... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Haftar Siapkan Pasukan Serang Libya Barat, Pemerintah di Tripoli Siaga Tempur

KIBLAT.NET, Tripoli – Tentara Nasional Libya (TNL), yang dipimpin oleh panglima era Muammar Ghaddafi, Khalifa Haftar, mengumumkan pada Rabu malam (03/04/2019) bahwa pihaknya sedang menyiapkan ekpansi militer ke Libya barat, termasuk ibu kota Tripoli. Ekspansi ini untuk membersihkan apa yang mereka sebut kelompok teroris dan tentara bayaran.

“Persiapan serangan itu hampir selesai,” kata Mayor Jenderal Ahmad Al-Massmari, juru bicara pasukan (TNL) dalam konferensi pers di Benghazi, seperti dilansir dari AFP pada Rabu.

Di Tripoli, Presiden Pemerintah Rekonsiliasi Nasional Fayez Al-Sarraj mengutuk rencana kampanye militer TNL. Ia menyebut bahwa pengumuman itu provokatif.

Libya dikuasai oleh dua kekuatan: Pemerintah Rekonsiliasi Nasional yang dipimpin oleh Fayez Al-Sarraj dan dibentuk pada akhir 2015 di bawah perjanjian yang disponsori PBB yang berbasis di Tripoli, dan Pemerintah Libya Timur yang dipimpin oleh Khalifa Hafter. Hafter memiliki banyak kekuatan militer yang diambil dari tentara Libya pasca lengsernya Ghaddafi.

Kedua pemerintahan ini saling bertempur untuk menjadi pemerintahan nomor satu. Selain keduanya, juga ada kelompok-kelompok bersenjata lainnya.

Kantor Informasi TNL mempublikasikan di halaman Facebooknya sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa “di bawah pengawasan langsung Haftar dan sesuai dengan perintahnya telah dipindahkan beberapa unit militer ke wilayah barat untuk membersihkan sisa-sisa kelompok teroris yang terletak di bagian terakhir Barat. “

Postingan tersebut juga disertai video yang menunjukkan rekaman lusinan kendaraan militer di jalan.

BACA JUGA  Gerakan Al-Shabaab Serang Pangkalan Militer di Pinggiran Mogadishu

Dalam pernyataannya, Al-Sarraj berbicara kepada lawan-lawannya, tanpa menyebut nama mereka, dengan mengatakan “hentikan bahasa ancaman dan intimidasi dan gunakanlah bahasa akal dan kebijaksanaan.”

“Kami telah mengeluarkan instruksi dan mengumumkan mobilisasi pasukan kepada semua pasukan militer dan keamanan dari tentara, polisi dan badan bersenjata lainnya untuk mempersiapkan dan menanggapi setiap ancaman dari organisasi teroris atau kriminal, kelompok jahat, tentara bayaran atau yang mengancam keamanan kota Libya mana pun,” katanya.

Al-Sarraj mengatakan bahwa ekskalasi terstruktur ini terjadi beberapa hari sebelum diadakannya Forum Kolektif Nasional pada 14, 15 dan 16 April. Forum ini digelar di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan bertujuan mempersiapkan “peta jalan” untuk mengeluarkan Libya dari kekacauan.

Menurut Al-Sarraj, pertemuan ini menjadi secercah harapan bagi warga Libya untuk keluar dari krisis dan kesempatan untuk menyatukan institusi dan cara untuk melakukan pemilihan. Akan tetapi partai-partai ini (TNL) dalam pidatonya akan merusak semua ini.

Haftar telah berulang kali mengumumkan niatnya untuk mengerahkan pasukannya ke Tripoli, tetapi belum pernah terealisasi.

Pada Januari, pasukan Haftar melancarkan serangan di barat daya Libya yang bertujuan menghapus gerilyawan yang disebutnya “kelompok teroris dan kriminal”.

Dia berhasil membujuk suku-suku setempat untuk bergabung dengannya tanpa pertempuran. Di wilayah tersebut terdapat banyak ladang minyak.

Sementara itu, para analis mengatakan bahwa pasukan Haftar tidak memiliki kekuatan untuk maju ke Libya barat, di mana kelompok-kelompok bersenjata kuat dan sangat memusuhi mereka, terutama Brigade Misurata.

BACA JUGA  Gerakan Al-Shabaab Serang Pangkalan Militer di Pinggiran Mogadishu

Sumber: AFP
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Romo Syafii: ‘Serangan Fajar’ Tidak Akan Terjadi Jika Bawaslu Menunaikan Tugasnya

Romo Syafii: 'Serangan Fajar' Tidak Akan Terjadi Jika Bawaslu Menunaikan Tugasnya

Kamis, 04/04/2019 08:17 0

Indonesia

Soal Kasus AKP Sulman, Romo Syafii: Tuntutan Hukumannya 1/3 Lebih Besar dari Warga Biasa

Selain itu, kata dia, jika polisi melakukan pelanggaran maka tuntutan 1/3 lebih tinggi dari warga biasa.

Kamis, 04/04/2019 06:18 0

Indonesia

Romo Syafii Sebut Polisi di Sumatera Utara Sudah Seperti Timses

Anggota Komisi III DPR RI, Muhammad Syafii menyebutkan bahwa di Sumatera Utara itu benar-benar merasakan polisi itu bukan lagi tidak netral.

Rabu, 03/04/2019 23:20 0

Indonesia

Romo Syafii Tak Yakin Pengakuan Eks Kapolsek Pasirwangi karena Emosi

Anggota Komisi III DPR RI, Muhammad Syafii tidak yakin jika pengakuan Eks Kapolsek Paswirwangi yang diminta memenangkan Jokowi hanya karena emosi.

Rabu, 03/04/2019 23:03 0

Indonesia

Ini Hikmah di Balik Peristiwa Isra’-mi’raj Menurut Sekjen MUI

Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas menegaskan bahwa dalam peristiwa isra' dan mi'raj, ada peristiwa penting yang harus difahami umat Islam.

Rabu, 03/04/2019 22:32 0

Indonesia

Indonesia Perlu Ikuti Brunei Darussalam Dalam Menindak LGBT

ebijakan pemerintahan Brunei ini menjadi contoh yang efektif dalam menetapkan undang undang untuk memberantas wabah LGBT ini.

Rabu, 03/04/2019 16:04 0

Indonesia

Di Forum ILC, Fahri Singgung Video Luhut yang Beri Amplop ke Tokoh Agama

Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah menyinggung video Menkomaritim, Luhut Binsar Panjaitan yang menyambangi Pondok Pesantren Nurul Cholil Bangkalan Madura.

Rabu, 03/04/2019 15:57 0

Indonesia

Masyarakat Tidak Bodoh, Jubir BPN Nilai “Serangan Fajar” Tak Efektif

“Kalau ada masyarakat yang dikasih uang sama si ‘A’, nyoloknya belum tentu si ‘A’. Jadi berselingkuh juga pada akhirnya,” tambahnya.

Rabu, 03/04/2019 15:15 0

Indonesia

Fahri Hamzah Sebut Kecurangan Terbesar Pemilu Ada di Petugas

Menurutnya money politic terbesar terdapat pada petugas (pemilu.red).

Rabu, 03/04/2019 14:24 0

Indonesia

KAMMI: Polri Harus Netral Dalam Pemilu

Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) meminta pejabat polri tidak ikut berpolitik dalam pilpres 2019.

Rabu, 03/04/2019 14:05 0

Close