... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Amerika Perangi Terorisme dengan Cara-cara Melanggar HAM

Foto: Direktur Amnesty International Indonesia, Usman Hamid. (Foto: Jundii/kiblat)

KIBLAT.NET, Jakarta – Cara-cara penanggulangan terorisme oleh pemerintah Amerika, menurut Amnesty Internasional memburuk semenjak Donald Trump menjadi presiden. Trump memberlakukan kebijakan yang melanggar HAM Internasional.

“Trump memberlakukan larangan (masuk ke Amerika) terhadap orang-orang dari negara Islam dan negara pengekspor banyak tenaga buruh migran, seperti Meksiko,” kata Direktur Amnesty International Indonesia Usman Hamid di kantornya, di Gedung HDI Hive, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (10/04/2019).

Usman menjelaskan, Amerika kembali menjalankan aturan Behavior Screening di bandara. Menurutnya, aturan itu sangat menyimpang dari kaedah hukum HAM dan merupakan bentuk diskriminasi, terlebih menyalahi hukum internasional.

“Karena hanya dirasa mencurigakan dengan agama, warna kulit, penampilan, nama tertentu tidak diperbolehkan melakukan penerbangan,” ujarnya.

Usman mengaku mengaku pernah mengalami pemeriksaan tersebut pada tahun 2003. Karena namanya mengandung unsur “Usman” dan “Hamid”. Dia diperiksa selama dua jam dan dicecar pertanyaan tentang terorisme.

Behavior Screening-nya Amerika bukan hanya mengenai Muslim dari Timur Tengah, tapi Muslim Amerika itu sendiri jadi korban, misalkan Arab-Amerika,” ungkapnya.

Dia menuturkan bahwa Amerika dikenal dengan perang melawan teror yang dianggap PBB melanggar HAM. Menurutnya, banyak kajian ilmiah yang mempersoalkan perang Amerika tersebut.

“Bukan hanya hukum HAM Internasional tapi juga hukum Humaniter. Contoh paling masyhur adalah penjara Guantanamo Bay, invasi Afghanistan, invasi ke Irak, dan proses persidangan Saddam Husein,” ujarnya.

BACA JUGA  Menhan AS Yakini Hamzah bin Laden Sudah Meninggal

“Banyak sekali tindakan Amerika secara unilateral dipersoalkan oleh badan HAM PBB. Sayangnya karena negara ini kekuatan militernya juga besar dan penyokong dananya PBB juga, jadi tidak ada yang bisa mencegahnya,” imbuh Usman.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

Mendakwa Agama dalam Panggung Pemilu

Padahal jika kita mau menelisik kembali pemilu di Indonesia, alih-alih sebagai sesuatu yang negatif, nyatanya agama (Islam) sangat berpengaruh besar. Satu hal yang mengkhawatirkan di Indonesia saat ini adalah menurunnya kepedulian masyarakat terhadap penyelenggaraan pemilu di Indonesia.

Jum'at, 12/04/2019 13:19 0

Indonesia

Novel Baswedan Imbau Jajaran KPK Tetap Semangat Berantas Korupsi

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan mengajak di momen 2 tahun teror kepadanya dan juga kepada pimpinan lainnya, tidak menjadikan para pegawai berhenti dalam memberantas koruptor.

Jum'at, 12/04/2019 13:06 0

Indonesia

KPK Bantah Tuduhan Novel Baswedan Berpolitik

Dia memastikan bahwa pegawai KPK tidak berafiliasi dengan partai politik manapun. "Kami pastikan KPK adalah institusi yang independen," ujarnya menambahkan.

Jum'at, 12/04/2019 11:05 0

Indonesia

Presiden al-Bashir Digulingkan, Sudan Terancam Perang Saudara?

Konflik internal atau bahkan perang saudara mungkin terjadi karena ada pasukan polisi dan suku-suku yang setia kepada al-Bashir dan berbagai faksi militer. Ada banyak kelompok paramiliter di negara ini.

Jum'at, 12/04/2019 10:49 0

Indonesia

Ramadhan 1440 H, Madina Sebar Dai ke Pelosok Nusantara

Majelis Dakwah Islam Indonesia (Madina) secara rutin mengirim puluhan dai selama bulan Ramadhan ke berbagai daerah hingga pedalaman nusantara.

Jum'at, 12/04/2019 09:46 0

Indonesia

Ditanya Soal Surat Suara Tercoblos, Luhut: Saya Belum Tau

"Soal Selangor, Malaysia, saya belum tau beritanya, Jadi saya belum bisa berkomentar.

Jum'at, 12/04/2019 00:40 0

Indonesia

Amnesty International: Extra Judicial Killing Oleh Densus 88 Berbau Doktrin Militer

Amnesty International Indonesia menilai penanganan terorisme di Indonesia berlebihan.

Kamis, 11/04/2019 22:50 0

Indonesia

Polisi Siapkan 14 Tempat Parkir Untuk Kampanye Jokowi-ma’ruf

Ditlantas Polda Metro Jaya menyiapkan empatbelas kantong parkir untuk peserta kampanye Jokowi-ma'ruf di Gelora Bung Karno

Kamis, 11/04/2019 20:47 0

Indonesia

4.953 Polisi Amankan Kampanye Jokowi-ma’ruf di GBK

Kombes (Pol) Yusuf mengungkapkan jika pihaknya akan mengerahkan sebanyak 4.953 personil Lantas

Kamis, 11/04/2019 20:33 0

Indonesia

BPN Prabowo-sandi Minta Dubes RI di Malaysia Dipecat

ia juga meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk segera menarik pulang Duta Besar Republik Indonesia di Malaysia

Kamis, 11/04/2019 20:22 0

Close