... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kesepakatan Dagang Disahkan, Australia Bakal Bebas Berinvestasi di Indonesia

Foto: Menteri Perdagangan Australia Simon Birmingham, kiri, dan Menteri Perdagangan Indonesia Enggartiasto Lukita berpose untuk fotografer pada upacara penandatanganan dan forum bisnis di Jakarta, Indonesia, Senin, 4 Maret 2019.

KIBLAT.NET, Jakarta – Indonesia dan Australia menandatangani perjanjian perdagangan bebas pada Senin (04/03/2019). Perjanjian akan memotong banyak tarif, memungkinkan rumah sakit milik Australia berdiri dan meningkatkan visa kerja untuk anak muda Indonesia.

Para menteri perdagangan dari kedua negara menandatangani perjanjian tersebut. Negosiasi pertama kali dimulai pada 2010, di sebuah hotel di Jakarta dengan dihadiri Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla. Negosiasi sempat tertunda di antaranya karena dukungan Australia terhadap Israel terkait Yerusalem.

Perdagangan tahunan antara Australia dan Indonesia bernilai $ 11,6 miliar, dengan ekspor Indonesia ke Australia hanya 1,5 persen dari total ekspornya.

Rincian utama perjanjian diumumkan oleh Australia September lalu setelah para pemimpin kedua negara mengatakan negosiasi telah selesai. Teks perjanjian diharapkan akan dirilis setelah penandatanganan.

Australia mengatakan 99 persen ekspornya ke Indonesia akan bebas tarif atau meningkatkan akses preferensi pada tahun 2020, naik dari 85 persen di bawah perjanjian perdagangan yang ada antara Australia, Selandia Baru dan 10 negara Asia Tenggara. Sementara Indonesia mendapatkan akses bebas tarif yang substansial ke pasar Australia berdasarkan perjanjian itu.

Perjanjian Australia-Indonesia akan memungkinkan perusahaan-perusahaan Australia untuk memiliki hak milik mayoritas atas investasi di berbagai industri di Indonesia. Termasuk perawatan kesehatan, telekomunikasi, energi, pertambangan dan perawatan lansia.

Secara terpisah, Indonesia sedang mempertimbangkan untuk mengizinkan perusahaan asing berinvestasi dalam pendidikan tinggi dan rumah sakit.

BACA JUGA  Romo Syafii: Darurat Sipil Bentuk Ketidakpedulian Pemerintah Terhadap Rakyat

Ekspor sapi hidup Australia akan meningkat berdasarkan perjanjian itu dengan menghapus tarif. Jumlah hewan yang diekspor ke Indonesia juga diizinkan untuk ditingkatkan 4 persen per tahun hingga mencapai 700.000.

Visa liburan kerja Australia untuk anak muda Indonesia akan ditingkatkan menjadi 6.000 per tahun dari 1.000 saat ini selama enam tahun.

Sumber: Miami Herald
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

One comment on “Kesepakatan Dagang Disahkan, Australia Bakal Bebas Berinvestasi di Indonesia”

  1. Rendi Febriandi

    Semoga dengan disahkannya kesepakatan dagang antara Australia dengan Indonesia, dapat meningkatkan kualitas hidup rakyat Indonesia atau terjadi peningkatan dalam hal kesejahteraan rakyat. Harapan saya dengan kesepakatan tersebut, dapat juga menuntaskan masalah pengangguran di Indonesia. Amiin.. Loker

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suara Pembaca

Bantu Yefa, Anak Muallaf Agar Sembuh dan Bisa Sekolah Lagi

Yefa (12) sejak umur 1 tahun sudah mulai mengalami gangguan jantung lemah. Hingga akhirnya ketika...

Senin, 04/03/2019 11:14 0

Amerika

Trump Akui Amerika Gagal di Irak dan Suriah

Trump sesumbar dirinya tidak akan menjadi presiden yang akan duduk di belakang meja. Tetapi akan terlibat langsung dalam mengatur semua kebijakan militer.

Senin, 04/03/2019 11:11 0

Video Kajian

Ngeri, Beginilah Kaum Pengumbar Syahwat yang Diazab!

KIBLAT.NET – Ngeri, Beginilah Kaum Pengumbar Syahwat yang Diazab!  Surat Al-Haqqah menceritakan banyak peristiwa umat...

Ahad, 03/03/2019 17:06 0

Palestina

Hamas Tangkap Pendiri Kelompok Syiah Dukungan Iran di Gaza

Sejumlah barang disita dari kediaman Salam, di antaranya perangkat digital, komputer, ponsel, dan dokumen.

Ahad, 03/03/2019 15:47 0

Pakistan

India-Pakistan Masih Saling Serang, 5 Warga Kashmir Jadi Korban

Kedua belah pihak tetap menembakkan mortir dan artileri satu sama lain meski Pakistan telah membebaskan seorang pilot India yang ditahan.

Ahad, 03/03/2019 11:42 0

Afghanistan

Pentagon Tawarkan Tarik Seluruh Pasukan dalam 5 Tahun

Rencana Pentagon adalah menarik separuh dari 14.000 tentara AS dari Afghanistan dalam hitungan bulan, tetapi sisanya akan menetap selama lima tahun.

Ahad, 03/03/2019 11:23 0

Turki

Bahas Afghanistan, Wakil Rusia dan AS Buat Pertemuan Tertutup di Turki

Perwakilan khusus Rusia dan AS untuk rekonsiliasi Afghanistan bertemu pada Jumat (01/03/2019) di ibu kota Turki, Ankara.

Ahad, 03/03/2019 10:45 0

Manhaj

Penghapusan Kata Kafir dan Potensi Kaburnya Wala’ dan Bara’

Kata kafir adalah istilah syar’i untuk menyebut orang-orang yang yang tidak beriman. Dalam kata kafir, tidak ada maksud diskriminatif terhadap non muslim.

Sabtu, 02/03/2019 17:37 0

Afghanistan

Imarah Afghanistan: Penarikan Seluruh Tentara Asing Adalah Kunci Perdamaian

Shaheen menambahkan pembicaraan antara Taliban dengan pemerintah Kabul merupakan urusan internal bangsa Afghan.

Sabtu, 02/03/2019 14:35 0

Artikel

Memori Kekalahan Soviet di Afghanistan

Tiga puluh tahun berlalu pasca mundurnya beruang merah Rusia dari Afghanistan, nampaknya Kremlin masih ingin sekali lagi mencoba menancapkan pengaruhnya di Afghanistan.

Sabtu, 02/03/2019 13:47 0

Close