Biaya Militer Naik, Pentagon Ajukan Anggaran 718 Miliar Dolar

KIBLAT.NET, Washington – Departemen Pertahanan AS mengajukan anggaran untuk tahun fiskal 2020 senilai $ 718 miliar. Nilai ini naik lima persen dari anggaran yang disetujui untuk 2019.

Jika disetujui, pengeluaran militer akan meningkat menjadi $ 750 miliar untuk tahun fiskal 2020, yang dimulai pada Oktober 2019. Jumlahnya termasuk $ 718 miliar untuk Pentagon dan $ 32 miliar untuk Departemen Energi.

Anggaran $ 718 miliar terdiri dari anggaran dasar sebesar $ 544 miliar, dengan tambahan $ 164 miliar yang dialokasikan untuk operasi darurat di luar negeri.

Departemen Pertahanan juga meminta $ 14 miliar untuk pasukan luar angkasa, sementara $ 72 juta akan digunakan untuk membangun markas untuk cabang militer baru.

Pentagon juga meminta $ 13,6 miliar untuk pengembangan kemampuan pertahanan rudal saat Cina dan Rusia berlomba untuk membuat senjata hipersonik baru.

Dalam permintaan anggaran juga terdapat $ 9 miliar untuk dana darurat, yang mencakup upaya bantuan badai, serta $ 3,6 miliar yang diarahkan untuk membangun bagian-bagian dinding perbatasan sesuai ide Trump.

“Kami memiliki uang baru untuk perbatasan dalam anggaran kami untuk mendukung prioritas presiden,” kata Wakil Wakil Menteri Pertahanan Elaine McCusker dalam jumpa pers pada Rabu (13/03/2019).

Bulan lalu, Trump menyatakan keadaan darurat nasional mengenai keamanan perbatasan. Trump berusaha untuk menghindari dana Kongres setelah anggota parlemen memberinya hanya $ 5,7 miliar dari yang dia minta untuk membangun tembok perbatasan AS-Meksiko.

Sumber: TRT World
Redaktur: Ibas Fuadi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat