... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Polisi Israel Pukuli Jamaah Masjid Al-Aqsha

Foto: Polisi Israel di depan Kubah Shakhrah

KIBLAT.NET, Al-Quds – DepartemenWaqaf Al-Quds, Selasa (12/03/2019), mengatakan bahwa polisi Israel dalam jumlah besar menyerbu halaman Masjid Al-Aqsa dan memukuli para jamaah yang ada di halaman. Penyeruban terjadi setelah kebakaran di ruang pos polisi Israel di kompleks Al-Aqsha.

Polisi Israel mengatakan sebuah bom Molotov dilemparkan ke ruang pos polisi yang terletak beberapa meter dari Kubah Shakhrah. Bom itu menyebabkan kebakaran di dalam ruangan. Seorang terduga pelaku pelemparan berhasil di tangkap.

Kubah Shakhrah adalah sebuah bangunan persegi delapan berkubah emas yang terletak di tengah kompleks Masjid Al-Aqsha. Kompleks ini berada dalam tembok Kota Lama Yerusalem. Tempat ini disucikan dalam agama Islam dan Yahudi.

Rekaman video di situs jejaring sosial menunjukkan asap mengepul dari ruangan dan pasukan keamanan Israel mengejar para jamaah di halaman Masjid Al-Aqsa dan menangkap sejumlah dari mereka.

Juru kamera Reuters yang berada di dekat lokasi pasukan keamanan Israel menyebutkan bahwa seluru gerbang Masjid Al-Aqsha ditutup setelah para jamaah keluar. Jamaah pun terpaksa menggelar shalat ashar di luar masjid.

“Apa yang terjadi di Masjid Al-Aqsa merupakan pemukulan…. wanita dipukuli… anak-anak dipukuli…. tokoh-tokoh agama dipukuli,” kata Firas Al-Dibs, pejabat media di Departemen Wakaf kepada media.

“Situasi di Al-Aqsa terjadi kemelut, situasi terlalu sulit, dan perlu langkah cepat,” imbuhnya.

Kepresidenan Palestina mengutuk eskalasi serius Israel di Al-Aqsa dan memperingatkan dampak yang akan ditimbulkan. Ia menekan bahwa telah terjadi pelanggaran oleh militer Israel di dalam Kubah Shakhrah.

BACA JUGA  ACT Bagikan Lima Ratus Paket Berbuka Puasa untuk Palestina

Otoritas Palestina meminta masyarakat internasional untuk campur tangan mencegah eskalasi di Masjid Al-Aqsa. Pelanggaran pasukan pendudukan Israel dan pemukim Yahudi terhadap kecusian masjid dan provokasi yang terus dilakukan mengancam ekskalasi lebih besar.

Di antara provokasi itu, lanjut Otoritas Palestina, serangan dan pelanggaran terhadap syiar-syiar agama, yang terakhir adalah seorang tentara Israel memasuki masjid dengan sepatunya membawa sebotol anggur. Ini merupakan serangan terang-terangan pada kesucian masjid.

Pada bagiannya, Gerakan Perlawanan Islam (Hamas) mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka menyerukan seluruh warga di Al-Quds (Yerusalem), Tepi Barat dan di dalam Palestina untuk berbaris menuju Masjid Al-Aqsa. Aksi ini untuk memecah penutupan Al-Aqsha dan pengendalian penuh masjid sehingga mereka bisa membuka dan menutup sesuai keinginan mereka.

“Bangsa Arab dan Islam dan orang-orangnya yang masih hidup dan pasukannya masih aktif siap dipanggil untuk sikap serius melindungi kiblat pertama sekaligus masjid suci ketiga umat Islam. Mereka siap menghalau pelanggaran terus menerus Israel terhadap Al-Quds, penduduknya dan tempat-tempat sucinya,” tulis pernyataan Hamas.

Sumber: Reuters
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Daftar Proyek Infrastruktur Pemerintahan Jokowi yang Dinilai Bermasalah

Pemerintah disarankan untuk meninjau ulang proyek-proyek yang termasuk dalam proyek strategis nasional

Selasa, 12/03/2019 20:08 0

Indonesia

Tiga Tahun Kasus Siyono, Sanksi Etik Untuk Anggota Densus 88 Dianggap Tak Cukup

Anggota Komisi III DPR RI, Muhammad Syafii menekankan bahwa tidak cukup sanksi etik bagi Densus 88 yang terlibat dalam penangkapan Siyono

Selasa, 12/03/2019 19:00 0

Indonesia

Faisal Basri: Janji 3 Kartu Jokowi Bukti Pembangunan Tak Efektif

"Pembangunan yang berhasil akan menjadikan harga stabil dan masyarakat makin mampu untuk membeli kebutuhan pokoknya. Sehingga tidak perlu kartu miskin, nggak perlu kartu sembako"

Selasa, 12/03/2019 18:28 0

Indonesia

Bawaslu Sebut DPT Bermasalah Sumber Kerawanan Tertinggi

Bawaslu menyebut ada 156 temuan kasus terkait DPT bermasalah

Selasa, 12/03/2019 17:40 0

Indonesia

Romo Syafii: Masyarakat Harus Terus Kawal Kasus Siyono

Anggota Komisi III DPR RI, Muhammad Syafii memberikan tanggapan soal tiga tahun kasus Siyono.

Selasa, 12/03/2019 17:29 0

Video Kajian

Ust. Abu Rusydan: 5K Perjuangan Islam Indonesia

5K Perjuangan Islam Indonesia. Bila kita melakukan kajian secafra jujur, apakah umat Islam benar-benar memiliki konsep perjuangan yang baik?

Selasa, 12/03/2019 15:38 0

Indonesia

Sidang Perdana Praperadilan Kasus Siyono Digelar 18 Maret Mendatang

Pengacara keluarga Siyono, Trisno Raharjo mengungkapkan bahwa sidang praperadilan kasus Siyono akan segera berjalan.

Selasa, 12/03/2019 15:17 0

Indonesia

Pengacara: Keluarga Siyono Masih Cari Keadilan

Pengacara keluarga Siyono, Trisno Raharjo menjelaskan bahwa sejak 2016 lalu pihak keluarga minta kejelasan dari pihak kepolisian atas kasus Siyono

Selasa, 12/03/2019 14:03 0

Indonesia

SKPI Sulteng Gelar “Ngopi” Bareng Pemuda Hijrah Poso

Acara ini dihadiri oleh sebagian besar remaja muslim kota Poso yang bersemangat untuk berhijrah, dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Agung berharap acara ini menjadi wadah mereka untuk menuntut ilmu.

Selasa, 12/03/2019 13:55 0

Indonesia

Al-Irsyad Al-Islamiyyah Dukung Pemprov DKI Jual Saham Bir

Dewan Syuro Al-Irsyad Al-Islamiyyah mendukung penuh langkah Gubernur Anies Baswedan yang berencana melepas saham Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di perusahaan Anker Bir.

Selasa, 12/03/2019 10:49 0

Close