengantuk, maupun kebingungan. Hal ini terjadi setelah melakukan perjalanan panjang dengan melintasi beberapa zona waktu menggunakan pesawat terbang. Gejala yang umumnya terjadi akibat Jet Lag adalah gangguan pada pola tidur serta kelelahan.

Selain itu, Jet Lag juga mengakibatkan beberapa perubahan ritme pada tubuh, beberapa diantaranya cukup mengganggu. Kamu biasanya akan mengalami gangguan tidur seperti insomnia, tidur berlebihan, atau bangun terlalu cepat. Kamu juga mungkin akan terkena gangguan pencernaan, seperti konstipasi atau diare.

Gejala yang cukup mengganggu adalah kamu akan mengalami mual dan muntah, gangguan ingatan, cemas dan mudah marah, pusing dan sakit kepala, bisa juga mengalami nyeri otot.

Lantas, bagaimana mengatasi Jet Lag? Ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi Jet Lag. Anjuran ini ada yang dilakukan sebelum melakukan perjalanan jauh maupun setelahnya. Kami rangkumkan beberapa poin yang disadur dari laman alodokter.com dan beberapa laman kesehatan lain.

1. Mengubah Rutinitas Tidur.

Kamu bisa menyesuaikan waktu tidur dengan waktu tempat tujuan beberapa hari sebelum berangkat. Atau, kamu juga bisa tidur singkat selama 20 menit ketika sampai tujuan. Namun, ketika waktunya tidak memungkinkan untuk istirahat, cobalah “menyicil” tidur beberapa kali dalam sehari.

BACA JUGA  Mendakwa Agama dalam Panggung Pemilu

2. Membatasi Paparan Cahaya Terang.

Ketika melakukan penerbangan, cobalah  mengurangi paparan cahaya terang, karena cahaya hal itu menjadi salah satu hal yang mempengaruhi jam internal tubuh. Gunakan penutup telinga dan masker mata saat tidur, hal ini berguna agar tidurmu menjadi lebih nyenyak dan berkualitas usai penerbangan panjang.

3. Menghindari Dehidrasi.

Pastikan kamu mengonsumsi banyak air putih saat melakukan perjalanan dan setelah sampai di tujuan. Hal ini bertujuan untuk melawan efek dari udara kering di dalam kabin pesawat dan mencegah dehidrasi.

4. Habiskan Waktu di Luar Ruangan Begitu Tiba di Tujuan.

Untuk mengembalikan jam biologis tubuh, kamu perlu berjemur di bawah sinar matahari. Cobalah berjalan-jalan di luar ruangan, misal di taman kota, antara pukul 08.00-09.00 waktu setempat.

5. Berolahraga.

Berolahraga di pagi atau sore hari akan membantu me-reset jam biologis anda. Namun ingat, jangan berolahraga malam hari karena bisa berdampak insomnia.

6. Mandi Saat Mengalami Jet Lag.

Cobalah mandi air dingin pada malam hari dan air hangat pada pagi hari. Hormon melatonin yang dibutuhkan tubuh agar tidur nyenyak bisa muncul dengan adanya perubahan temperatur badan.

7. Jaga Pola Makan Selama Traveling.

Wajib hukumnya untuk menjaga pola makan serta berada di bawah sinar matahari. Jika Anda hanya tinggal selama satu atau dua hari di destinasi tujuan, cobalah melakukan banyak aktivitas luar ruangan.

BACA JUGA  Muslim Krimea di Bawah Ancaman Persekusi dan Pengusiran Rusia

Penulis: Muhammad Jundii
Editor: Rusydan

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Palestina

Israel Ubah Masjid Bersejarah di Safed Menjadi Bar

Pemerintah Kota Israel di Safed telah mengubah Masjid Al-Ahmar menjadi sebuah bar dan aula acara. Demikian laporan Al-Quds Al-Arabi seperti dikutip Middle East Monitor, Rabu (10/04/2019).

Senin, 15/04/2019 11:58 0

Indonesia

Begini Strategi Menteri Luhut dalam Melindungi dan Mengedepankan Produk Lokal

KIBLAT.NET, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) Luhut Binsar Pandjaitan menghimbau untuk tidak...

Senin, 15/04/2019 11:54 0

Video Kajian

Ust. Abu Umar Abdillah: Islam vs Jahiliah Memperlakukan Perempuan

KIBLAT.NET – Ust. Abu Umar Abdillah: Islam vs Jahiliah Memperlakukan Perempuan. “Wahai orang-orang yang beriman, tidak...

Senin, 15/04/2019 11:16 0

Video News

H. Bambang Setyo, M. Sc: Pancasila dalam Perspektif Islam

KIBLAT.NET- Perdebatan tentang falsafah dasar Negara NKRI memang tidak pernah surut sepanjang zaman. Persoalan ideologi...

Senin, 15/04/2019 10:52 0

Video News

Ditanya Pilpres Pilih Siapa, Ini Jawaban Cak Nun

KIBLAT.NET- Jakarta, 11 April 2019, KPK menggelar acara bertajuk Sarasehan Budaya yang turut dihadiri oleh...

Senin, 15/04/2019 10:18 0

Afghanistan

Taliban Kecam Scott Muller dan Zalmay Khalilzad

“Mereka harus menyadari bahwa perang ini Anda bawa kepada kami!” tegas Mujahid.

Senin, 15/04/2019 09:14 0

Philipina

Manila: Hasil Tes DNA Konfirmasi Pemimpin ISIS Filipina Tewas

Keempatnya terbunuh dalam bentrokan di provinsi Lanao del Sur.

Senin, 15/04/2019 08:13 0

Indonesia

Masuki Masa Tenang, Penyelenggara Pemilu Diminta Transparan

KPU meminta peserta Pemilu tak lakukan kampanye di masa tenang

Ahad, 14/04/2019 16:44 0

Afghanistan

Taliban: Majelis “Loya Jirga” Pemerintah Afghan Langgengkan Penjajahan

Pemerintah Kabul sebelumnya telah mengumumkan bahwa mereka berencana akan menggelar sebuah pertemuan besar yang diklaim dihadiri sekitar dua ribu peserta di awal bulan ini yang dinamakan forum “Konsultatif Perdamaian Loya Jirga”.

Ahad, 14/04/2019 16:28 0

Indonesia

Pengidap Gangguan Jiwa Nyoblos, Panti Rehabilitasi Akui Belum Ada Sosialisasi

"Pasien juga ditanya siapa presidennya juga nggak tahu,"

Ahad, 14/04/2019 15:12 0

Close