Kolumnis Washington Post: Pembunuh Khashoggi Menerima Pelatihan Militer di AS

KIBLAT.NET, Washington – Anggota tim Saudi yang membunuh jurnalis Jamal Khashoggi menerima pelatihan di Amerika Serikat. Demikian laporan seorang kolumnis Washington Post.

Khashoggi dibunuh pada 2 Oktober di konsulat Saudi di Istanbul oleh tim yang dikirim dari Riyadh berjumlah 15 orang. Tubuhnya hingga kini tidak pernah ditemukan.

Menurut kolumnis Washington Post, David Ignatius, yang mewawancarai lebih dari selusin sumber Amerika dan Saudi mengatakan, beberapa anggota Kelompok Intervensi Cepat Saudi menerima pelatihan di Amerika Serikat.

“CIA telah memperingatkan lembaga pemerintah lainnya bahwa beberapa pelatihan operasi khusus ini mungkin dilakukan oleh Tier 1 Group, sebuah perusahaan yang berbasis di Arkansas, di bawah lisensi Departemen Luar Negeri,” katanya. “Pelatihan itu terjadi sebelum insiden Khashoggi, sebagai bagian dari hubungan berkelanjutan dengan Saudi, dan itu belum dilanjutkan.”

Dia mengatakan beberapa program pertukaran keamanan AS-Saudi lainnya juga telah ditangguhkan.

The Arkansas Times, mendapat tanggapan ketika mengirim e-mail ke website Tier 1 Group, yang berbasis di Crawfordsville. Perusahaan pengamanan itu menjelaskan berbagai program pelatihan senjata, pertempuran jarak dekat, mengemudi taktis, dan keahlian menembak jarak jauh.

Arab Saudi di awal membantah keterlibatan pemerintah dalam pembunuhan Khashoggi hingga akhirnya mengakui dengan menyebut operasi itu dilakukan oleh agen yang di luar kendali. Pengadilan 11 tersangka dibuka awal tahun ini di Arab Saudi.

Sumber: Middle East Eye
Redaktur: Ibas Fuadi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat