... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Ini Hikmah di Balik Peristiwa Isra’-mi’raj Menurut Sekjen MUI

Foto: Sekretaris Jenderal MUI, Anwar Abbas. (Republika).

KIBLAT.NET, Jakarta – Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas menegaskan bahwa dalam peristiwa isra’ dan mi’raj, ada peristiwa penting yang harus difahami umat Islam. Yaitu soal shalat.

“Nabi muhammad dan umatnya diminta oleh Allah SWT untuk menegakkan shalat 5 waktu yaitu satu ibadah yang diwajibkan oleh Allah SWT kepada setiap orang yang mengaku dirinya muslim. Begitu pentingnya shalat tersebut sampai-sampai nabi mengatakan bahwa shalat itu adalah tiang dari agama,” katanya kepada Kiblat.net melalui siaran persnya pada Rabu (03/04/2019).

Ia juga menegaskan bahwa siapa yang menegakkan shalat berarti dia menegakkan agama dan siapa yang meninggalkannya maka sama saja artinya dia telah menghancurkan agama. Anwar juga memaparkan mengapa shalat itu sangat penting.

Menurutnya, shalat itu memiliki dua dimensi utama yaitu dimensi hubungan manusia dengan Tuhan dan dimensi hubungan manusia dengan manusia lainnya. Dalam dimensi pertama manusia diminta untuk mengingat dan mendekat kepada Allah swt.

“Ini artinya manusia diminta untuk mengerti dan mengetahui tentang Tuhan dengan segala ketentuan dan keinginan serta kehendaknya yang harus kita mengerti dan pahami. Kemudian dalam dimensi kedua bagaimana kita dalam hidup dan pergaulan sehari-hari bisa menegakkan segala ketentuan dan keinginan serta kehendak-Nya,” ucapnya

Dengan kata lain dalam pergaulan se hari2 kita harus bisa melakukan apa yang disebut dengan amar maruf nahi munkar. Kemauan dan keberanian kita untuk melakukan hal tersebut merupakan hasil dan atau buah dari shalat yang telah kita lakukan.

BACA JUGA  Menantu Habib Rizieq Ikut Gotong Jenazah KH Maimoen Zubair

“Oleh sebab itu, amar ma’ruf nahi mungkar adalah salah satu tolak ukur pertama dan utama dari sholat dan tidak sholatnya seseorang,” jelasnya.

Jadi, kata dia, dengan demikian bila orang Islam benar-benar memahami dan menegakkan perintah shalat yang telah diwajibkan oleh Tuhan tersebut maka kehidupan masyarakat tentu akan berjalan aman dan damai.

“Dan kalau seandainya tidak aman dan damai maka itu suatu pertanda bahwa kualitas shalat kita bermasalah. Untuk itu peristiwa isra’ dan mi’raj ini sangat perlu untuk kita renungkan dan untuk kita ambil iktibar darinya,” pungkasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Palestina

Mengerikan, Israel Jadikan Tahanan Palestina Kelinci Percobaan

Pada bulan Februari, Profesor Israel Nadera Shalhoub-Kevorkian mengungkapkan bahwa otoritas Israel telah mengeluarkan izin kepada perusahaan farmasi besar untuk melakukan tes terhadap tahanan Palestina dan Arab.

Rabu, 03/04/2019 18:54 0

Suriah

Lebih 40.000 Pengungsi Terlantar Setelah Banjir Genangi Suriah Utara

Hujan deras berdampak terhadap puluhan ribu warga sipil, tanaman pangan dan ternak di Idlib. Sementara di Aleppo sebuah rumah sakit terpaksa menunda layanan karena air terus naik.

Rabu, 03/04/2019 18:46 0

Brunai Darussalam

Tetapkan UU Syariah, Sultan Brunei: Saya Ingin Islam Tumbuh Lebih Kuat

Hukuman mati akan berlaku untuk pelanggaran seperti pemerkosaan, perzinahan, sodomi, perampokan, dan penghinaan atau pencemaran nama baik Nabi Muhammad.

Rabu, 03/04/2019 12:05 1

Afghanistan

Taliban: Dalam Sehari, 26 Warga Sipil Tewas Akibat Operasi Militer AS

Imarah Islam Afghanistan atau Taliban melaporkan bahwa operasi militer Amerika Serikat menewaskan 26 warga sipil di distrik Paktika, Ghazni, Paktia dan Helmand.

Rabu, 03/04/2019 11:25 0

Afrika

Didemo Berminggu-minggu, Presiden Aljazair Akhirnya Lengser

Rakyat berkumpul merayakan pengunduran diri Bouteflika. Mereka menyanyikan lagu dan mengibarkan bendera di depan kantor pos pusat kota.

Rabu, 03/04/2019 10:51 0

Video News

Ust. Dr. Henri Shalahuddin: RUU P-KS dalam Perspektif Islam

KIBLAT.NET- Pada Ahad, 31 Maret 2019, INSISTS menggelar seminar bertajuk “Islam, Gender dan Seksualitas” yang...

Rabu, 03/04/2019 10:17 0

Afrika

Pembantaian Etnis Muslim Mali dan Peran Militer Prancis

Pembantaian Fulani terjadi karena penolakan etnis tersebut untuk bergabung milisi pro pemerintah yang mau bertempur di barisan pasukan Prancis.

Rabu, 03/04/2019 09:43 0

Afrika

Prancis Perluas Operasi Militer di Mali

"Hari ini, kami sedang bersiap untuk melakukan ekspansi di daerah tetangga lainnya, Gourma, untuk melakukan hal yang sama," katanya, sambil terus mendukung stabilitas Liptako, di mana saat ini terdapat 500 tentara Prancis.

Rabu, 03/04/2019 07:36 0

Video News

Ust. Bachtiar Nasir: Siapa yang Bilang PERSIS Anti NKRI, Berarti Dia Ahistoris

KIBLAT.NET, Jakarta – Persatuan Islam atau PERSIS adalah satu dari sekian organisasi massa tertua di...

Selasa, 02/04/2019 16:38 0

Brunai Darussalam

Brunei Tetapkan Hukuman Mati, Komunitas LGBT Berpikir Melarikan Diri

Banyak orang dalam komunitas LGBT di negara itu berpikir untuk melarikan diri. Meski ada beberapa yang tinggal dan berharap hukum itu tidak akan pernah ditetapkan.

Selasa, 02/04/2019 16:37 0

Close