... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Al-Irsyad Al-Islamiyyah Dukung Pemprov DKI Jual Saham Bir

Foto: Pidato perdana Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Balai Kota pada Senin (16/10). (Qari' Aliga/Kiblat.net)

KIBLAT.NET, Jakarta – Dewan Syuro Al-Irsyad Al-Islamiyyah mendukung penuh langkah Gubernur Anies Baswedan yang berencana melepas saham Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di perusahaan Anker Bir. Ia menilai, dalam Islam minuman beralkohol dilarang.

“Minuman beralkohol seperti bir itu dilarang oleh agama dan dapat  merusak akal dan jasmani kita. Jadi kami sangat mendukung keinginan  Gubernur untuk melepas saham di pabrik bir,” kata Ketua Dewan Syuro  Al-Irsyad Al-Islamiyyah, KH Abdullah Jaidi, dalam rilis yang diterima Kiblat.net Senin (11/03/19).

Abdullah Jaidi menyitir ayat-ayat Qur’an dan hadits Nabi saw. yang melarang minuman beralkohol dan menyebutkannya sebagai perbuatan dosa besar. Misalnya di surat al-Maidah ayat 90-91, di mana tegas disebutkan bahwa meminum khamar (minuman beralkohol) adalah perbuatan keji dan termasuk perbuatan setan.

Menurutnya, dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abdullah bin ‘Amr ditegaskan bahwa Khamr adalah induk dari segala kejahatan, barangsiapa meminumnya, maka shalatnya tidak diterima selama 40 hari, apabila ia mati sementara ada khamr di dalam perutnya, maka ia mati sebagaimana matinya orang Jahiliyyah.

Intinya, kata dia, minuman beralkohol akan merusak akal dan jasmani kita, hilang rasa malu dan merusak kehidupan masyarat. Setan akan menghembuskan permusuhan dan kebencian di antara kita disebabkan oleh minuman keras dan perjudian,

“Sehingga merusak tatanan perdamaian di tengah kehidupan bermasyarakat,” kata Abdullah Jaidi, yang juga ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat ini.

BACA JUGA  IGI Kritisi Jokowi Soal Instruksi Revisi Sistem Zonasi

Jadi menurutnya, sungguh tepat kalau Pemprov DKI sekarang mau melepas sahamnya di perusahaan bir tersebut agar tidak terkena laknat Allah dan untuk melindungi rakyat dari hal-hal yang merusak akhlak dan kedamaian.

Abdullah Jaidi juga sangat menyesalkan tindakan ketua dan beberapa fraksi DPRD DKI Jakarta yang menolak rencana penjualan saham bir tersebut. “Tidak masuk akal bila DPRD malah ingin mengundang laknat Allah. Mereka seharusnya menyambut baik rencana Gubernur yang mau melindungi rakyat itu,” tuturnya.

Ia pun meminta warga DKI, khususnya kaum muslimin, agar berhati-hati dalam memilih wakil-wakil mereka di Pemilu April nanti dan tidak memilih caleg-caleg dari partai yang terang-terangan ingin mempertahankan kepemilikan saham bir oleh Pemprov DKI.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

News

Arab Saudi Keluarkan E-Visa untuk Jamaah Haji dan Umrah

Otoritas Arab Saudi akan segera mengeluarkan e-Visa atau visa elektronik untuk jamaah haji dan umroh. Layanan ini terutama diperuntukkan bahwa jamaah yang datang dari luar negara.

Selasa, 12/03/2019 10:48 0

Myanmar

ICC Akan Adili Pihak-pihak di Balik Genosida terhadap Muslim Rohingya

"Orang-orang yang bertanggung jawab, orang-orang yang memberi instruksi, orang-orang yang diperintahkan, orang-orang yang melakukan semua hal lain dan memfasilitasi pelaksanaan kejahatan ini (akan mempertanggungjawabkan tindakannya)."

Selasa, 12/03/2019 10:27 0

Afghanistan

Semasa Hidup, Mullah Umar Ternyata Sembunyi Tak Jauh dari Pangkalan AS

Pasukan AS hampir dua kali menemukannya.

Selasa, 12/03/2019 09:51 0

Video News

Kiblat Review: Menguji Ketahanan Taliban

KIBLAT.NET- Taliban terus menjadi perhatian dunia, termasuk masyarakat Indonesia. Yang terbaru adalah upaya Amerika Serikat...

Selasa, 12/03/2019 09:30 0

Afrika

Bouteflika Akhirnya Mundur dari Bursa Capres, Warga Aljazair Bersukacita

"Protes kami membuahkan hasil. Kami mengalahkan para pendukung ‘negara kelima’, " kata seorang sopir taksi bernama Mohammed (50)

Selasa, 12/03/2019 08:37 0

Info Event

BSMI-Gamal Albinsaid Teken Kerjasama Konsultasi Gratis di InMed

Ketua Umum DPN BSMI Djazuli Ambari dan Founder InMed dr Gamal Albinsaid menandatangai kerjasama konsultasi kesehatan gratis di Indonesia Medika (InMed)

Senin, 11/03/2019 19:07 0

Suriah

Warga Suriah Gelar Protes, Tolak Patung Assad Dibangun Ulang

Para demonstran berjalan melewati daerah yang porak poranda akibat perang. Mereka menyerukan slogan-slogan penggulingan Assad.

Senin, 11/03/2019 13:06 0

Suara Pembaca

Umat Islam, Khilafah, dan Kegagalan Negara Bangsa

Masihkah dunia Islam membutuhkan konsep negara bangsa yang memecah belah kesatuan dan melemahkan kekuatan politik mereka?

Senin, 11/03/2019 11:50 0

Inggris

Ekstremis Pendukung Modi Serang Demonstran Anti-India di London

Perdana Menteri India Narendra Modi, seorang pemimpin sayap kanan Hindu yang berusaha mengubah India menjadi negara Hindu eksklusif yang dikelola oleh umat Hindu kasta atas.

Senin, 11/03/2019 11:49 0

Turki

Massa Feminis Teriaki Suara Azan, Erdogan: Mereka Menghina Islam

Ribuan wanita pendukung peminisme berkumpul di Istanbul untuk memprotes kekerasan terhadap perempuan di Turki. Para polisi berjaga-jaga untuk mengamankan demo. 

Senin, 11/03/2019 11:15 0

Close