... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Keluarga Bisa Minta Pemerintah RI Desak AS Kembalikan Hambali

Foto: Foto Hambali diambil oleh Palang Merah Internasional, sekitar enam bulan lalu

KIBLAT.NET, Jakarta – Mayor James Valentine, pengacara Hambali alias Encep Nurjaman seorang pria kelahiran Cianjur beberapa waktu lalu datang ke Indonesia. Dalam konferensi pers bersama Tim Pengacara Muslim (TPM), James mengungkapkan kabar terakhir kliennya.

James mengatakan bahwa kliennya sedang ditahan pemerintah Amerika Serikat sejak 2003, dan selama tiga tahun pertama, Hambali menjalani siksaan yang sangat berat. Dia menambahkan bahwa Hambali segera menjalani persidangan militer.

Menanggapi kasus ini, Direktur Amnesty Internasional Indonesia, Usman Hamid menilai masa tunggu persidangan Hambali sangatlah lama. Hambali ditangkap di Thailand pada tahun 2003 karena diduga terlibat dalam bom Bali. Namun tahap pertama persidangan -yaitu penyusunan dakwaan- baru dijalani pada 2017 silam.

“Lama banget, padahal proses persidangan harus cepat, dan harusnya bisa dikembalikan di Indonesia,” ujar Usman di kantornya, di Gedung HDI Hive Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (10/04/2019).

Persidangan di Indonesia bisa dilakukan, kata Usman menekankan. Pihak keluarga hendaknya meminta pemerintah Indonesia untuk mendesak Amerika mengembalikan Hambali. Sayangnya, ketika diberikan kesempatan untuk mengunjungi Hambali, seakan tidak ada respon dari pemerintah Indonesia.

“Atas fakta sikap dinginnya pemerintah Indonesia terhadap Hambali,” ujarnya, sembari mengakui bahwa Indonesia memang memiliki kedekatan dengan Amerika dalam perang melawan teror.

“Terlebih, pada tahun 2003, ketika Hambali ditangkap, yaitu saat Megawati Soekarno Putri menjabat sebagai presiden RI, hubungan dan kerjasama intelijen Indonesia-Amerika sedang sangat dekat,” tambah Usman.

BACA JUGA  HRW Desak Indonesia Selidiki Kerusuhan Wamena

Kedekatan tersebut, lanjut Usman, juga membuat terduga kasus terorisme Umar Al-Faruq langsung diserahkan pemerintah Indonesia kepada Amerika. “Pesawat Amerikanya datang ke Indonesia menjemput Al-Faruq,” ujarnya.

Menurut Usman, baik Hambali maupun Al-Faruq seharusnya bisa dikembalikan ke Indonesia, sesuai standar hukum internasional tentang ekstradisi. Yaitu, tidak boleh sebuah negara menyerahkan tahanan kepada negara yang masih menganut hukuman mati.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Wilayah Lain

Sudan Memanas, Begini Kondisi Mahasiswa Asal Indonesia

para mahasiswa asal Indonesia juga mendapat imbauan dari KBRI Sudan

Jum'at, 12/04/2019 13:53 0

Amerika

Amerika Perangi Terorisme dengan Cara-cara Melanggar HAM

Cara-cara penanggulangan terorisme oleh pemerintah Amerika, menurut Amnesty Internasional memburuk semenjak Donald Trump menjadi presiden.

Jum'at, 12/04/2019 13:50 0

Artikel

Mendakwa Agama dalam Panggung Pemilu

Padahal jika kita mau menelisik kembali pemilu di Indonesia, alih-alih sebagai sesuatu yang negatif, nyatanya agama (Islam) sangat berpengaruh besar. Satu hal yang mengkhawatirkan di Indonesia saat ini adalah menurunnya kepedulian masyarakat terhadap penyelenggaraan pemilu di Indonesia.

Jum'at, 12/04/2019 13:19 0

Afrika

Presiden Sudan Akhirnya Ditahan, Militer Ambil Alih Pemerintahan

Militer Sudan telah menahan Presiden Omar Al-Bashir dan mendeklarasikan keadaan darurat selama tiga bulan pada Kamis (11/04/2019).

Jum'at, 12/04/2019 10:09 0

Amerika

Deklarasi Kemenangan Atas ISIS Tak Hentikan Serangan Udara AS di Irak dan Suriah

serangan itu diluncurkan antara 24 Maret dan 6 April dengan menargetkan 28 unit taktis ISIS.

Jum'at, 12/04/2019 08:37 0

Afghanistan

Ada Gerak-gerik Mencurigakan, Taliban Larang Kegiatan WHO dan ICRC

Sementara itu, lembaga-lembaga lainnya masih dibolehkan beroperasi seperti sebelumnya.

Jum'at, 12/04/2019 07:30 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Pemimpin yang Amanah

Khutbah Jumat: Pemimpin yang Amanah

Kamis, 11/04/2019 15:58 0

Suriah

Kehadiran Iran di Pesisir Suriah Membuat Marah Rusia

Pemberian wewenang ini menandai pertama kalinya Teheran diberi pijakan di Mediterania di dekat pangkalan Rusia di Tartus dan Latakia

Kamis, 11/04/2019 15:56 0

Afrika

AS Lanjutkan Serangan di Somalia Meski Ada Laporan Korban Sipil

Komando AS-Afrika (AFRICOM) telah kembali melakukan serangan udara terhadap kelompok jihadis al-Shabab Somalia setelah sejumlah warga sipil tewas akan serangan sebelumnya.

Kamis, 11/04/2019 14:18 0

Afrika

Ribuan Orang Mengungsi Ketika Pasukan Haftar Menuju Ibu Kota Libya

Menurut Dewan PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (UNOCHA), setidaknya 4.500 orang telah mengungsi sejak bentrokan meletus enam hari lalu, ketika pasukan Jenderal Khalifa Haftar memerintahkan pasukannya untuk berbaris di Tripoli.

Kamis, 11/04/2019 13:51 0

Close