Fahri Hamzah Sebut Kecurangan Terbesar Pemilu Ada di Petugas

KIBLAT.NET, Jakarta – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI), Fahri Hamzah menyatakan bahwa pengaruh dari kecurangan money politic dalam pemilu yang terdapat pada rakyat hanya kecurangan kecil. Menurutnya money politic terbesar terdapat pada petugas (pemilu.red).

“Kalau kita mau jujur soal kecurangan pemilu, sebenarnya kecurangan pemilu yang dikasih ke rakyat itu sebenarnya kecurangan kecil itu. Kecurangan yang besar itu adalah yang diberikan kepada petugas, dengan segala maaf kita harus katakana itu,” ucap Fahri dalam forum Indonesia Lawyers Club (ILC) pada Selasa (02/04/2019).

Menurut pria dari Nusa Tenggara Barat itu, rakyat yang disuguhi 1 buah amplop belum tentu bisa merubah pilihannya dan tidak memiliki pengaruh yang kuat dalam kemenangan salah satu partai.

“Tapi kalau petugas, itu dia bisa mengubah angka, dia bisa melakukan pencoblosan sendiri,” tuturnya

Fahri sendiri merasa heran ketika kecurangan dalam pemilu dianggap sebagai hal wajar. Menurutnya, semua kecurangan pemilu harus diselesaikan dan dibuka ke publik.

“Sebab saya percaya, kalau gambar besarnya diberesin ini semua akan hilang dengan sendirinya. Tapi kalau gambar besarnya gak beres, kita disibukan oleh kegiatan hari-hari nangkap orang, ini yang saya usulkan,” tutupnya.

Reporter: Syuja A
Editor: Izhar Zulfikar

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat