... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kontrak Politik dengan Prabowo, Rombongan Buruh Jalan Kaki dari Surabaya ke GBK

Foto: Fahrozi bersama rombongan Buruh di belakang panggung utama kampanye Akbar 02, GBK.

KIBLAT.NET, Jakarta – Sedikitnya 14 buruh melakukan longmarch atau jalan kaki dari Surabaya menuju Jakarta. Hal itu mereka lakukan untuk menghadiri Kampanye Akbar pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat.

M Nur Fahrozi, salah satu peserta dari Garda Metal Nasional Pusat Surabaya menyebutkan bahwa rombongannya berangkat sejak 15 hari lalu, yaitu pada Sabtu (23/03/2019). Dia mengatakan, alasan longmarch karena Prabowo sudah melakukan kontrak politik dengan buruh untuk menyetujui 10 tuntutan rakyat.

“Kontrak politik itu disebut dengan Sepultura, Sepuluh Tuntutan Rakyat. Dan selama perjalanan, kami juga sebarluaskan Sepultura itu ke masyarakat,” ujar Fahrozi kepada Kiblat.net, ditemui di GBK, Ahad (07/04/2019), sesaat sebelum Sholat Subuh berjamaah dimulai.

Fahrozi menjelaskan, perjalanan dimulai sejak lima belas hari lalu. Perjalanan pun diiringi dengan istirahat menginap, yaitu jika sudah pukul 18.00, maka rombongan itu akan bermalam, kemudian perjalanan dilanjutkan keesokan harinya pukul 08.00 pagi.

Ia juga mengungkapkan Sepultura yang sudah disetujui oleh Prabowo antara lain adalah pencabutan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 78 tahun 2015 tentang pengupahan, karena menurutnya, hal itu sudah diatur di dalam undang-undang ketenagakerjaan.

“Kami ingin menambah jumlah jenis barang dasar Kebutuhan Hidup Layak (KHL) dari 60 KHL menjadi 84 KHL berdasarkan perundingan pemerintah, pengusaha dan perwakilan pekerja,” jelasnya.

BACA JUGA  Jumlah Positif Corona di Jatim Tertinggi Dibanding Provinsi Lain

Adapun tuntutan selanjutnya adalah sebagai berikut:

– Merevisi PP nomor 45 tahun 2015 tentang Program Penyelenggaraan Jaminan Pensiun berupa besaran iuran dan manfaat bulanan yang diterima buruh minimal 60 persen dari upah.

– Menjalankan jaminan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia berdasarkan sistem asuransi yang adil bagi buruh, honorer dan masyarakat yang kurang mampu.

– Menghentikan perbudakan modern berkedok honorer, pemagangan, dan outsourcing.

– Menciptakan lapangan pekerjaan dan mencabut perpres nomor 20 tahun 2018 tentang Tenaga Kerja Asing yang merugikan buruh Indonesia.

– Mengangkat guru dan tenaga honorer menjadi aparatur sipil negara dan meningkatkan upah minimun bagi guru swasta, honorer, pendidikan anak usia dini, dan madrasah.

– Melaksanakan wajib belajar 12 tahun dan alokasi APBN untuk beasiswa anak pekerja buruh hingga perguruan tinggi bagi yang berbakat dan berprestasi.

– Menyediakan transportasi publik murah bagi buruh dan rakyat tidak mampu, serta memberikan kepastian hukum untuk kendaraan roda dua untuk jadi angkutan umum san menjamin hak berserikat bagi pengemudi ojek online yang menjadi mitranya, serta hak atas perjanjian kerja bersama.

– Menyiapkan perumahan murah bagi pekerja buruh dan rakyat tidak mampu dengan uang muka nol persen.

– Meningkatkan pendapatan pajak dan tax ratio melalui reformasi perpajakan yang berpihak kepada buruh dan rakyat tidak mampu. Serta menjadikan koperasi badan usaha milik negara, daerah sebagai sumber penguatan ekonomi nasional. Begitu juga sumber kekayaan alam yang terkandung di bumi negeri ini adalah untuk kemakmuran negara, dan dipergunakan sebesar-besarnya bagi seluruh rakyat Indonesia.

BACA JUGA  Tolak RUU HIP, KNBN Solo Raya Sampaikan Piagam Surakarta ke DPRD

Sebelumnya, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menyatakan para buruh juga akan hadir pada kampanye akbar Prabowo-Sandi di GBK. Sekitar 50 ribu buruh dari Jabotabek diorganisir untuk hadir di acara tersebut.

“Kaum buruh akan bergabung bersama-sama masyarakat menghadiri kampanye itu. Ada sekitar 50.000 buruh yang akan hadir pada kampanye tersebut. Mereka berasal dari wilayah Jabodetabek, Purwakarta dan sekitarnya ” ujarnya.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: M. Rudy


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

News

Ingin Meledakkan Masjid, Pria Ini Justru Memeluk Islam

Mantan sersan laut Richard McKinney secara fisik tidak lagi berada di medan perang. Tetapi secara mental masih, dan dia dia menganggap Islam adalah musuhnya.

Ahad, 07/04/2019 12:55 0

Iran

Makin Mesra, Iran-Irak Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi dan Keamanan

Perdana Menteri Irak Adel Abdul Mahdi mengunjungi Teheran untuk melakukan pembicaraan dengan Presiden Iran Hassan Rouhani. Hal ini menandai hubungan yang semakin dalam antar kedua negara.

Ahad, 07/04/2019 10:08 0

Opini

Kecam Syariat Islam di Brunei, Paradoks HAM PBB

Adanya LGBT jelas merupakan pelanggaran HAM. Bukan justru aturan hukum yang melarang LGBT dikatakan melanggar HAM.

Ahad, 07/04/2019 09:47 0

Afrika

Dianggap Biang Kekacauan, Presiden Mali dan Pasukan PBB Didemo Ribuan Massa

Aksi tersebut dihadiri oleh ribuan warga Mali. Mereka menolak kehadiran pemerintah dan pasukan PBB.

Sabtu, 06/04/2019 07:48 0

Tazkiyah

Enam Kiat Menghadapi Bulan Ramadhan

Karena pada prakteknya banyak orang salah prioritas ketika bertemu bulan Ramadhan. Mereka mepersiapkan stok makanan khawatir harga naik saat Ramadhan,

Jum'at, 05/04/2019 20:37 0

Video Kajian

Khutbah Jumat: Kesenjangan antara Iman dan Akal – Ust. Dr. M. Faqihuddin, M.M.

KIBLAT.NET- Problem yang dihadapi Umat Islam saat ini adalah adanya kesenjangan antara iman dan akal....

Jum'at, 05/04/2019 18:47 0

Afghanistan

Ratusan Pejuang Taliban Serbu Pasukan Pemerintah di Distrik Bala Murghab

Distrik Balramghab sering menjadi saksi pertempuran sengit antara pejuang Taliban dan pasukan pemerintah dalam dua bulan terakhir.

Jum'at, 05/04/2019 18:00 0

Afrika

Partai Islam Terbesar di Aljazair Lanjutkan Demonstrasi

Pernyataan itu menekankan perlunya "memulai dialog transparan tentang mekanisme transisi demokrasi yang lancar, jauh dari visi meraup kepentingan pribadi."

Jum'at, 05/04/2019 16:51 0

Myanmar

Sedikitnya 10 Muslim Rohingya Ditembaki Helikopter Myanmar

Serangan helikopter tentara Myanmar pada Rabu (03/04/2019), menewaskan sedikitnya 10 Muslim Rohingya dan melukai lebih dari selusin lainnya di negara bagian Rakhine.

Jum'at, 05/04/2019 16:11 0

India

Senjata Makan Tuan, Kebijakan Lindungi Sapi di India Justru Merugikan

Salah satu kebijakan yang diresmikan oleh Perdana Menteri India Narendra Modi adalah melindungi sapi, yang dianggap suci bagi umat Hindu.

Jum'at, 05/04/2019 15:05 2

Close