Partai AK Menang Tipis di Istanbul, Kalah di Ibukota Turki

KIBLAT.NET, Ankara – Dua kota terbesar Turki menjadi saksi pemilihan lokal yang digelar pada hari Ahad (31/03/2019). Aliansi Rakyat dari Partai Keadilan dan Pembangunan yang berkuasa (Partai AK) dan Partai Gerakan Nasionalis (MHP) memimpin, di mana lebih dari 91 persen surat suara telah dihitung.

Dengan hampir 98,8 persen surat suara Istanbul dihitung pada pukul 11:55 malam, kandidat Partai AK Binali Yıldırım dari Aliansi Rakyat menang tipis dengan 48,71 persen suara, melawan Ekrem Imamoğlu dari Nation Alliance CHP utama dengan 48,65 persen suara.

Yıldırım mengumumkan kemenangannya sekitar pukul 11:25. Namun, Imamoğlu mengatakan dia mempertahankan keunggulan yang nyaman atas Yıldırım. Dalam pidato pemilihannya di Istanbul, Presiden Recep Tayyip Erdoğan tidak mengutip Istanbul di antara kota-kota di mana Partai AK telah memenangkan kemenangan sementara Ketua CHP Kemal Kılıçdaroğlu mengklaim bahwa Imamoğlu memenangkan Istanbul.

Di ibu kota Ankara, Yavaş memimpin dengan 50,62 persen melawan 47,20 persen untuk Mehmet Özhaseki dari Partai AK, dengan lebih dari 92 persen suara dihitung. Yavaş sebelumnya kalah dalam perlombaan sengit lainnya melawan kandidat Partai AK saat itu, Melih Gökçek pada tahun 2014.

Di Izmir, kota terbesar ketiga di Turki, kandidat CHP Tunç Soyer diproyeksikan menang dengan 58,06 persen suara melawan Partai AK Nihat Zeybekci dengan 38,49 persen, karena hampir 92 persen suara telah dihitung.

Presiden Dewan Pemilihan Umum (YSK) Sadi Güven mengatakan pada Ahad malam bahwa hasil pemilihan final akan diumumkan kepada publik sesegera mungkin.

Sebagai hasil dari pemilihan, Partai AK memimpin di 16 kota metropolitan dan 24 provinsi lainnya. Pada tahun 2014, Partai AK memenangkan pemilihan lokal di 18 kota metropolitan dan 30 provinsi lainnya.

MHP memimpin di satu kota metropolitan dan 11 provinsi lainnya. Pada 2014, MHP telah memenangkan pemilihan lokal di tiga kota metropolitan dan lima provinsi lainnya.

CHP memimpin di 10 kota metropolitan dan 10 provinsi lainnya. Pada 2014, CHP memenangkan pemilihan lokal di enam kota metropolitan dan delapan provinsi lainnya.

Sumber: Daily Sabah
Redaktur: Ibas Fuadi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat