... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Felix Siauw: Hasil Munas NU Soal Sebutan Kafir Tidak Akan Diterima Umat

Foto: Ustadz Felix Siauw di acara International Book Fair di JCC Senayan, Jakarta.

KIBLAT.NET, Jakarta – Ustadz Felix Siauw turut menanggapi hasil Musyawarah Nasional PBNU yang merekomendasikan agar istilah kafir tidak digunakan untuk menyebut non-muslim Indonesia. Menurut Felix, rekomendasi hasil Munas PBNU tersebut tidak akan diterima oleh umat.

Ia mengatakan bahwa sebenarnya orang-orang Indonesia sudah paham terkait adab dan etika, sehingga tidak akan memanggil orang lain dengan sebutan kafir secara langsung.

“Mereka tidak pernah memanggil orang dengan kata-kata kafir kok sebenarnya. Kafir adalah terminologi ketika kita mengatakan (menyebut diri) kaum muslim. Ya berarti selain muslim adalah kafir,” kata Felix saat ditemui di area JCC Senayan pada Ahad (03/03/2019).

Lebih lanjut, Felix juga menyoroti dasar pemikiran dari rekomendasi yang dikeluarkan PBNU. Menurut dia, dasarnya adalah meletakkan ayat-ayat konstitusi di atas ayat-ayat agama.

“Sehingga ketika mereka sudah satu warga negara, seolah-olah kata kafir tidak boleh digunakan. Ini sebenarnya yang paling berbahaya menurut saya. Sebenarnya soal peristilahan, itu tidak masalah. Orang muslim tidak akan memanggil saudara mereka dengan cara yang menyakitkan,” ujar Felix.

Terkait klaim yang menyebut bahwa istilah kafir adalah diskriminatif, Felix mengatakan bahwa hal itu tidak pasti. Hal ini karena kata kafir hanyalah istilah.

“Contoh, ada orang baik ada orang buruk. Masa kita akan bilang bahwa buruk tidak boleh dipakai, non-baik saja. Atau misalnya ada orang kaya dan ada orang miskin lalu gak boleh pake kata miskin, non-kaya saja. Kalau begitu tidak perlu ada kata yang mengartikan sebaliknya, semua bisa ditambahkan dengan kata non atau tidak saja. Tetapi kan bahasa Indonesia gak seperti itu,” pungkasnya.

BACA JUGA  Bentrok di Tanah Abang Berdampak pada Layanan Transportasi Umum

Reporter: Qoid
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video Kajian

Ngeri, Beginilah Kaum Pengumbar Syahwat yang Diazab!

KIBLAT.NET – Ngeri, Beginilah Kaum Pengumbar Syahwat yang Diazab!  Surat Al-Haqqah menceritakan banyak peristiwa umat...

Ahad, 03/03/2019 17:06 0

Palestina

Hamas Tangkap Pendiri Kelompok Syiah Dukungan Iran di Gaza

Sejumlah barang disita dari kediaman Salam, di antaranya perangkat digital, komputer, ponsel, dan dokumen.

Ahad, 03/03/2019 15:47 0

Pakistan

India-Pakistan Masih Saling Serang, 5 Warga Kashmir Jadi Korban

Kedua belah pihak tetap menembakkan mortir dan artileri satu sama lain meski Pakistan telah membebaskan seorang pilot India yang ditahan.

Ahad, 03/03/2019 11:42 0

Afghanistan

Pentagon Tawarkan Tarik Seluruh Pasukan dalam 5 Tahun

Rencana Pentagon adalah menarik separuh dari 14.000 tentara AS dari Afghanistan dalam hitungan bulan, tetapi sisanya akan menetap selama lima tahun.

Ahad, 03/03/2019 11:23 0

Turki

Bahas Afghanistan, Wakil Rusia dan AS Buat Pertemuan Tertutup di Turki

Perwakilan khusus Rusia dan AS untuk rekonsiliasi Afghanistan bertemu pada Jumat (01/03/2019) di ibu kota Turki, Ankara.

Ahad, 03/03/2019 10:45 0

Manhaj

Penghapusan Kata Kafir dan Potensi Kaburnya Wala’ dan Bara’

Kata kafir adalah istilah syar’i untuk menyebut orang-orang yang yang tidak beriman. Dalam kata kafir, tidak ada maksud diskriminatif terhadap non muslim.

Sabtu, 02/03/2019 17:37 0

Afghanistan

Imarah Afghanistan: Penarikan Seluruh Tentara Asing Adalah Kunci Perdamaian

Shaheen menambahkan pembicaraan antara Taliban dengan pemerintah Kabul merupakan urusan internal bangsa Afghan.

Sabtu, 02/03/2019 14:35 0

Artikel

Memori Kekalahan Soviet di Afghanistan

Tiga puluh tahun berlalu pasca mundurnya beruang merah Rusia dari Afghanistan, nampaknya Kremlin masih ingin sekali lagi mencoba menancapkan pengaruhnya di Afghanistan.

Sabtu, 02/03/2019 13:47 0

Afghanistan

Sang Istri Berkisah Jalan Jihad Syaikh Abdullah Azzam di Afghanistan

Dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Anadolu Agency, Samira Mohyeddin (71), istri Syaikh Abdullah Azzam (allahu yarham) berbicara mengenai sepenggal kehidupan suaminya ketika berjuang di Afghanistan.

Sabtu, 02/03/2019 12:31 0

Amerika

Diburu AS, Ini Spekulasi Keberadaan Hamzah bin Ladin

Di sisi lain, salah satu saudara Hamzah mengatakan kepada The Guardian tahun lalu bahwa keberadaan saudara tidak diketahui tetapi bisa di Afghanistan.

Sabtu, 02/03/2019 11:19 0

Close