... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Ketua Komisi I DPR Sebut Penembakan di Masjid Al Noor Selandia Baru Sebagai Aksi Terorisme

Foto: Ketua Komisi I DPR-RI, Abdul Kharis Almasyhari.

KIBLAT.NET, Jakarta- Aksi penembakan di Masjid Al Noor dan Linwood di Christchurch, Selandia Baru terjadi pada hari Jumat (15/03/2019), sekitar pukul 13:40 (waktu setempat) atau ketika menjelang sholat Jum’at.

Sejumlah orang dilaporkan tewas dalam penembakan tersebut, meski kepolisian setempat belum menyampaikan keterangan resmi mengenai korban jiwa. Selain terjadi penembakan, sejumlah bahan peledak juga ditemukan. Menurut Kepolisian Selandia Baru, bahan peledak tersebut termasuk jenis improved explosive devices (IED) yang dipasangkan ke beberapa kendaraan sebagai bagian dari serangan itu.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi I DPR-RI Abdul Kharis Almasyhari mengaku prihatin dan mengutuk tindakan terorisme terhadap jamaah sholat Jum’at yang tidak bersalah dan meminta agar Pemerintah Selandia Baru dapat memberikan perlindungan kepada umat Islam di Selandia Baru khususnya warga Indonesia yang berada di sana.

“Saya sebagai Ketua Komisi I DPR-RI, menyatakan bela sungkawa kepada semua korban yang dibunuh secara keji, semoga arwah mereka diterima di sisi Allah SWT sebagai syuhada, saya meminta penegakan hukum dan kalau perlu hukum mati pelaku terorisme tersebut, jangan ada sejengkalpun di bumi ini ada sifat intoleran yang merenggut korban nyawa seperti di Selandia Baru,” katanya dalam keterangan tertulis kepada media, Jum’at (15/3/2019).

Menurut anggota DPR Fraksi PKS ini, Pemerintah Selandia Baru tentu sudah mempunyai data dan infomasi intelijen terkait kasus tersebut sehingga harusnya bisa dicegah, apalagi pelaku menggunakan media sosial dalam melakukan aksinya.

BACA JUGA  KPAI: Pendidikan Agama di Sekolah Menjadi Counter Radikalisme

“Ini bukan lagi soal kelompok kriminal apalagi media hanya menyebut penembakan, ini menciderai rasa kemanusiaan kita, jelas terorisme itu ada dan terjadi disana, saya prihatin dan mengutuk aksi pembantaian di Jumat kelabu ini, ini duka dunia bukan hanya korban di Selandia Baru,” tegasnya.

Anggota dewan asal Solo ini juga meminta agar kementerian luar negeri segera mendatangi korban dan memberikan perlindungan hukum, keamanan, dan keselamatan WNI disana.

“Bagaimana rakyat sipil bisa membawa senjata begitu mudah, kita minta Kementerian Luar Negeri dan Kedubes Indonesia bergerak cepat untuk mendata, mendampingi, memastikan keamanan, dan keselamatan semua WNI di Selandia Baru serta berkoordinasi dengan aparat keamanan setempat, sehingga kita pastikan semoga tidak ada WNI yang menjadi korban,” pungkas Kharis.

Reporter: Fanny Alif
Editor: Rusydan

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Wilayah Lain

Muslim Australia Waspadai Teror Lanjutan Pasca Jumat Berdarah di Selandia Baru

"Kami mendesak pemerintah di Australia, baik di tingkat Federal dan Negara, untuk memberikan perhatian ekstra pada munculnya sentimen anti-Muslim dan ekstremisme," kata Presiden AFIC Rateb Jneid.

Jum'at, 15/03/2019 17:05 1

Australia

Soal Serangan Teror di Masjid Al Noor, Senator Australia Salahkan Muslim

Anning juga menyebut bahwa Islam sebagai agama fasis. Untuk membenarkan semua pernyataan, Anning kemudian mengutip Alkitab.

Jum'at, 15/03/2019 15:22 4

Video News

Faisal Basri: Ironis, Negara Kesatuan Republik Indonesia Hanya Jargon

KIBLAT.NET- Indonesia berbeda dari negara – negara lain. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia...

Jum'at, 15/03/2019 15:10 0

Palestina

Pesawat Tempur Israel Targetkan 100 Lokasi di Jalur Gaza

Ini adalah serangan pertama dari wilayah Jalur Gaza sejak perang Israel di Gaza pada 2014. Sejak itu, gelombang ketegangan yang terbatas meletus, tetapi berhasil diatasi.

Jum'at, 15/03/2019 14:13 0

Wilayah Lain

Penyerang Masjid di Selandia Baru Dukung Kebijakan Donald Trump

Tarrant mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu dalam sebuah tulisan setebal 74 halaman berjudul "The Great Replacement".

Jum'at, 15/03/2019 14:12 1

Wilayah Lain

Sadis, Penyerang Masjid di Selandia Baru Rekam Aksinya Live Facebook

"Aku melihat begitu banyak peluru di lantai, ratusan. Aku melihat seorang lelaki mencoba lari tapi dia ditembak mati," kata seorang saksi.

Jum'at, 15/03/2019 13:50 2

Video Kajian

Pemuda Milenial, Ini yang Harus Kalian Katakan!

KIBLAT.NET – Pemuda milenial, ini yang harus kalian katakan! Pemuda memiliki peran penting dalam dakwah...

Jum'at, 15/03/2019 13:48 0

Wilayah Lain

Dua Masjid di Selandia Baru Diserang, Banyak Mayat Bergelimpangan

Media Selandia Baru melaporkan sekitar 27 orang tewas, tetapi jumlah korban tewas belum dapat dikonfirmasi.

Jum'at, 15/03/2019 13:27 0

Suriah

8 Tahun Konflik Suriah, Warga Sipil Masih Menderita di Bawah Rezim Assad

Konflik bermula ketika rezim Suriah pimpinan Bashar Assad menanggapi secara brutal sekelompok orang yang mengadakan protes damai di provinsi Daraa barat daya.

Jum'at, 15/03/2019 11:31 0

Video Kajian

Zikir: Sebelum Ramadhan Datang

KIBLAT.NET- Tak terasa kita telah memasuki bulan rajab yang artinya kita akan kedatangan tamu istimewa...

Jum'at, 15/03/2019 10:54 0

Close