... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Jelang Pemilu 17 April, TNI Gelar Simulasi Penanggulangan Teror

Foto: Komandan Satuan Penanggulanan Teror (Satgultor), Mayjen Suhartono

KIBLAT.NET, Jakarta – Tentara Nasional Indonesia menggelar latihan simulasi penanggulanan teror tahun anggaran 2019 di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, Selasa (09/04/2019). Latihan melibatkan tiga pasukan khusus dari Satuan Penanggulangan Teror (Satgultor) 81 Kopassus TNI AD, Detasemen Jala Mangkara (Denjaka) TNI AL, dan Satbravo 90 Paskhas TNI AU.

Komandan Satuan Penanggulanan Teror (Satgultor), Mayjen Suhartono mengatakan, simulasi tersebut bertujuan untuk menguji kesiapsiagaan pasukan-pasukan khusus TNI dalam menangani aksi terorisme, terutama menjelang pemilu yang akan datang.

“Di situ dilakukan sebuah proses perencanaan sebelum kita melakukan manuver di lapangan,” kata Suhartono kepada awak media.

Simulasi mengusung tema “Satgultor TNI Melaksanakan Penanggulangan Aksi Terorisme di Wilayah DKI Jakarta dalam rangka Mendukung Tugas Pokok TNI”. Skenario yang dijalankan adanya kelompok teroris asing yang berhasil menguasai lokasi rapat koordinasi pemerintah dan berhasil menyandera orang-orang di lokasi rapat.

Langkah awal dari skenario tersebut adalah tim dilatih untuk menjalankan mekanisme perencanaan yang diawali dengan kegiatan hubungan antara komando dengan staf.

“Mulai dari menerima direktif dari pimpinan kemudian menganalisa tugas, sampai dengan bagaimana merencanakan rencana-rencana manuver di lapangan dengan melihat berbagai macam situasi kondisi yang ada di lapangan. Sehingga kita akan membuat cara bertindak yang mungkin kita laksanakan,” ucapnya.

Langkah selanjutnya setelah perencanaan, kata Suhartono, adalah mengaplikasikannya di lapangan untuk menguji kemampuan teknis serta taktis dari semua elemen yang terlibat pada proses perencanaan tersebut.

BACA JUGA  KPAI Minta Mendikbud Kembalikan Pendidikan Sesuai Pemikiran Ki Hajar Dewantara

“Contohnya tadi kita menggunakan sniper-sniper kita dari satuan 81 Kopassus, dari sat bravo, dari Denjaka. Ini salah satu yang kita ujikan di lapangan,” ujarnya.

Dalam simulasi tersebut, Satgultor juga mengerahkan dua helikopter, kendaraan-kendaraan taktis, dan jet sky untuk digunakan pada teknis jarak dekat.

“Terkait teknis penyelesaian sasaran, masing-masing tentunya akan mempunyai kriteria yang berbeda-beda. Mungkin dihadapkan dengan jumlah dari teroris itu sendiri atau musuh itu sendiri, kemudian situasi yang ada di ruangan, yang ada di lapangan. Ini mempunyai berbagai macam tekhnik yang bisa kita laksanakan,” ujarnya.

Kegiatan latihan simulasi diikuti oleh 500 hingga 600 personel. Dia mengatakan, pasukan ini siap digerakkan setiap saat atas perintah Panglima TNI jika terjadi kasus-kasus terorisme.

Suhartono juga menegaskan bahwa pasukan TNI siap mengamankan Pemilu Serentak 2019 yang terdiri dari pemilihan anggota legislatif dan pemilihan presiden-wakil presiden.

Reporter: Haikal
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afrika

Warga Saudi Tenggelam di Sungai Nil Saat Hendak Selfie

"Turis itu tergelincir karena permukaannya basah dan dia bersandar ke belakang untuk mengambil selfie dengan latar belakang air yang deras," kata Butoto.

Rabu, 10/04/2019 15:48 0

Manhaj

Karakter Jahiliyah Modern: Mendahulukan Akal di atas Wahyu

mereka menjadikan akal alat untuk mengukur kebenaran. Sesuatu yang logis dan dapat dinalar akan dianggap benar. Sedangkan yang tidak bisa dijangkau oleh akal akan ditolak. berbeda dengan Islam

Rabu, 10/04/2019 15:02 0

Palestina

Siapapun Perdana Menterinya, Israel Takkan Biarkan Palestina Merdeka

Para analis dan pakar Palestina sepakat bahwa kondisi Palestina maupun Gaza tidak akan berubah, di tengah persaingan para kandidat perdana menteri Israel.

Rabu, 10/04/2019 14:27 0

Turki

Walikota Baru CHP Setop Bantuan Turki untuk Pengungsi Suriah

Surat perintah dikirimkan ke ke dewan Budaya dan Pekerjaan Sosial Kota Bolu untuk menghentikan bantuan bagi para pengungsi Suriah.

Rabu, 10/04/2019 11:50 0

Iran

Iran dan AS Saling Tuding Teroris

Sehari sebelumnya, Amerika Serikat telah secara resmi memasukkan tentara Garda Revolusi Iran sebagai organisasi teroris.

Rabu, 10/04/2019 09:53 0

Palestina

Aksi Mogok Makan di Penjara Israel Semakin Meluas

Sebanyak 400 tahanan bergabung dalam aksi tersebut.

Rabu, 10/04/2019 09:04 0

Afrika

Italia Lanjutkan Misi Militernya di Libya

Misi yang diluncurkan tahun lalu itu untuk melindungi kepentingan Itala di bekas jajahannya itu.

Rabu, 10/04/2019 08:16 0

Suriah

Kelompok Jihadis Baru di Idlib Luncurkan Operasi Perdana

"Kami akan menghindari semua konferensi pengkhianatan, penghinaan dan merugikan," tegasnya.

Rabu, 10/04/2019 07:17 0

Artikel

“Perang Melawan Teror”, Pemicu Kekerasan Antar Etnis di Sahel

Insiden sadis pembantaian masal pada tanggal 23 Maret lalu di sebuah desa masyarakat suku Fulani yang menyebabkan 160 orang tewas telah mengungkap adanya krisis serius yang sedang terjadi di Mali.

Selasa, 09/04/2019 20:03 0

Video News

Ust. Bachtiar Nasir Tanggapi Kasus Novel Baswedan

KIBLAT.NET- Jakarta, 9 April 2019, Ust. Bachtiar Nasir ungkapkan tanggapan beliau tentang kasus Novel Baswedan...

Selasa, 09/04/2019 17:30 0

Close