... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Bawaslu: Ada 5.985 Kasus Pidana Pemilu

Foto: Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Mohammad Afifuddin

KIBLAT.NET, Jakarta – Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Mohammad Afifuddin mengatakan saat ini terjadi tren saling lapor di antara peserta pemilu. Tidak semua laporan dilengkapi keterangan dan syarat-syarat yang memadai, sehingga seolah ada politik saling jatuh menjatuhkan.

“Laporan temuan yang teregistrasi, totalnya ada 6.274 kasus terkait administrasi dan pidana sebanyak 5.985 temuan,” kata Afifuddin dalam diskusi Menjamin Legitimasi Pemilu di Gedung Kominfo, Senin, (11/3/2019).

Dia menambahkan ada sebanyak 601 laporan pelanggaran Pemilu dari masyarakat, yang persentasenya sebesar 10 persen. Selebihnya, kata Afifuddin, merupakan kinerja jajaran Bawaslu hinga tingkat bawah.

Afifuddin menjelaskan ada dua mekanisme dalam memproses pelanggaran Pemilu, yaitu temuan jajaran internal Bawaslu di berbagai wilayah dan jalur pelaporan masyarakat. Laporan dari masyarakat biasanya segera diproses oleh Bawaslu. Laporan-laporan tersebut ada yang bisa dilanjutkan dan ada juga yang tidak, sangat tergantung dengan kelengkapan syarat-syarat.

“Meski syarat-syarat laporannya tidak memadai, tapi berita-beritanya sudah naik di media. Kami ingin memastikan sesuai dengan tupoksi kami, berapa data laporan dan temuan yang kami laporkan,” ujarnya.

Jika sebuah kasus memenuhi syarat, maka Bawaslu akan langsung meminta keterangan pihak terkait. Tercatat ada 12 putusan kasus terkait netralitas ASN, terkait politik uang ada 6 putusan, serta ada 3 putusan terkait keterlibatan pejabat negara.

“Ini gambaran kasus yang sedang ditangani oleh Bawaslu. Menariknya, hari ini kita diprotes condong yang A, besoknya kita diprotes karena dinilai condong ke B, dan seterusnya,” ungkap Afifuddin.

BACA JUGA  Jaksa Tuntut Habib Bahar 6 Tahun Penjara

Reporter : Hafidz Syarif
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Info Event

BSMI-Gamal Albinsaid Teken Kerjasama Konsultasi Gratis di InMed

Ketua Umum DPN BSMI Djazuli Ambari dan Founder InMed dr Gamal Albinsaid menandatangai kerjasama konsultasi kesehatan gratis di Indonesia Medika (InMed)

Senin, 11/03/2019 19:07 0

Suriah

Warga Suriah Gelar Protes, Tolak Patung Assad Dibangun Ulang

Para demonstran berjalan melewati daerah yang porak poranda akibat perang. Mereka menyerukan slogan-slogan penggulingan Assad.

Senin, 11/03/2019 13:06 0

Suara Pembaca

Umat Islam, Khilafah, dan Kegagalan Negara Bangsa

Masihkah dunia Islam membutuhkan konsep negara bangsa yang memecah belah kesatuan dan melemahkan kekuatan politik mereka?

Senin, 11/03/2019 11:50 0

Inggris

Ekstremis Pendukung Modi Serang Demonstran Anti-India di London

Perdana Menteri India Narendra Modi, seorang pemimpin sayap kanan Hindu yang berusaha mengubah India menjadi negara Hindu eksklusif yang dikelola oleh umat Hindu kasta atas.

Senin, 11/03/2019 11:49 0

Turki

Massa Feminis Teriaki Suara Azan, Erdogan: Mereka Menghina Islam

Ribuan wanita pendukung peminisme berkumpul di Istanbul untuk memprotes kekerasan terhadap perempuan di Turki. Para polisi berjaga-jaga untuk mengamankan demo. 

Senin, 11/03/2019 11:15 0

Afghanistan

Hasil Negosiasi AS-Taliban Masih Tertutup Rapat

Negosiasi ini telah berlangsung dua pekan.

Senin, 11/03/2019 11:02 0

Suriah

Akibat Pelayanan Buruk, Lima Balita Meninggal di Kamp Milisi SDF

Beberapa hari yang lalu, kamp Hull menyaksikan demonstrasi kaum perempuan untuk memprotes kondisi kehidupan dan perlakuan buruk di dalam kamp.

Senin, 11/03/2019 10:03 0

Rusia

Protes Pembatasan Internet, Ribuan Warga Rusia Turun ke Jalan

“Jika kita tidak bertindak, kondisi akan semakin buruk. Pemerintah terus mengikuti jalannya dan kita akan melamputi titik tidak bias kembali,” ujarnya.

Senin, 11/03/2019 08:00 0

Video News

Ini yang Buya Hamka Lakukan pada Orang yang Membencinya

KIBLAT.NET, Jakarta – Sekolah Pemikiran Islam (SPI) mengadakan pameran sekaligus seminar “111 Tahun Buya Hamka”...

Senin, 11/03/2019 07:00 0

Video News

Ust. Dr. Adian Husaini: Inilah Pribadi Hebat Menurut Buya Hamka

KIBLAT.NET, Jakarta – Sekolah Pemikiran Islam (SPI) mengadakan pameran sekaligus seminar “111 Tahun Buya Hamka”...

Ahad, 10/03/2019 16:32 0

Close