... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kelompok Jihadis Baru di Idlib Luncurkan Operasi Perdana

KIBLAT.NET, Idlib – Faksi jihadis Ansarut Tauhid (AT), yang beroperasi di provinsi Idlib, merilis rincian operasi menargetkan militer rezim di pedesaan Hama utara. Ini merupakan rilisan pertama faksi yang terbentuk belum lama itu.

Berdasarkan pernyataan resmi di Telgram pada Selasa (09/04/2019), AT menjelaskan bahwa sedikitnya tiga anggotanya melakukan operasi Istisyhadiyah (berani mati) menargetkan pos pemeriksaan Madajin di daerah Thayyibah Imam di pedesaan Hama utara. Sebanyak 30 anggota pasukan Assad tewas dalam serangan itu.

AT menandaskan bahwa operasi militernya melawan pasukan Assad akan berlanjut di wilayah itu. “Kami akan menghindari semua konferensi pengkhianatan, penghinaan dan merugikan,” tegasnya.

Radio pro rezim Suriah Syam FM, melansir dari sumber militer, menyebutkan bahwa serangan itu terjadi pada pukul tiga pagi waktu setempat.

Disebutkan, “sekelompok teroris bersenjata” memakai rompi bom dan berpakaian seperti petani lokal menyerang salah satu pos militer menuju kota Thayyibah Imam di pedesaan Hama utara. Tiga tentara tewas akibat serangan itu.

Operasi AT ini datang di saat faksi-faksi militer yang beroperasi di pedesaan Hama dan Idlib mengumumkan serangan menargetkan pasukan Assad dalam beberapa hari terakhir. Serangkaian serangan itu sebagai tanggapan atas pemboman roket dan artileri yang terus menerus di daerah pemukiman di Suriah utara. Di antara faksi-faksi itu adalah Hai’ah Tahrir Al-Syam (HTS), yang mengebom situs-situs rezim dan melakukan serangan sporadis.

BACA JUGA  Pertempuran Sengit Meletus di Provinsi Idlib

Siapakah Faksi AT?

Faksi AT dibentuk pada Maret 2018 oleh kelompok-kelompok yang melepaskan diri dari faksi Jundul Aqsa di kota Sarmin di Idlib dan Nayrab di pedesaan Aleppo.

Jundul Aqsa sendiri didirikan pada pertengahan 2012 oleh Abu Abdul Aziz Al-Qathari, yang terbunuh secara misterius pada 2014. Jasadnya ditemukan di kota Deir Sanbel yang terletak dekat markas Jabhah Tsuwar Suriah, faksi oposisi bentukan AS. Pemimpin faksi tersebut, Jamal Makruf, dituduh bertanggung jawab atas tewasnya Abu Abdul Aziz.

Jundul Aqsha berideologi Salafi Jihadi dan faksi paling dekat dengan Jabhah Nusrah saat itu. Faksi ini menolak ikut serta dalam memerangi Organisasi Daulah Islamiyah (ISIS) yang saat itu difatwakan khawarij oleh banyak ulama. Hal itu menjadikannya berbenturan dengan faksi-faksi oposisi lainnya yang telah menganggap ISIS khawarij. Perselihan paling sengit terjadi dengan Ahrar Al-Syam.

Akibat sikap itu, Jundul Aqsha dituduh melakukan turut dalam eksekusi sejumlah komandan oposisi sekular. Mereka pun dituduh berafilisasi dengan ISIS. Pada awal 2017, dengan difasilitasi oleh HTS faksi itu akhirnya dibubarkan. Sebagian anggotanya bergabung HTS dan sebagian lain berpencar di berbagai faksi.

Sumber: Enabbalaid.net
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Jika Kasus DPT Tidak Selesai, Pilpres 2019 Dikhawatirkan Chaos

Ia khawatir hal tersebut dapat memicu chaos atau situasi yang membahayakan kehidupan seluruh rakyat Indonesia.

Rabu, 10/04/2019 00:00 0

Indonesia

Dua Tahun Kasus Novel, KAMMI: Polisi Acuh Tak Acuh

esatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia menilai apa yang terjadi terhadap Novel Baswedan adalah pelanggaran HAM

Selasa, 09/04/2019 23:31 0

Artikel

“Perang Melawan Teror”, Pemicu Kekerasan Antar Etnis di Sahel

Insiden sadis pembantaian masal pada tanggal 23 Maret lalu di sebuah desa masyarakat suku Fulani yang menyebabkan 160 orang tewas telah mengungkap adanya krisis serius yang sedang terjadi di Mali.

Selasa, 09/04/2019 20:03 0

Indonesia

MUI: Setop Gunakan Politik Uang dan Kampanye Hitam!

Seiring dengan itu, MUI menekankan pentingnya Bawaslu, DKPP dan MK menunaikan tugasnya secara independen dan imparsial agar yang benar diputuskan benar dan yang salah dinyatakan bersalah.

Selasa, 09/04/2019 19:20 0

Indonesia

MUI Imbau Pilih Pemimpin yang Cerdas dan Kuat Iman

Dia menjelaskan bahwa penyelenggara negara khususnya pemerintah harus memenuhi syarat-syarat tersebut.

Selasa, 09/04/2019 18:58 0

Indonesia

Usai Gelaran Kampanye Akbar, Rombongan PKS Kunjungi Habib Rizieq 

Rombongan dipimpin oleh Ketua Majelis Syuro PKS Habib Salim Segaf Aljufri. 

Selasa, 09/04/2019 18:05 0

Indonesia

7 Korban Longsor Banjarbaru Ditemukan, BNPB Nyatakan Evakuasi Ditutup

Menurutnya longsor di sekitar pendulangan intan tradisional Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru, bukan hal yang baru. Adapun risiko longsor di area pendulangan intan berpotensi tinggi, disebabkan cara menambang intan.

Selasa, 09/04/2019 17:35 0

Video News

Ust. Bachtiar Nasir Tanggapi Kasus Novel Baswedan

KIBLAT.NET- Jakarta, 9 April 2019, Ust. Bachtiar Nasir ungkapkan tanggapan beliau tentang kasus Novel Baswedan...

Selasa, 09/04/2019 17:30 0

Indonesia

Longsor di Banjarbaru, Tiga Hilang Dua Meninggal Dunia

Hujan dengan intensitas tinggi disertai struktur tanah yang labil mengakibatkan korban jiwa di Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Senin (08/04/2019).

Selasa, 09/04/2019 16:54 0

Video News

Ada Oknum Polri yang Tidak Netral, Mahasiswa Geruduk Mabes Polri

KIBLAT.NET, Jakarta – Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) melakukan aksi di depan Markas Besar...

Selasa, 09/04/2019 15:13 0

Close