... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Komisi VII DPR Temukan Penyimpangan Pengelolaan Limbah Pertamina di Riau

Foto: Pertamina RU II Kota Dumai, Riau

KIBLAT.NET, Dumai – Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi VII DPR RI yang dipimpin Muhammad Nasir menemukan penyimpangan pengelolaan limbah di kawasan PT. Pertamina Refinery Unit II, Kota Dumai, Provinsi Riau. Kunjungan untuk memastikan regulasi lingkungan hidup dan PPLH di kawasan Pertamina Refinery Unit II, Kota Dumai.

“Dan ternyata dari kunjungan tersebut kita menemukan banyak temuan di lapangan terkait penyimpangan pengelolaan limbah,” ungkap Nasir di sela-sela peninjauan PT. Pertamina Refinery Unit II, Kota Dumai, Senin (01/04/2019) sebagaimana dimuat situs dpr.go.id.

Penyimpangan mulai dari penyimpanan limbah, pembuangan limbah, hingga keamanan di sekitar pembuangan limbahnya. Nasir menyampaikan akan meminta Direktorat Jenderal Penegakan Hukum (Ditjen Gakkum) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk menindaklanjuti temuan ini.

“Apabila nanti temuan ini terbukti dan melanggar Undang-Undang Nomor 31 tahun 2009 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup, maka pihaknya minta proses ini tetap dilanjutkan sesuai peraturan perundangan yang ada,” ujarnya.

Nasir juga meminta agar proses Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) terhadap Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun B3 terhadap perusahaan BUMN maupun non-BUMN diperlakukan sama, dan yang terpenting dalam setiap prosesnya ada hadir di lapangan. Menurutnya, dalam setiap PROPER harus dirasakan kondisi-kondisi limbah, tidak hanya sebatas assessment saja.

“Ini kan limbah barang yang berbahaya dan beracun, maka tidak bisa semerta-merta hanya dengan dokumen dan pengantar saja kemudian hasil PROPER diberikan begitu saja. Kita akan memanggil seluruh panitia PROPER yang mengeluarkan seluruh hasil PROPER tersebut, karena cukup besar dan sangat berbahaya. Ini semua harus ada pertanggungjawaban yang jelas,” tegasnya.

BACA JUGA  Majelis Keluarga Ponpes Sidogiri Minta Gus Muwafiq Taubat

Legislator daerah pemilihan (dapil) Riau II ini juga akan meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mencabut izin terhadap perusahaan yang lalai terhadap pengelolaan limbah dan memproses secara hukum sesuai peraturan perundangan yang ada.

“Sudah banyak perusahaan yang telah diberi sanksi akibat kelalaian ini. Oleh karena itu kita akan mengevaluasi kembali proses PROPER yang ada saat ini. PROPER ini harus dilihat, dirasakan dan melihat langsung regulasi yang dilakukan perusahaan sudah sesuai atau belum,” pungkasnya

Reporter: Fanny Alif
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Brunai Darussalam

PBB Protes Penerapan Syariat Islam di Brunei Darussalam

Brunei Darussalam, negara berpenduduk mayoritas Muslim dengan populasi sekitar 400.000 jiwa, mulai menerapkan undang-undang Syariat pada Rabu

Kamis, 04/04/2019 15:30 0

Wilayah Lain

Pembantai 50 Muslim di Selandia Baru Dituntut 89 Dakwaan

Dalam sebuah pernyataan singkat, polisi mempertimbangkan untuk mengajukan lebih banyak tuntutan terhadap Tarrant. Meski tidak menyebut rincian.

Kamis, 04/04/2019 14:56 0

Suriah

Rusia Kembali Serang Lokasi HTS Bersamaan Patroli Turki di Idlib

Serangan menargetkan lokasi Jabhah Nusrah (baca: Hai’ah Tahrir Al-Syam) itu bersamaan dengan pelaksanaan patrol militer Turki di zona penyangga di Idlib selatan.

Kamis, 04/04/2019 14:35 0

Video News

Dr. Tiar Anwar Bachtiar: Inilah PR Besar untuk PERSIS

KIBLAT.NET- Pada Ahad, 31 Maret 2019, PERSIS mengadakan acara Silaturahim Akbar Keluarga Besar Alumni Pesantren...

Kamis, 04/04/2019 12:32 0

Afrika

Pasukan Haftar Unjuk Kekuatan di Dekat Tripoli, Militer Libya Mulai Waspada

Ada kemungkinan Haftar ingin mencapai Tripoli sebelum konferensi agar dianggap sebagai komandan keamanan de facto di wilayah barat.

Kamis, 04/04/2019 11:32 0

Video Kajian

Serambi Kiblat: Kaya dan Miskin, Mana yang Lebih Mudah Menerima Hidayah?

KIBLAT.NET- Serambi Kiblat adalah program teranyar dari KIBLAT TV, dalam program ini kajian Ustadz dibuat...

Kamis, 04/04/2019 10:38 0

Irak

Koalisi AS Masih Buru Abu Bakar Al-Baghdadi

"Pemimpin ISIS dan para pejuangnya mencuri tanahmu dan membunuh keluargamu, dan sekarang dia bersembunyi dengan aman dari kematian dan kehancuran yang dia tanam, dan dengan informasimu, kamu dapat membalaskan dendamnya dan kehancurannya," isi tulisan di selembaran itu.

Kamis, 04/04/2019 08:44 0

Afrika

Haftar Siapkan Pasukan Serang Libya Barat, Pemerintah di Tripoli Siaga Tempur

ekskalasi terstruktur ini terjadi beberapa hari sebelum diadakannya Forum Kolektif Nasional pada 14, 15 dan 16 April. Forum ini digelar di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan bertujuan mempersiapkan "peta jalan" untuk mengeluarkan Libya dari kekacauan.

Kamis, 04/04/2019 08:18 0

Brunai Darussalam

Sultan Brunai Perintahkan Pengajaran Islam Lebih Digalakkan

Perintah ini seiring dengan mulai diberlakukannya undang-undang Syariat di negara tersebut.

Kamis, 04/04/2019 07:33 0

Palestina

Mengerikan, Israel Jadikan Tahanan Palestina Kelinci Percobaan

Pada bulan Februari, Profesor Israel Nadera Shalhoub-Kevorkian mengungkapkan bahwa otoritas Israel telah mengeluarkan izin kepada perusahaan farmasi besar untuk melakukan tes terhadap tahanan Palestina dan Arab.

Rabu, 03/04/2019 18:54 0

Close