... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Haji Murad Ibrahim Pimpin Pemerintahan Transisi Bangsamoro

Foto: Pemimpin Front Pembebasan Islam Moro Haji Murad Ibrahim (sumber: Aljazeera)

KIBLAT.NET, Manila – Presiden Filipina Rodrigo Duterte, Jumat (22/02) lalu, memimpin upacara sumpah jabatan bagi 80 anggota Pemerintah Transisi Bangsamoro (BTA) yang baru saja ditunjuk. Dalam kesempatan yang sama, Duterte juga mengadakan seremoni itu sebagai konfirmasi pengumuman hasil resmi plebisit UU Organik Bangsamoro atau Bangsamoro Organic Law (BOL).

Di acara seremonial tersebut, Duterte mengumumkan bahwa ia menunjuk pemimpin Moro Islamic Liberation Front atau Front Pembebasan Islam Moro (MILF) Haji Murad Ibrahim sebagai Menteri Ketua yang akan memimpin pemerintahan atau Otoritas Transisi Bangsamoro (BTA) ini.

“Jalan menuju perdamaian memang sangat panjang dan melelahkan, tetapi saya senang karena pada akhirnya kita bisa mencapainya. Harapan saya, mari kita tutup pengalaman pahit di masa lalu supaya kita bisa membangun sebuah daerah baru,” kata Duterte dalam sambutannya.

“Mari kita wujudkan segala mimpi dan aspirasi dari para laki-laki dan perempuan-perempuan yang hebat yang mereka telah datang sebelum kalian dan berperang demi membela hak-hak kalian untuk menentukan masa depan kalian sendiri,” kata Duterte menambahkan.

Undang-Undang Organik yang menjadi legitimasi Daerah Otonomi Bangsamoro di wilayah Muslim Mindanao telah ditandatangani Presiden Duterte pada tanggal 27 Juli tahun lalu, dan dianggap telah diratifikasi ketika suara mayoritas pemilih menyatakan setuju dan memilih “Yes” dalam plebisit atau referendum dua putaran yang digelar tanggal 21 Januari dan 6 Februari tahun ini.

BACA JUGA  Kemenag: Calon ASN Terpapar Radikalisme Pasti Tak Lulus Seleksi

Menurut Undang-Undang bahwa setelah diratifikasi, periode transisi bagi pembentukan Daerah Otonomi Bangsamoro harus dimulai melalui pembentukan Otoritas Transisi Bangsamoro (BTA). Dan, otoritas atau pemerintah transisi ini akan berfungsi sebagai pemerintahan sementara di daerah tersebut selama masa transisi 3 tahun sampai tanggal 30 Juni 2022.

Undang-Undang juga menyatakan bahwa MILF akan memimpin BTA, dan secara eksplisit tidak menyatakan bolehnya partisipasi MNLF (Moro National Liberation Front) masuk dalam keanggotaan.

Pemerintah transisi (BTA) terdiri dari 80 anggota yang ditunjuk oleh presiden. Menurut hukum yang berlaku, pejabat-pejabat terpilih Pemerintah Regional Otonomi Muslim Mindanao secara otomatis menjadi anggota BTA, dan masa tugas lama mereka berakhir hingga 30 Juni 2019.

Selama periode transisi, wewenang eksekutif akan dijalankan oleh Menteri Ketua interim yang juga ditunjuk langsung oleh presiden, sementara wewenang legislatif akan dijalankan oleh BTA. Namun demikian, seluruh kekuasaan dan fungsi dalam struktur Pemerintahan Bangsamoro sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Organik berada di tangan BTA selama periode transisi.

Sumber: Bworldonline
Redaktur: Yasin Muslim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Komisi Penyelidik PBB: Pasukan Zionis Lakukan Kejahatan Terhadap Kemanusiaan

Komisi Penyelidik PBB: Pasukan Zionis Lakukan Kejahatan Terhadap Kemanusiaan

Jum'at, 01/03/2019 15:04 0

Indonesia

Pra Peradilan Kematian Siyono Bangkitkan Ingatan Tentang Uang Rp100 Juta dari Densus 88

"Uang sebesar Rp100 juta itu dianggap sebagai upaya agar kasus kematian almarhum Siyono yang dianggap teroris oleh Densus 88 tidak dipermasalahkan atau sebagai upaya tutup mulut,"

Jum'at, 01/03/2019 13:55 0

Indonesia

Pra Peradilan, Babak Baru Kasus Kematian Siyono

Setelah 3 tahun mandeg kasus kematian Siyono di tangan Densus 88, keluarga yang diwakili oleh tim kuasa hukum Muhammadiyah mengajukan gugatan pra peradilan

Jum'at, 01/03/2019 13:04 0

Indonesia

Amerika Tawarkan Rp14 Miliar untuk Informasi Keberadaan Hamzah bin Laden

Amerika tawarkan hadiah sebesar 1 juta dolar untuk informasi keberadaan Hamzah bin Laden

Jum'at, 01/03/2019 11:08 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Fitnah Kedudukan di Akhir Zaman

Khutbah Jumat: Fitnah Kedudukan di Akhir Zaman

Jum'at, 01/03/2019 05:45 0

Indonesia

Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Solok Selatan, 101 Rumah Rusak

Gempa 5,6 SR Guncang Solok Selatan, 101 Rumah Rusak

Kamis, 28/02/2019 15:52 0

Indonesia

Mantan Hakim MA Dukung Soft Approach dalam Penindakan Terorisme

Mantan Hakim Mahkamah Agung, Prof. Gayus Lumbuun berpendapat bahwa soft approach (pendekatan halus) lebih baik untuk menyikapi tindakan kejahatan.

Kamis, 28/02/2019 15:48 0

Indonesia

Tim Pembela Kemanusiaan Ajukan Praperadilan Kasus Pembunuhan Siyono

"Hampir tiga tahun, dari pelaporan yang sudah dilakukan oleh pihak keluarga, tidak ada perkembangan yang jelas. Kami sudah mengirimkan empat surat ke polres Klaten untuk menanyakan perkembangan perkara, namun tidak ada tanggapan," ujarnya.

Kamis, 28/02/2019 15:20 0

Indonesia

Beda dengan BNPT, Densus 88 Bilang Program Deradikalisasi Tidak Berhasil

Shodiq, yang mendapat tiga kali kenaikan pangkat luar biasa ini mengatakan, puncak dari deradikalisasi adalah untuk mengubah mindset teroris.

Kamis, 28/02/2019 13:33 0

Video News

Tak Hanya Pameran Buku, Ada Apa Saja di Islamic Book Fair 2019?

KIBLAT.NET, Jakarta – Islamic Book Fair (IBF) kembali digelar di Jakarta. Bertempat di Jakarta Convention...

Kamis, 28/02/2019 12:39 0

Close