... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Disebut Indisipliner, Dosen Hayati: Saya Dipecat Karena Bercadar

Foto: Hayati Nur Safitri. (Viva.co.id)

KIBLAT.NET, Padang – Dosen mata kuliah Inggris Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi, Hayati Nur Safitri akhirnya resmi diberhentikan sebagai pengajar. Pemecatan Hayati sebagai dosen berawal ketika dirinya ditegur karena menggunakan cadar saat mengajar.

“Mengenai kronologi pemecatan, pada awalnya kita tahu bersama bahwa saya telah ditegur karena telah menggunakan pakaian bercadar,” kata Hayati kepada Kiblat.net, Rabu (27/02/2019).

Hayati mengungkapkan bahwa dirinya tetap kokoh mempertahankan cadar karena tidak ada alasan jelas dari pimpinan terkait pelarangan itu.

“Tidak jelas apa dalil, kenapa saya harus membuka cadar. Akhirnya saya belum siap untuk membuka cadar, akhirnya saya tetap istiqomah tidak membuka cadar saya,” ujar Hayati.

Setelah mendapatkan teguran, Hayati dipanggil oleh pimpinan IAIN di rapat Dewan Kehormatan Dosen untuk dimintai kejelasan mengenai alasan dirinya memakai cadar. Karena tetap dengan pendiriannya tidak melepas cadar, Hayati pun dinonaktifkan sebagai dosen.

Namun, Hayati merasa ada yang ganjil dari surat tersebut, karena isinya menyatakan bahwa dirinya dinonaktifkan lantaran tidak efektif dalam menunaikan kewajibannya sebagai dosen.

“Alasannya janggal, nonaktif itu karena ditulis saya tidak efektif dalam pengajaran,” ujarnya.

Mengenai hal itu, Hayati sempat bertanya kepada mahasiswanya, apakah cadar yang ia kenakan mengganggu proses berjalannya kegiatan belajar mengajar. “Jawaban para mahasiswa adalah, umumnya para mahasiswa ternyata mendukung (cadar),” tambahnya.

Setelah beberapa bulan dinonaktifkan sebagai dosen bahasa Inggris, akhirnya Hayati resmi diberhentikan pada hari Rabu, 20 Februari 2019. Alasan yang disebutkan adalah pelanggaran disiplin karena sudah 67 hari tidak mengajar.

BACA JUGA  Teroris Penyerang Masjid Selandia Baru Serukan Aksi Supremasi Kulit Putih dari Penjara

“Padahal sebenarnya kasusnya kasus bercadar,” pungkasnya

Reporter: Haikal
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

One comment on “Disebut Indisipliner, Dosen Hayati: Saya Dipecat Karena Bercadar”

  1. Klw gk salah, sy pernh baca bhw ambusmen sdh prnh menegur rektor krn dinilai proses pemecatan dosen ybs menyalahi prosedur, termasuk terkait rangkap jabatan yg dinilai menyalahi AD-ART, knp koreksi dari ambusmen itu tdk ditindaklanjuti? Memangnya keputusan siapa yg lbh tinggi dlm perkara ini? Dan apakah Dimata hukum keputusan ambusmen dapat diabaikan?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Wilayah Lain

Pendiri Anshar Syariah Tunisia Terbunuh di Mali

JNIM, menurut pantauan SITE, juga berduka atas gugurnya Yahya Abu Humam. Abu Humam merupakan komandan jihadis wilayah gurun.

Kamis, 28/02/2019 10:14 0

Qatar

Negosiasi Kelima Imarah Afghanistan-AS Masuki Hari Ketiga

Utusan khusus Departemen Luar Negeri Qatar untuk Urusan Terorisme dan Mediator Perselisihan, Muthlaq bin Majid Al-Qahthani juga ikut dalam negosiasi ini.

Kamis, 28/02/2019 09:26 0

Pakistan

Memanas, Pakistan Balas Tembak Jatuh Dua Jet Tempur India

Reuters melaporkan bahwa dua pilot pesawat yang jatuh di wilayah India seluruhnya tewas. Dikabarkan seorang sipil juga tewas akibat terkena jatuhan pesawat.

Rabu, 27/02/2019 16:42 0

Pakistan

Pakistan Bersiap Balas Pelanggaran Udara India

“Pakistan, mulai dari pemerintah, militer dan rakyat, berdiri di atas satu sikap, membalas serangan India,” tegasnya di hadapan awak media.

Rabu, 27/02/2019 14:15 0

India

Jet Tempur India Jatuh di Kashmir

Pejabat India melaporkan, dua pilot dan seorang warga sipil tewas dalam insiden itu.

Rabu, 27/02/2019 13:47 0

Video Kajian

Tadzkirah: Awas! Sifat Lalai Bisa Menyeretmu ke Api Neraka

KIBLAT.NET- Kata lalai dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti kurang hati-hati atau tidak mengindahkan kewajiban, pekerjaan,...

Rabu, 27/02/2019 13:12 0

Video Kajian

Ust. Tri Asmoro: Masalah Hati Adalah Soal Pilihan

KIBLAT.NET- Segala sesuatu yang menyangkut hati adalah soal pilihan. Karena segala keputusan dibuat di dalam...

Rabu, 27/02/2019 13:07 0

Suriah

Abaikan Kesepakatan, Rezim Suriah Tewaskan 40 Warga Sipil di Idlib 

Pelanggaran rezim sering terjadi; lebih dari 300 orang, termasuk 108 warga sipil telah tewas dalam bentrokan sejak perjanjian tersebut.

Rabu, 27/02/2019 12:13 0

Afghanistan

Taliban Bekali Uang kepada 12 Tahanan yang Dibebaskan

Komisi Yudisial Imarah Islam Afghanistan (Taliban) membebaskan 12 orang tahanan setelah mendapat jaminan dari keluarga mereka.

Rabu, 27/02/2019 10:52 0

Suriah

Pemerintah Darurat di Idlib Tata Administrasi Kepemilikan Kendaraan

Biaya pendaftaran mobil berkisar antara 3.000 (Rp 8.200) dan 35.000 lira (Rp960 ribu). Harga tersebut tergantung pada jumlah penumpang dan ukuran mobil.

Rabu, 27/02/2019 10:28 0

Close