... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

JPU Soal Kasasi Kasus Tabrak Lari Bos PT Indaco: Kami Pikir Dulu

Foto: Suasana persidangan kasus pembunuhan dengan terdakwa bos pabrik cat Iwan Adranacus yang menabrak mati Eko Prasetyo, Rabu (14-11-2018)

KIBLAT.NET, Solo – Didesak ajukan kasasi, Jaksa Penuntut Umum Satriawan menyampaikan bahwa pihaknya membutuhkan waktu empat belas hari untuk mengkaji salinan lengkap dari Pengadilan Tinggi Semarang. Karena, pihaknya baru mendapatkan salinan lengkap pada Rabu (10/4/19) dari Pengadilan Negeri Surakarta.

“Perlu saya sampaikan bahwa putusan dari Pengadilan Tinggi ini kami terima ketikannya pada hari Selasa lalu salinan lengkapnya itu baru hari Rabu di Pengadilan Negeri Surakrta,” ujarnya di Kantor Kejaksaan Negeri Surakarta pada Jumat (12/4/19).

Menurutnya, secara Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) ada strategi yang harus dilakukan sebelum menyerahkan kasasi. Permohonan kasasi tersebut diberikan tenggat waktu selama empat belas hari, selama waktu tersebut akan digunakan untuk berfikir dan menentukan sikap.

“Setelah menyatakan untuk segera menyerahkan memori kasasi, kalau tidak akan gugur,” ungkapnya.

Menurutnya dalam hal ini berbeda dengan pengajuan banding karena dalam pengajuan kasasi JPU harus terlebih dahulu mengkaji apa putusan dari pengadilan Tinggi Semarang dan mengenai syarat-syarat JPU untuk mengajukan kasasi. Sebab, dalam pasal 25 KUHP terdapat syarat untuk pengajuan kasasi, baik dari peratuan hukum yang tidak diterapkan maupun dalam melakukan hukum acara sesuai undang-undang.

“Kita akan mengkaji di sini bersama dan akan segera mengadakan gelar tentunya dengan teman-teman kejari Surakarta. Dan tentunya pada hari setelahnya kami akan menyatakan sikap,” katanya.

BACA JUGA  Hindari Tubrukan, Jemaah Haji Disarankan Umrah Saat Dhuha dan Setelah Isya

Ia juga menyebutkan bahwa setelah menyatakan sikap akan segera dihitung dan harus menyerahkan memori kasasi. Jadi, ada hal-hal strategis yang harus kita pikirkan.

Selain itu, terkait penahanan Iwan Andranacus, ia menyatakan saat ini terdakwa masih dalam tahanan hingga sesuai penetapan pengadilan tinggi. Dan jika kejaksaan mengajukan kasasi maka wewenang penahanan ada pada Mahkamah Agung.

Reporter: Reno
Editor: Izhar Zulfikar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Wilayah Lain

Sebulan Teror Cristchurch, Muslim Selandia Baru Masih Takut ke Masjid

"Mereka masih sangat ketakutan," kata Imam Masjid Linwood, Ibrahim Abdelhalim kepada AFP, Jumat (12/04/2019). "Biasanya kita memperkirakan (jamaah) sekitar 100 orang, tapi sekarang sekitar 30 orang."

Jum'at, 12/04/2019 15:54 0

Wilayah Lain

Sudan Memanas, Begini Kondisi Mahasiswa Asal Indonesia

para mahasiswa asal Indonesia juga mendapat imbauan dari KBRI Sudan

Jum'at, 12/04/2019 13:53 0

Amerika

Amerika Perangi Terorisme dengan Cara-cara Melanggar HAM

Cara-cara penanggulangan terorisme oleh pemerintah Amerika, menurut Amnesty Internasional memburuk semenjak Donald Trump menjadi presiden.

Jum'at, 12/04/2019 13:50 0

Artikel

Mendakwa Agama dalam Panggung Pemilu

Padahal jika kita mau menelisik kembali pemilu di Indonesia, alih-alih sebagai sesuatu yang negatif, nyatanya agama (Islam) sangat berpengaruh besar. Satu hal yang mengkhawatirkan di Indonesia saat ini adalah menurunnya kepedulian masyarakat terhadap penyelenggaraan pemilu di Indonesia.

Jum'at, 12/04/2019 13:19 0

Afrika

Presiden Sudan Akhirnya Ditahan, Militer Ambil Alih Pemerintahan

Militer Sudan telah menahan Presiden Omar Al-Bashir dan mendeklarasikan keadaan darurat selama tiga bulan pada Kamis (11/04/2019).

Jum'at, 12/04/2019 10:09 0

Amerika

Deklarasi Kemenangan Atas ISIS Tak Hentikan Serangan Udara AS di Irak dan Suriah

serangan itu diluncurkan antara 24 Maret dan 6 April dengan menargetkan 28 unit taktis ISIS.

Jum'at, 12/04/2019 08:37 0

Afghanistan

Ada Gerak-gerik Mencurigakan, Taliban Larang Kegiatan WHO dan ICRC

Sementara itu, lembaga-lembaga lainnya masih dibolehkan beroperasi seperti sebelumnya.

Jum'at, 12/04/2019 07:30 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Pemimpin yang Amanah

Khutbah Jumat: Pemimpin yang Amanah

Kamis, 11/04/2019 15:58 0

Suriah

Kehadiran Iran di Pesisir Suriah Membuat Marah Rusia

Pemberian wewenang ini menandai pertama kalinya Teheran diberi pijakan di Mediterania di dekat pangkalan Rusia di Tartus dan Latakia

Kamis, 11/04/2019 15:56 0

Afrika

AS Lanjutkan Serangan di Somalia Meski Ada Laporan Korban Sipil

Komando AS-Afrika (AFRICOM) telah kembali melakukan serangan udara terhadap kelompok jihadis al-Shabab Somalia setelah sejumlah warga sipil tewas akan serangan sebelumnya.

Kamis, 11/04/2019 14:18 0

Close