... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Daftar Pemenang Islamic Book Awards 2019

Foto: Piala Penghargaan Islamic Book Award 2019

KIBLAT.NET, Jakarta – Panitia Islamic Book Fair 2019 mengumumkan pemenang Islamic Book Awards. Penghargaan diberikan pada pembukaan Islamic Book Fair 2019 digelar di Jakarta Convention Center Senayan, Rabu pagi (27/02/2019).

Ketua Panitia Pelaksana Islamic Book Fair, Anis Baswedan menjelaskan ada banyak kategori yang dilombakan pada tahun ini. Di antaranya buku Islam kategori fiksi dewasa, buku Islam kategori nonfiksi dewasa, buku Islam kategori fiksi anak, buku Islam kategori nonfiksi anak.

Selain itu, ada juga buku Islam kategori terjemahan terbaik, buku Islam kategori sampul terbaik, buku Islam kategori ilustrasi terbaik, dan kategori lifetime achievement, serta tokoh perbukuan Islam.

Perlombaan ini pun diikuti oleh 66 penerbit dengan 273 buku. Sebelumnya, buku-buku yang dilombakan telah dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari 5 orang, yaitu Dr. Adian Husaini, Dr. Ahmad Luthfi Fathullah, Dr. Nina Mutmainnah, Ahmadun Yosi Herfanda dan Drs. Rudy Farid Sagir.

Islamic Book Awards untuk buku Islam kategori fiksi anak dimenangkan oleh buku berjudul ‘Khalil Sayang Adek , Ibrahim Sayang Kakak’ karya penulis Irfan Amalee. Sedangkan untuk buku islam kategori fiksi dewasa dimenangkan oleh penulis A. Fuadi dengan karyanya yang berjudul ‘Anak Rantau’.

Untuk non-fiksi anak, penghargaan diberikan kepada penulis T. Djamaluddin dengan buku Bertanya Kepada Alam, Aku Jadi Tahu. Sementara itu, penghargaan non fiksi dewasa diraih oleh karya Abdul Wahid Al-Faizin dan Nashir Akbar. Buku mereka berjudul Tafsir Ekonomi Kontemporer; Menggali Teori Ekonomi dari Ayat-Ayat Al-Quran.

BACA JUGA  KontraS Pertanyakan Akuntabilitas Kebijakan Pemerintah Perlambat Akses Internet

Kategori lain yang juga dilombakan adalah kategori buku islam terjemahan terbaik, kategori ini dimenangkan oleh penerbit Gema Insani yang menerjemahkan karya Syaikh Aidh Al-Qarni yaitu Wa Akhiran Iktasyaftu As-Saadah (Akhirnya Kutemukan Kebahagiaan).

Panitia Islamic Book Fair juga membuat penghargaan kategori Lifetime Achievement. Anis Baswedan menjelaskan kategori ini diberikan sebagai bentuk penghargaan kepada mereka yang sudah berkontribusi besar dalam memajukan dan mencerdaskan masyarakat melalui buku.

Penghargaan ini diberikan kepada almarhum Drs. Moh. Rifa’i, penulis buku Risalah Tuntunan Shalat lengkap yang diproduksi oleh PT. Karya Toha Putra Semarang. Buku ini telah dicetak berulang kali sejak pertama kali diterbitkan sekitar 40 tahun lalu.

Terakhir, penghargaan Tokoh Perbukuan Islam 2019. Penghargaan spesial ini diberikan kepada Penulis Novel Ayat-Ayat Cinta, Habiburrahman El-Shirazy. Dalam sambutannya, Habiburrahman mengatakan bahwa penghargaan tersebut akan menjadi pendorong baginya untuk terus berkarya.

“Bagi saya ini adalah amanah, semoga saya bisa menunaikan amanah ini. Kalau kita ingin menghidupkan peradaban suatu bangsa, kita hidupkan buku-bukunya. Ketika ada satu karya baru dari seorang penulis, maka satu tunas peradaban baru terlahir,” kata Habiburrahman.

Reporter: Qoid
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Pakistan

Memanas, Pakistan Balas Tembak Jatuh Dua Jet Tempur India

Reuters melaporkan bahwa dua pilot pesawat yang jatuh di wilayah India seluruhnya tewas. Dikabarkan seorang sipil juga tewas akibat terkena jatuhan pesawat.

Rabu, 27/02/2019 16:42 0

Pakistan

Pakistan Bersiap Balas Pelanggaran Udara India

“Pakistan, mulai dari pemerintah, militer dan rakyat, berdiri di atas satu sikap, membalas serangan India,” tegasnya di hadapan awak media.

Rabu, 27/02/2019 14:15 0

India

Jet Tempur India Jatuh di Kashmir

Pejabat India melaporkan, dua pilot dan seorang warga sipil tewas dalam insiden itu.

Rabu, 27/02/2019 13:47 0

Video Kajian

Tadzkirah: Awas! Sifat Lalai Bisa Menyeretmu ke Api Neraka

KIBLAT.NET- Kata lalai dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti kurang hati-hati atau tidak mengindahkan kewajiban, pekerjaan,...

Rabu, 27/02/2019 13:12 0

Video Kajian

Ust. Tri Asmoro: Masalah Hati Adalah Soal Pilihan

KIBLAT.NET- Segala sesuatu yang menyangkut hati adalah soal pilihan. Karena segala keputusan dibuat di dalam...

Rabu, 27/02/2019 13:07 0

Suriah

Abaikan Kesepakatan, Rezim Suriah Tewaskan 40 Warga Sipil di Idlib 

Pelanggaran rezim sering terjadi; lebih dari 300 orang, termasuk 108 warga sipil telah tewas dalam bentrokan sejak perjanjian tersebut.

Rabu, 27/02/2019 12:13 0

Afghanistan

Taliban Bekali Uang kepada 12 Tahanan yang Dibebaskan

Komisi Yudisial Imarah Islam Afghanistan (Taliban) membebaskan 12 orang tahanan setelah mendapat jaminan dari keluarga mereka.

Rabu, 27/02/2019 10:52 0

Suriah

Pemerintah Darurat di Idlib Tata Administrasi Kepemilikan Kendaraan

Biaya pendaftaran mobil berkisar antara 3.000 (Rp 8.200) dan 35.000 lira (Rp960 ribu). Harga tersebut tergantung pada jumlah penumpang dan ukuran mobil.

Rabu, 27/02/2019 10:28 0

Afghanistan

Lagi, Belasan Tentara Afghanistan Jadi Korban Serangan Udara Salah Sasaran

Muhammad Arif Rahmani, anggota parlemen Afghanistan dari Ghazni, mengatakan bahwa pesawat tersebut merupakan drone milik pasukan asing. Ia menggambarkan, kejadian ini sebagai bencana yang menyakitkan.

Rabu, 27/02/2019 09:35 0

India

India Klaim Tewaskan Banyak Gerilyawan dalam Serangan Udara ke Wilayah Pakistan

"Pada Selasa dini hari, India menggempur kamp pelatihan terbesar Jaish-e-Muhammad di Balakot," kata Wakil Menteri Luar Negeri India, Vijay Gokhali, dalam konferensi pers, Selasa.

Rabu, 27/02/2019 08:39 0

Close