... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Puluhan Pasukan Keamanan di Afghanistan Barat Menyerah ke Taliban

Foto: Foto pasukan keamanan Afghanistan yang menyerahkan diri di Badghis, Afghanistan Barat

KIBLAT.NET, Badghis – Imarah Islam Afghanistan (Taliban), Ahad (17/03/2019), mengatakan sebanyak 90 pasukan keamanan Afghanistan menyerah dalam pertepuran merebut provinsi Badghis, Afghanistan barat. Pasukan pemerintah itu menyerah setelah terlibat pertempuran berhari-hari menghadapi pejuang Taliban

Ketua Dewan Provinsi Badghis, Abdul Aziz Bek, mengatakan bahwa sekitar 100 personel pasukan keamanan yang merupakan bagian dari polisi perbatasan di bawah Departemen Dalam Negeri mencoba melarikan diri dari pertempuran. Mereka menuju Turkmenistan pada Sabtu lalu namun dihadang oleh pasukan perbatasan Negara tetangga itu.

Ia membantah jumlah yang disebutkan Taliban. Menurut Bek, jumlah polisi yang menyerah sebanyak 50 personil. Sementara 50 lainnya “masih bertempur” di distrik Bala Marghap yang merupakan kota di Badghis paling padat penduduk.

“Tentara-tentara ini telah memerangi Taliban selama bertahun-tahun dan jika mereka menyerah, mereka akan dibunuh oleh Taliban,” kata Beck.

Abdellah Afzali, seorang anggota dewan regional di Badghis, mengatakan pada Sabtu bahwa distrik Bala Marghab dalam bayang-bayang jatuh ke tangan Taliban kecuali pasukan Afghanistan mendapat bala bantuan udara dan darat.

Dewan regional merupakan entitas terpilih yang memiliki ikatan paling dekat dengan rakyat lokal daripada pejabat pemerintah.

Sementara itu, Taliban mengatakan bahwa 90 polisi perbatasan menyerah diri. Taliban juga memposting foto-foto Twitter yang melihatkan antrian lusinan pria yang menurut Taliban adalah tahanan polisi perbatasan. Sementara banyak dari mereka telah tewas.

BACA JUGA  Unit Militer Afghanistan Bentukan CIA Praktikkan Pembantaian dan Pelanggaran HAM

Tidak jelas berapa banyak pejuang Afghanistan atau Taliban yang terbunuh atau terluka dalam pertempuran untuk menguasai distrik Bala Marghab.

Namun Komite Palang Merah Internasional (ICRC) menerbitkan tarik-menarik perang di mana serangan di Bala Marghab menewaskan banyak orang. Pihaknya telah memfasilitasi penyerahan mayat 20 tentara kepada Tentara Nasional Afghanistan.

Kementerian Pertahanan Afghanistan mengatakan dalam tweet bahwa pasukannya telah menewaskan 12 militan di Bala Marghab dalam operasi di 10 provinsi selama 24 jam terakhir. Seorang juru bicara kementerian tidak bersedia komentar saat dikonfirmasi langsung.

Pertempuran meningkat di distrik Bala Marghab dalam beberapa bulan terakhir. Taliban membunuh 20 tentara Afghanistan dan menangkap 20 kurang dari seminggu yang lalu.

Inspektur Jenderal Khusus AS untuk Rekonstruksi Afghanistan mengatakan Taliban telah mengendalikan atau mencoba mengendalikan sekitar setengah dari Afghanistan sejak pasukan pimpinan AS mengusir mereka dari kekuasaan pada tahun 2001. Taliban sering menyerang pos-pos keamanan Afghanistan.

Taliban mengatakan mereka berjuang untuk mengusir pasukan asing dan melengserkan rezim boneka AS. Gerakan yang beberapa pekan lalu terlibat negosiasi panjang dengan AS tersebut akan menegakkan syariat Islam di bumi Afghanistan.

Sumber: Reuters
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Ma’ruf Amin Banggakan BPJS Jadi Asuransi Terbesar, Sandi Ungkap Permasalahan di Lapangan

KIBLAT.NET, Jakarta – Kendala dalam sistem Jaminan kesehatan Nasional (JKN) adalah ketimpangan antara tuntutan kualitas...

Ahad, 17/03/2019 23:08 0

Indonesia

Ma’ruf Amin: Pemimpin Harus Membangun Kemaslahatan untuk Rakyatnya

Ma’ruf Amin menegaskan bahwa seorang pemimpin harus membangun kemaslahatan untuk rakyatnya.

Ahad, 17/03/2019 22:52 0

Indonesia

Begini Paparan Para Cawapres Soal Riset dan Ketenagakerjaan

KIBLAT.NET, Jakarta – Pendapatan domestik bruto Indonesia diprediksi berada di peringkat ke 5 dunia pada...

Ahad, 17/03/2019 22:19 0

Indonesia

Hambali Dikabarkan Menjalani Penyiksaan CIA Selama Tiga Tahun

Hambali ditangkap di Thailand pada tahun 2003, karena dituduh terlibat dalam peristiwa Bom Bali 2002 dan pemboman Hotel JW Marriot pada 2003.

Ahad, 17/03/2019 13:29 0

Indonesia

Banjir Bandang Terjang 9 Kelurahan di Sentani Jayapura, 3 Orang Meninggal Dunia

Banjir masuk ke rumah-rumah warga dan rumah sakit, jalanan pun berubah menjadi aliran permukaan air yang deras.

Ahad, 17/03/2019 12:54 0

Indonesia

Kemenag Akan Bantu KPK Investigasi OTT Romahurmuziy

Menag Lukman Hakim Saifuddin bahkan mengaku siap dipanggil KPK untuk bersaksi atas kasus ini.

Ahad, 17/03/2019 12:41 0

Tarbiyah Jihadiyah

Menjalani Hidup dengan Mentalitas Mujahid

Terkadang ketika membaca ayat-ayat tentang jihad, kita membayangkan untuk diri sendiri. Sungguh cita-cita yang besar karena jihad adalah amalan tertinggi di dalam Islam.

Ahad, 17/03/2019 11:57 0

Opini

Taliban Adalah Sang Pembebas

Sebuah interview dengan juru bicara Imarah Islam (Taliban), Zabihullah Mujahid, yang disiarkan oleh stasiun TV Shamshad bisa dikatakan sangat menarik, komprehensif, dan menjawab banyak hal penting.

Ahad, 17/03/2019 11:40 0

Video Kajian

Al-Muhaisini: Ini Respon Dunia Andai Pelaku Teror Selandia Baru Muslim

KIBLAT.NET – Al-Muhaisini: Ini Respon Dunia Andai Pelaku Teror Selandia Baru Muslim. Penyerangan brutal terhadap...

Ahad, 17/03/2019 11:16 0

Editorial

Editorial: Ada “Brenton” di Negeri Kita

Tak habis pikir mengapa ada manusia seperti Brenton Tarrant. Menenteng senjata semi otomatis yang penuh mantra, ia tuju sebuah masjid yang sedang bersiap menggelar Jumatan.

Ahad, 17/03/2019 10:49 0

Close