... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

SKPI Sulteng Gelar “Ngopi” Bareng Pemuda Hijrah Poso

Foto: SKPI Sulteng Gelar "Ngopi" Bareng Pemuda Hijrah Poso

KIBLAT.NET, Poso – Syarikat Kebangkitan Pemuda Islam (SKPI) wilayah Sulawesi Tengah mengadakan Talk Show NGOPI (Ngobrol Perkara Iman) dengan tema “Hijrah? Siapa takut?” pada Senin (11/03/2019).

Diadakan di Cafe Banuamomberata depan gedung olahraga Poso, kelurahan Kasintuwu, kota Poso, acara ini berlangsung dengan sukses dan dikunjungi banyak peserta.

Malam yang dingin dibarengi hujan rintik-rintik mengiringi antusiasme mereka. “Kegiatan ini terlaksana berdasarkan kerjasama kami seluruh bagian dari SKPI Sulawesi Tengah,” ungkap Agung Laksana Jamal, selaku host dalam acara tersebut.

Acara ini dihadiri oleh sebagian besar remaja muslim kota Poso yang bersemangat untuk berhijrah, dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Agung berharap acara ini menjadi wadah mereka untuk menuntut ilmu.

“Acara ini kan untuk remaja hijrah, jadi kita pilih di cafe ini. Bisa jadi anak hijrah masih segan ke majelis taklim di masjid karena merasa minder. Nah, kita buat solusi dengan kegiatan ini kita ‘ngopi’ sambil ngobrol perkara iman,” ujarnya seusai acara.

Ustadz M. Naim selaku pembicara dalam acara tersebut, menyampaikan bahwa hijrah adalah proses perubahan dari kebiasaan buruk menuju perubahan yang lebih baik. Dia mengibaratkan proses hijrah seperti ulat yang berubah menjadi kupu-kupu.

“Ulat tidak akan pernah indah menjadi kupu-kupu tanpa proses, kalau tidak berubah maka dia tidak akan indah. Hijrah jalan yang cukup panjang, yang kita lalui dengan berbagai macam problematika,” papar Ustadz Naim saat menyampaikan materi.

BACA JUGA  Sandiaga Uno Sebut Pemindahan Ibu Kota Belum Jadi Prioritas

Dia kemudian menyampaikan contoh perjalanan hijrah para ulama terdahulu. Seperti Malik bin Dinar, seorang ulama di masa tabiut tabiin. Malik dulunya adalah preman pasar yang tiap hari mabuk.

“Beliau (Malik) bermimpi. Situasi kiamat diperlihatkan, amal baik dan buruknya. Pada akhirnya Malik bin Dinar seorang preman pasar dan pemabuk, hijrah menjadi seorang ulama besar,” ungkapnya.

Lalu ada Fudhail bin Iyad, kata Ustadz Naim. Sebelum jadi ulama beliau adalah seorang perampok yang sangat ditakuti. Namun beliau akhirnya berhijrah dan menjadi ulama terkemuka generasi tabiut tabiin.

Di akhir acara, beberapa peserta bertanya tentang hijrah dan bagaimana kiat untuk bisa istiqamah. Menjawab itu, Ustadz Naim mengatakan bahwa kuncinya adalah senantiasa bermunajat dan memohon keistiqomahan kepada Allah dan senantiasa mendatangi majelis ilmu.

Acara berakhir sekitar pukul 22:00 wita, para peserta kembali ke dengan membawa pengalaman baru dan ilmu baru tentang hijrah. Scara SKPI Sulawesi Tengah ini diharapkan dapat kembali terlaksana sehingga menjadi sarana dakwah untuk kaum muda.

Reporter: Ahmad Sutedjo
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Kesepakatan Idlib di Ujung Tanduk

"Saya tidak suka kehidupan di kamp, tetapi lebih baik daripada melihat anak-anak saya menjadi potongan-potongan," lanjutnya.

Selasa, 12/03/2019 13:19 0

Suriah

PBB: Anak-anak Suriah Paling Banyak Terbunuh di Tahun 2018

"Anak-anak di beberapa bagian negara tetap dalam bahaya," kata Fore.

Selasa, 12/03/2019 11:09 0

News

Arab Saudi Keluarkan E-Visa untuk Jamaah Haji dan Umrah

Otoritas Arab Saudi akan segera mengeluarkan e-Visa atau visa elektronik untuk jamaah haji dan umroh. Layanan ini terutama diperuntukkan bahwa jamaah yang datang dari luar negara.

Selasa, 12/03/2019 10:48 0

Myanmar

ICC Akan Adili Pihak-pihak di Balik Genosida terhadap Muslim Rohingya

"Orang-orang yang bertanggung jawab, orang-orang yang memberi instruksi, orang-orang yang diperintahkan, orang-orang yang melakukan semua hal lain dan memfasilitasi pelaksanaan kejahatan ini (akan mempertanggungjawabkan tindakannya)."

Selasa, 12/03/2019 10:27 0

Afghanistan

Semasa Hidup, Mullah Umar Ternyata Sembunyi Tak Jauh dari Pangkalan AS

Pasukan AS hampir dua kali menemukannya.

Selasa, 12/03/2019 09:51 0

Video News

Kiblat Review: Menguji Ketahanan Taliban

KIBLAT.NET- Taliban terus menjadi perhatian dunia, termasuk masyarakat Indonesia. Yang terbaru adalah upaya Amerika Serikat...

Selasa, 12/03/2019 09:30 0

Afrika

Bouteflika Akhirnya Mundur dari Bursa Capres, Warga Aljazair Bersukacita

"Protes kami membuahkan hasil. Kami mengalahkan para pendukung ‘negara kelima’, " kata seorang sopir taksi bernama Mohammed (50)

Selasa, 12/03/2019 08:37 0

Info Event

BSMI-Gamal Albinsaid Teken Kerjasama Konsultasi Gratis di InMed

Ketua Umum DPN BSMI Djazuli Ambari dan Founder InMed dr Gamal Albinsaid menandatangai kerjasama konsultasi kesehatan gratis di Indonesia Medika (InMed)

Senin, 11/03/2019 19:07 0

Suriah

Warga Suriah Gelar Protes, Tolak Patung Assad Dibangun Ulang

Para demonstran berjalan melewati daerah yang porak poranda akibat perang. Mereka menyerukan slogan-slogan penggulingan Assad.

Senin, 11/03/2019 13:06 0

Suara Pembaca

Umat Islam, Khilafah, dan Kegagalan Negara Bangsa

Masihkah dunia Islam membutuhkan konsep negara bangsa yang memecah belah kesatuan dan melemahkan kekuatan politik mereka?

Senin, 11/03/2019 11:50 0

Close