... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Sudan Memanas, Begini Kondisi Mahasiswa Asal Indonesia

Foto: demonstrasi di Sudan (sumber: IG Ana.sudani)

KIBLAT.NET, Jakarta – Mahasiswa asal Indonesia di Sudan, Khairul Amrullah mengungkapkan bahwa kondisi mahasiswa Indonesia di Sudan saat ini aman. Namun, para mahasiswa berhati-hati ketika keluar rumah.

“Alhamdulillah masih aman. Agak berhati-hati saja kalau keluar, apalagi pas ada aksi dari masyarakat,” ujarnya saat dihubungi Kiblat.net pada Jumat (12/04/2019).

“Soalnya kalau berkeliaran di luar, lalu sedang ada keramaian dari demonstran takutnya jadi korban kriminal. Apalagi kalau jalan sendiri,” sambungnya.

Ia juga memaparkan bahwa saat ini ada pemberlakuan jam malam oleh Penanggung jawab Pemerintahan Transisi. Yaitu jam 22.00 – 04.00. Selain itu, para mahasiswa asal Indonesia juga mendapat imbauan dari KBRI Sudan.

“Kami diimbau tidak keluar kediaman jika tidak ada keperluan urgen. Selain itu, kami juga diimbau tidak ikut serta dan mendekati kerumunan demonstran,” paparnya.

Pria asal Makassar ini mengatakan bahwa mahasiswa Indonesia juga diminta oleh KBRI untuk menyediakan kebutuhan pokok. Misalnya makanan, air minum, pulsa, listrik, gas.

“Karena kemungkinan toko dan warung tutup. Dan memang benar, belanja jadi agak sulit karena toko banyak yang tutup,” ucapnya.

Terakhir, mahasiswa University of the Holy Qur’an and Islamic Science memaparkan bahwa mahasiswa asal Malaysia sudah dievakuasi pulang ke negaranya.

Sebagaimana diketahui, Rakyat Sudan mengadakan aksi protes tidak hanya di ibu kota Khartum, tetapi juga di kota-kota kecil. Meskipun presiden negara itu, Omar al-Bashir, telah mencoba untuk mengurangi protes, ia akhirnya digulingkan dan ditahan oleh militer Sudan. Dewan militer juga mengumumkan akan memerintah negara untuk masa transisi dua tahun.

BACA JUGA  Israel Kembali Terima Dua Jet Siluman F-35

Militer juga telah menangguhkan konstitusi, membubarkan pemerintah, menyatakan keadaan darurat selama tiga bulan, menutup perbatasan hingga pemberitahuan lebih lanjut, menutup wilayah udara selama 24 jam dan memberlakukan jam malam selama satu bulan. Semua tahanan politik dibebaskan di seluruh negeri.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

Mendakwa Agama dalam Panggung Pemilu

Padahal jika kita mau menelisik kembali pemilu di Indonesia, alih-alih sebagai sesuatu yang negatif, nyatanya agama (Islam) sangat berpengaruh besar. Satu hal yang mengkhawatirkan di Indonesia saat ini adalah menurunnya kepedulian masyarakat terhadap penyelenggaraan pemilu di Indonesia.

Jum'at, 12/04/2019 13:19 0

Indonesia

Novel Baswedan Imbau Jajaran KPK Tetap Semangat Berantas Korupsi

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan mengajak di momen 2 tahun teror kepadanya dan juga kepada pimpinan lainnya, tidak menjadikan para pegawai berhenti dalam memberantas koruptor.

Jum'at, 12/04/2019 13:06 0

Indonesia

KPK Bantah Tuduhan Novel Baswedan Berpolitik

Dia memastikan bahwa pegawai KPK tidak berafiliasi dengan partai politik manapun. "Kami pastikan KPK adalah institusi yang independen," ujarnya menambahkan.

Jum'at, 12/04/2019 11:05 0

Indonesia

Presiden al-Bashir Digulingkan, Sudan Terancam Perang Saudara?

Konflik internal atau bahkan perang saudara mungkin terjadi karena ada pasukan polisi dan suku-suku yang setia kepada al-Bashir dan berbagai faksi militer. Ada banyak kelompok paramiliter di negara ini.

Jum'at, 12/04/2019 10:49 0

Indonesia

Ramadhan 1440 H, Madina Sebar Dai ke Pelosok Nusantara

Majelis Dakwah Islam Indonesia (Madina) secara rutin mengirim puluhan dai selama bulan Ramadhan ke berbagai daerah hingga pedalaman nusantara.

Jum'at, 12/04/2019 09:46 0

Indonesia

Ditanya Soal Surat Suara Tercoblos, Luhut: Saya Belum Tau

"Soal Selangor, Malaysia, saya belum tau beritanya, Jadi saya belum bisa berkomentar.

Jum'at, 12/04/2019 00:40 0

Indonesia

Amnesty International: Extra Judicial Killing Oleh Densus 88 Berbau Doktrin Militer

Amnesty International Indonesia menilai penanganan terorisme di Indonesia berlebihan.

Kamis, 11/04/2019 22:50 0

Indonesia

Polisi Siapkan 14 Tempat Parkir Untuk Kampanye Jokowi-ma’ruf

Ditlantas Polda Metro Jaya menyiapkan empatbelas kantong parkir untuk peserta kampanye Jokowi-ma'ruf di Gelora Bung Karno

Kamis, 11/04/2019 20:47 0

Indonesia

4.953 Polisi Amankan Kampanye Jokowi-ma’ruf di GBK

Kombes (Pol) Yusuf mengungkapkan jika pihaknya akan mengerahkan sebanyak 4.953 personil Lantas

Kamis, 11/04/2019 20:33 0

Indonesia

BPN Prabowo-sandi Minta Dubes RI di Malaysia Dipecat

ia juga meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk segera menarik pulang Duta Besar Republik Indonesia di Malaysia

Kamis, 11/04/2019 20:22 0

Close