... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Sebulan Teror Cristchurch, Muslim Selandia Baru Masih Takut ke Masjid

Foto: Komunitas Muslim di Christchurch terguncang ketika seorang warga Australia berusia 28 tahun melepaskan tembakan ke masjid-masjid Linwood dan Al Noor pada 15 Maret, menewaskan puluhan jamaah. (AFP)

KIBLAT.NET, Cristchurch – Empat minggu setelah pembantaian sadis di masjid-masjid Selandia Baru, komunitas Muslim Christchurch berjuang untuk “mendapatkan” kembali jamaah di tengah ketakutan mereka untuk kembali shalat Jumat.

“Mereka masih sangat ketakutan,” kata Imam Masjid Linwood, Ibrahim Abdelhalim kepada AFP, Jumat (12/04/2019). “Biasanya kita memperkirakan (jamaah) sekitar 100 orang, tapi sekarang sekitar 30 orang.”

Setidaknya 50 orang tewas ketika seorang warga Australia berusia 28 tahun, Brenton Tarrant, seorang supremasi kulit putih melepaskan tembakan ke Masjid Linwood dan Al Noor pada 15 Maret.

Komunitas Muslim semakin terguncang minggu ini, ketika seorang pria berusia 33 tahun, mengenakan t-shirt bertuliskan nama Presiden AS “Donald Trump”, meneriaki jamaah di Al Noor mesjid.

Daniel Nicholas Tuapawa mengaku bersalah di pengadilan setelah didakwa melakukan “kekerasan”. Dia mengaku tidak menyadari tindakannya sampai polisi menunjukkan kepadanya sebuah video ketika dia berteriak dengan komentar kasar, termasuk mengatakan “semua Muslim adalah teroris.”

“Saya tidak percaya kalau itu saya,” katanya kepada wartawan.

Tuapawa mengatakan dia menderita masalah kesehatan mental dan tidak menentang Muslim. “Itu hanya karena sudah ada di berita dan di kepalaku,” katanya.

Abdelhalim mengatakan banyak Muslim yang ingin kembali ke masjid namun masih mengalami trauma. Sebulan setelah pembantaian, polisi Selandia Baru telah mengeluarkan pernyataan bahwa tingkat ancaman nasional “tetap tinggi”.

BACA JUGA  Arti Simbol Bunga dalam Pembantaian Muslim Srebrenica

Setelah penembakan, Selandia Baru telah memperketat undang-undang peraturan senjata api, mengeluarkan senjata semi-otomatis dari peredaran melalui skema pembelian kembali, larangan dan hukuman penjara yang keras.

Pada hari Jumat, pemerintah menutup celah potensial dengan memperluas undang-undang yang mencakup ekspor senjata semi-otomatis, magazine dan alat-alat pendukungnya.

Sumber: Arab News
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Di Acara Gojek, Luhut Malah Pamer Aplikasi Fish on

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan memamerkan aplikasi Fish on

Jum'at, 12/04/2019 15:12 0

Indonesia

Keluarga Bisa Minta Pemerintah RI Desak AS Kembalikan Hambali

"Lama banget, padahal proses persidangan harus cepat, dan harusnya bisa dikembalikan di Indonesia," ujar Usman di kantornya, di Gedung HDI Hive Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (10/04/2019).

Jum'at, 12/04/2019 14:38 0

Artikel

Mendakwa Agama dalam Panggung Pemilu

Padahal jika kita mau menelisik kembali pemilu di Indonesia, alih-alih sebagai sesuatu yang negatif, nyatanya agama (Islam) sangat berpengaruh besar. Satu hal yang mengkhawatirkan di Indonesia saat ini adalah menurunnya kepedulian masyarakat terhadap penyelenggaraan pemilu di Indonesia.

Jum'at, 12/04/2019 13:19 0

Indonesia

Novel Baswedan Imbau Jajaran KPK Tetap Semangat Berantas Korupsi

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan mengajak di momen 2 tahun teror kepadanya dan juga kepada pimpinan lainnya, tidak menjadikan para pegawai berhenti dalam memberantas koruptor.

Jum'at, 12/04/2019 13:06 0

Indonesia

KPK Bantah Tuduhan Novel Baswedan Berpolitik

Dia memastikan bahwa pegawai KPK tidak berafiliasi dengan partai politik manapun. "Kami pastikan KPK adalah institusi yang independen," ujarnya menambahkan.

Jum'at, 12/04/2019 11:05 0

Indonesia

Presiden al-Bashir Digulingkan, Sudan Terancam Perang Saudara?

Konflik internal atau bahkan perang saudara mungkin terjadi karena ada pasukan polisi dan suku-suku yang setia kepada al-Bashir dan berbagai faksi militer. Ada banyak kelompok paramiliter di negara ini.

Jum'at, 12/04/2019 10:49 0

Indonesia

Ramadhan 1440 H, Madina Sebar Dai ke Pelosok Nusantara

Majelis Dakwah Islam Indonesia (Madina) secara rutin mengirim puluhan dai selama bulan Ramadhan ke berbagai daerah hingga pedalaman nusantara.

Jum'at, 12/04/2019 09:46 0

Indonesia

Ditanya Soal Surat Suara Tercoblos, Luhut: Saya Belum Tau

"Soal Selangor, Malaysia, saya belum tau beritanya, Jadi saya belum bisa berkomentar.

Jum'at, 12/04/2019 00:40 0

Indonesia

Amnesty International: Extra Judicial Killing Oleh Densus 88 Berbau Doktrin Militer

Amnesty International Indonesia menilai penanganan terorisme di Indonesia berlebihan.

Kamis, 11/04/2019 22:50 0

Indonesia

Polisi Siapkan 14 Tempat Parkir Untuk Kampanye Jokowi-ma’ruf

Ditlantas Polda Metro Jaya menyiapkan empatbelas kantong parkir untuk peserta kampanye Jokowi-ma'ruf di Gelora Bung Karno

Kamis, 11/04/2019 20:47 0

Close