... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Suara Pembaca

Kantong Tebal Bukan Jaminan Tak Korupsi

Foto: Ilustrasi korupsi.

Penulis: Arimbi Nu (Ibu Rumah Tangga di Blora)

Direktur Teknologi dan Produksi PT Krakatau Steel (Persero), Wisnu Kuncoro resmi ditetapkan KPK sebagai tersangka. Dia terjerat operasi tangkap tangan (OTT) karena diduga menerima suap dari pihak swasta untuk pengadaan barang dan jasa anggaran 2019 (Suara Merdeka, 25/03/2019).

Padahal sebagai seseorang yang menyandang gelar direktur, apalagi di perusahaan yang bonafid, tentu gaji per bulan yang diperolehnya tak sedikit.

Berdasarkan laporan tahunan emiten kerja tahun 2017 yang disampaikan pada 2018, total gaji seluruh direksi Krakatau Steel (enam orang) dalam setahun Rp 11,4 miliar. Jika dirata-rata, masing-masing direksi perusahaan produsen baja itu mengantongi Rp 2,7 miliar per tahun atau Rp 226,4 juta per bulan (Suara Merdeka, 25/03/2019).

Nominal gaji yang sangat fantastis! Namun mengapa dengan kantong setebal itu, sang direktur tetap korupsi?

Saat ini wabah korupsi tengah merajalela, tak peduli apakah di kalangan elit politik, elit perusahaan , ataukah elit perangkat kota maupun desa. Tapi banyak yang belum menyadari bahwa yang menyebabkan itu semua adalah virus kapitalisme. Yang memandang semua hal dengan tolok ukur materi dan kemanfaatan. Tak peduli darimana asalnya, tak peduli bagaimana cara mendapatkannya, tak mempedulikan lagi tentang keberkahannya. Yang penting hartanya bertambah dan bertambah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sepertinya sudah menyadari hal ini, karena itu beliau bersabda dalam hadits yang diriwayatkan Ibnu ‘Abbas,

“Seandainya seorang anak Adam memiliki satu lembah emas, tentu ia menginginkan dua lembah lainnya, dan sama sekali tidak akan memenuhi mulutnya (merasa puas) selain tanah (yaitu setelah mati) dan Allah menerima taubat orang-orang yang bertaubat.” (HR. Bukhari no. 6439 dan Muslim no. 1048)

Dalam Islam, diajarkan sifat qana’ah yaitu selalu merasa cukup dengan nikmat yang Allah beri. Karena harta juga bisa menjadi cobaan bagi manusia. Jika kita ingin mendapatkan harta, janganlah sampai melanggar perintah Allah. Sudah jelas batasannya, jangan terlibat riba dan jangan mengambil harta orang lain dengan cara batil. Dan perlu kita ingat kembali, sabda Rasulullah berikut:

“Kekayaan (yang hakiki) bukanlah dengan banyaknya harta. Namun kekayaan (yang hakiki) adalah hati yang selalu merasa cukup.” (HR. Bukhari no. 6446 dan Muslim no. 1051).

Jika kita menjalankan perintah Allah dan Rasul-Nya, tentu kondisi kita akan lebih baik. Aturan yang bersumber dari Sang Pencipta pasti akan membawa kebaikan dan kesejahteraan bagi makhlukNya.

Wallahua’lamu bisshowab

 

 

 

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video News

Ketua MAPIM: Inilah Asal-usul Islamophobia

KIBLAT.NET, Putrajaya – Pemerintah Malaysia bersama beberapa organisasi seperti Jabatan Kemajuan Islam Malaysia (JAKIM), MAPIM,...

Selasa, 26/03/2019 16:15 0

Afrika

Sadisnya Pembantaian Muslim Mali, Bayi-bayi Pun Dibunuhi

Jumlah korban tewas dari petani muslim Fulani meningkat menjadi 160 orang dalam aksi pembantaian oleh milisi Dogon. Demikian menurut laporan pejabat setempat dan pasukan keamanan Mali, Senin (25/03/2019).

Selasa, 26/03/2019 15:05 3

Video Kajian

Ust. Tri Asmoro: Memberikan Ungkapan-Ungkapan Sepele untuk Menghargai Pasangan

KIBLAT.NET- Janganlah engkau meremehkan sebuah kebaikan, meskipun hanya bermanis muka saat berjumpa dengan saudaramu. Karena...

Selasa, 26/03/2019 14:32 0

Video News

Tentang Palestina, Ini Himbauan Perdana Menteri Malaysia pada ASEAN

KIBLAT.NET, Putrajaya – Wakil Perdana Menteri (PM) Malaysia, Fauziah Salleh hadir di penutupan “Konferensi NGO...

Selasa, 26/03/2019 14:12 0

Artikel

Di Balik Kebijakan Penjualan Saham Bir oleh Anies Baswedan

Satu poin penting yang tak bisa dilupakan adalah industri miras meski sangat menguntungkan, amat rentan terhadap berbagai kebijakan. Menjalankan bisnis produk haram di tengah masyarakat Muslim membuat mereka amat bergantung pada kebijakan penguasa yang ramah.

Selasa, 26/03/2019 14:11 0

Palestina

Israel Terus Bombardir Gaza Meski Ada Gencatan Senjata

Pesawat-pesawat tempur Israel terus menyerang Kota Gaza pada Selasa (26/03/2019), meskipun ada laporan gencatan senjata.

Selasa, 26/03/2019 13:39 0

Malaysia

Wakil PM Malaysia: Negara-negara ASEAN Harus Lantang Bela Palestina

Saat ditemui wartawan, ia menegaskan bahwa Malaysia harus memberikan peranan lebih besar untuk mendukung kemerdekaan Palestina.

Selasa, 26/03/2019 12:25 1

Palestina

Dimediasi Mesir, Israel dan Hamas Sepakati Gencatan Senjata

Pejabat yang enggan disebut nama itu, mengatakan gencatan senjata mulai berlaku pada 22.00 waktu setempat (2000 GMT).

Selasa, 26/03/2019 11:47 0

Manhaj

Membela Umat Islam yang Terzalimi dengan Jihad Fi Sabilillah

Salah satu cara yang diajarkan oleh Rasulullah dalam menghadapi kezaliman adalah dengan jihad fi sabilillah. Beliau tidak membiarkan umat Islam dibunuh tanpa sebab

Selasa, 26/03/2019 10:48 0

Video Kajian

Ust. Abu Rusydan: Su’udzan kepada Allah, Lalu Berhenti dari Jalan Dakwah

Ust. Abu Rusydan: Su'udzan kepada Allah, Lalu Berhenti dari Jalan Dakwah. Su'udzan kepada sesama manusia dibolehkan, dengan syarat. Su'udzan kepada Allah?

Selasa, 26/03/2019 09:46 0

Close