... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Hanya Dua Santri, Kenang KH. Aceng Zakaria Saat Mondok di Pesantren Persis 

Foto: Pemimpin Umum Persis KH. Aceng Zakaria

KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua Umum PP Persatuan Islam (Persis) KH. Aceng Zakaria turut bangga atas terselenggaranya Acara Silaturahim Akbar Keluarga Besar Alumni Pesantren Persatuan Islam (Persis) yang di Auditorium Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jakarta Pusat, Ahad (03/31/2019).

Dengan acara ini, dia mengaku dibuat mengenang kembali masa-masa ketika menimba ilmu di pesantren Persis di Pajagalan, Bandung. Kyai Aceng mengungkapkan saat itu pesantren hanya memiliki dua orang murid.

“Karena alumninya hanya dua orang, jadi ujiannya hanya dua orang. Tapi alhamdulillah lulus 100 persen,” kenangnya ketika memberi sambutan.

Kyai Aceng sangat salut kepada ustadz atau pengajarnya kala itu, KH. E Abdurrahman yang mengajarnya dengan sangat tekun dan ikhlash meski dengan dua orang murid.

“Saya akan ingat dengan ketekunan almarhum Ustadz Abdurrahman, walau kami hanya dua orang beliau sangat serius dalam mendidik kami. Saat itu belajarnya pun tidak mesti di kelas, kadang di emperan masjid, kadang di emperan kantor dan di mana saja, tapi tetap serius dan menjadi pelajaran bagi kami,” Tuturnya

Pada tahun 1970 Kyai Aceng berhasil lulus dari pesantren tersebut. Setelah itu dia mengajar selama lima tahun di dalamnya hingga akhirnya hijrah ke Garut untuk mengajar di pesantren Persis di sana.

“Waktu itu alhamdulillah di Garut hanya ada satu mu’allimin (setingkat SMA) di Padjajaran. Kemudian saya baru mulai di Garut tahun 1982, baru buka cabang mu’allimin di Bandung. Alhamdulillah sekarang sudah hampir ada 65 mu’allimin,” ungkapnya.

BACA JUGA  MUI: Presiden Prancis Dukung Islamophobia

Kyai Aceng mengatakan, kesuksesan yang diraih pesantren Persis saat ini berkat perjuangan serta ketekunan para ustadz atau pengajar di dalamnya. Oleh karena itu ia meminta agar semua anggota Persis turut mendoakan mereka.

“Kami juga memohon doa untuk ustadz yang telah mendahului kita, kami mohon supaya mereka mendapatkan rahmat dari Allah. Saya juga meminta doanya agar mendoakan ustadz-ustadz yang masih ada, mudah-mudahan Allah berikan kesabaran,” ujarnya.

“Saya merasa sangat bersyukur dengan adanya reuni akbar ini. Pertama untuk mengingatkan kembali kita semua. ‘Di mana kita dilahirkan, kemudian berapa lama orang tua kita mengandung kita’,” pungkasnya

Reporter: Fanny Alif
Editor: M. Rudy


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video News

Kiblat Review: Taliban Menang Lawan Amerika

KIBLAT.NET- Peristiwa serangan WTC 9 September 2001, menjadi alasan Amerika untuk invasi Afghanistan. Dimana saat...

Selasa, 02/04/2019 13:01 0

China

Ingatkan Nasib Uighur, Pemimpin TIP: Mereka Seperti Anak Yatim

Pemimpin TIP al-Turkistani mengumpamakan orang-orang Uighur seperti anak yatim. Menurutnya, negara kriminal Cina telah menduduki dan menjajah Turkistan Timur, lalu memberi nama baru bagi wilayah tersebut sebagai “Xinjiang” yang artinya “tanah baru.”

Selasa, 02/04/2019 12:09 0

Afghanistan

20 Tahun Dipenjara, “Taliban Amerika” John Walker Lindh Segera Bebas

Lindh yang dijuluki sebagai “Taliban Amerika” ini tertangkap saat  invasi AS pada November 2001 di Afghanistan, dan dipenjara di pos pertahanan militer Qala-i-Jangi bersama ratusan pejuang Taliban lainnya.

Selasa, 02/04/2019 11:26 0

Suriah

Standarkan Harga Roti, Pemerintah Idlib Wajibkan Produsen Berizin

Bagi toko roti yang tidak memiliki lisensi terncam ditutup. Pengajuan izin gratis dan tidak dipungut biaya apapun.

Selasa, 02/04/2019 08:24 0

Afghanistan

Jelang Musim Semi, Pertempuran Sengit Meningkat di Afghanistan

"Pasukan pemerintah berada dalam posisi ofensif tahun ini. Kami menghadapi banyak pertempuran dan juga korban tentu saja," kata sumber keamanan senior Afghanistan.

Selasa, 02/04/2019 07:00 0

Turki

Partai AK Menang Tipis di Istanbul, Kalah di Ibukota Turki

Partai AK memimpin di 16 kota metropolitan dan 24 provinsi lainnya. Pada tahun 2014, Partai AK memenangkan pemilihan lokal di 18 kota metropolitan dan 30 provinsi lainnya.

Senin, 01/04/2019 12:09 0

Eropa

Tak Ada Muslim dalam 10 Teratas Penjahat di Jerman, Partai Anti-Islam Kecewa

Bukan pertama kalinya AfD menerima hasil yang tidak diinginkan. Tahun lalu, partai itu akhirnya menghapus polling di Twitter yang menanyakan "Apakah Islam bagian dari Jerman?"

Senin, 01/04/2019 11:26 0

Amerika

Facebook Perketat Layanan Live Streaming Pasca Teror Selandia Baru

Jejaring sosial ini juga sedang mengembangkan perangkat lunak untuk dengan cepat mengidentifikasi video atau gambar kekerasan yang diedit untuk mencegahnya dibagikan atau diposting kembali.

Senin, 01/04/2019 10:55 0

Palestina

Dituduh Lempari Mobil Pemukim Yahudi, Siswa SD Palestina Ini Ditangkap saat Sekolah

Dua tentara Israel bersenjata lengkap menggerebek sekolah di tepi Barat itu.

Senin, 01/04/2019 09:25 0

Foto

Banjir Rendam Kamp Pengungsi di Idlib, Begini Kondisinya

Kondisi itu semakin menyulitkan hidup para pengungsi. 

Senin, 01/04/2019 07:45 0

Close