Serangan Al-Shabaab Kembali Sasar Jantung Somalia

KIBLAT.NET, Mogadishu – Sedikitnya 15 orang tewas dalam ledakan bom mobil di ibukota Somalia, Mogadishu, pada Kamis (28/03/2019). Bom meledak di dekat hotel dan restoran yang menjadi tempat pertemuan orang asing dan pejabat pemerintah. Lokasi ini pernah menjadi target serangan serupa.

Reuters melaporkan bahwa ledakan di jalan yang sibuk itu menyebabkan asap membumbung Tinggi dan menghancurkan dua restoran serta sebagian mobil yang parkir.

Kepala Layanan Ambulan Mogadishu, Abdul Qadir Abdurrahman, mengatakan bahwa sampai saat ini pihaknya mengevakuasi 15 korban tewas, lima di antaranya wanita, dan 17 korban luka-luka.

Muhammad Husain, kepala polisi setempat, mengatakan bahwa ledakan itu menghancurkan restoran dan menewaskan orang-orang yang ada di dalam dan luar restoran. Jumlah korban kemungkinan meningkat.

Gerakan Al-Shabaab Somalia bertanggung jawab atas serangan ini. Mereka mengatakan bahwa bom tersebut menewaskan delapan pejabat pemerintah dan melukai lima lainnya.

Al-Shabaab sebelumnya pernah menargetkan lokasi yang berada di Jalan Makkah Al-Mukarramah itu.

Mogadishu terus menjadi sasaran Al-Shabaab di tengah ketidakmampuan pemerintah menjamin keamanan terhadap ibukota. Beberapa hari sebelumnya, pejuang Al-Shabaab dan pasukan pemerintah terlibat baku tembak di jantung ibukota.

Al-Shabaab sempat mencapai kekuasaan Somalia namun Eropa dan Barat segera menerjunkan militer untuk melengserkannya. Operasi itu diluncurkan pada 2011 dan berhasil mengusir Al-Shabaab dari ibukota. Namun mereka masih memiliki basis-basis di wilayah lain.

Sumber: Reuters
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat