... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Terkait Kekerasan dan Intimidasi Jurnalis, Begini Klarifikasi Ketua Panitia Munajat 212

Foto: Malam Munajat 212 di Monas, Kamis (21/02/2019). (Foto: jawapos)

KIBLAT.NET, Jakarta- Ketua Panitia Munajat 212, Habib Idrus al-Habsyi mengklarifikasi terkait dugaan kekerasan dan Intimidasi terhadap jurnalis yang diberitakan oleh beberapa media. Ia mengungkapkan, bahwa selama acara munajat 212, tidak ada dari personil panitia yang melaporkan kepada Ketua Panitia tentang adanya peristiwa tersebut.

“Artinya peristiwa yang digembar gemborkan tersebut bukan peristiwa yang menempati sekuel penting dari keseluruhan rangkaian acara dan bukan bagian dari format atau SOP acara munajat 212,” ungkap Idrus dikutip melalui rilis di FPI-online.com, Sabtu (23/02/2019).

Ia menjelaskan, dalam S.O.P panitia maupun Laskar Pembela Islam yang merupakan tim pengamanan yang ditunjuk oleh panitia, tidak ada perintah atau anjuran untuk bersikap tegas apalagi kasar terhadap rekan jurnalis. Ia mengklaim pihak panitia telah melakukan Investigasi, dan didapatkan bahwa peristiwa tersebut adalah bermula dari adanya seorang pencopet yang mencoba melakukan aksinya terhadap peserta munajat 212.

“Oleh karenanya tim pengamanan yang terdiri dari Laskar Pembela Islam, bertindak untuk mengamankan si pencopet dan si pencopet membuat kegaduhan sebagai pengalih perhatian massa. Sehingga dengan adanya kegaduhan tersebut, sebagian massa akhirnya menjadi beralih fokus terhadap titik peristiwa termasuk rekan jurnalis. Di tengah keramaian massa inilah sebagian jurnalis mungkin saja bersinggungan dengan keributan massa yang hadir di titik terjadinya peristiwa,” jelas Idrus.

Ditengah emosi massa terhadap si pencopet, sambung Idrus, maka tentu saja suasana massa dalam keadaan emosional yang sangat mungkin siapapun akan secara tidak sengaja mengalami benturan dan bentakan dari sebagian massa yang emosi.

BACA JUGA  Pakar: Crosshijaber Bisa Berubah Orientasi Seksualnya

Idrus menuding adanya labelling dan framing oleh gerakan anti Islam terhadap kegiatan munajat dan FPI sebagai suatu peristiwa yang negatif. Ia menyebut, labelling dan framing yang dilakukan terhadap kegiatan doa dan munajat merupakan kejahatan terhadap akal sehat dan intelektualisme.

Adapun untuk proses hukum dan pidana, ia berharap agar proses hukum dilakukan secara adil dan tidak digunakan untuk sekedar menggoreng isu.

“Urusan proses hukum pidana yang akan dijadikan pintu masuk menggoreng isu tersebut harus dijalankan sebagai proses hukum yang adil, dan bukan upaya untuk menzhalimi panitia atau personil panitia,” pungkasnya.

Sebelumnya, beredar kabar bahwa sejumlah jurnalis menjadi sasaran intimidasi dan kekerasan dalam Malam Munajat 212 di Monas, Kamis (21/02/2019). Selain itu, diduga foto dan rekaman video  mereka dihapus secara paksa oleh sejumlah oknum yang diduga panitia.

Reporter: Fanny Alif
Editor: Rusydan

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video Kajian

Khutbah Jumat: Menyingkap Kebingungan Arah Pendidikan – Ust. Dr. M. Faqihuddin, M.M.

KIBLAT.NET- Manusia diciptakan dari saripati tanah. Diciptakan dengan kelemahan, agar manusia memahami kelemahannya dan hanya...

Sabtu, 23/02/2019 12:14 0

Afrika

Prancis Klaim Lumpuhkan Komandan Tinggi JNIM Yahya Abu Hamam

Helikopter dan drone jenis (Riber) segera dikerahkan untuk melacak dan memblokir jalan

Sabtu, 23/02/2019 08:46 0

India

Militer Pakistan Lakukan Persiapan untuk Antisipasi Perang dengan India

Pakistan mulai melakukan persiapan perang di perbatasan di tengah kekhawatiran pembalasan dari India setelah serangan bom di Pulwama.

Jum'at, 22/02/2019 13:32 0

Video Kajian

Ust. Abu Rusydan: Ini Ajaran Mujahid tentang Syahwat Kekuasaan

KIBLAT.NET – Pengajian ini masih bertema “Jihad dan Kekuasaan”. Anda yang belum mengikuti dapat beralih ke...

Jum'at, 22/02/2019 11:38 0

Palestina

Ratusan Warga Palestina Gelar Aksi Protes Penutupan Salah Satu Pintu ke Al-Aqsha

Seruan itu mengajak seluruh warga Palestina menuju ke Masjidil Aqsha dan menggelar ibadah di depan pintu tersebut.

Jum'at, 22/02/2019 10:35 0

Amerika

AS Putuskan Tak Tarik Seluruh Pasukan dari Suriah

"Satu kelompok penjaga perdamaian kecil yang terdiri dari sekitar 200 akan tetap di Suriah untuk sementara waktu," kata juru bicara Gedung Putih, Sarah Sanders, dalam sebuah pernyataan singkat pada Kamis (21/02).

Jum'at, 22/02/2019 09:24 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Tiga Wasiat Al-Quran Ketika Kaum Muslimin Lemah

Khutbah Jumat: Tiga Wasiat Al-Quran Ketika Kaum Muslimin Lemah

Jum'at, 22/02/2019 08:45 0

Asia

Waspada Serangan Militer India, Warga Kashmir-Pakistan Perbaiki Bunker

"Hanya Allah yang melindungi kami dari gempuran. Tetapi jika perang terjadi lagi, kami dapat berlindung di bunker. Kami tidak takut, kami sudah biasa menghadapi bom India di masa lalu," katanya kepada AFP.

Jum'at, 22/02/2019 08:33 0

Suriah

Pemerintah Darurat Idlib Rekonstruksi Jaringan Listrik

“Tim tengah berupaya memperbaiki jaringan listrik tegangan tinggi,” kata LUPL.

Jum'at, 22/02/2019 07:30 0

Afghanistan

Jenderal AS Sebut ISIS Ancaman Besar di Afghanistan, Taliban Anggap Propaganda

Melebih-lebihkan ancaman para kriminal ISIS dan memanfaatkan isu tersebut untuk propaganda media dengan tujuan memperpanjang invasi AS di Afghanistan memang merupakan tugas para jenderal Amerika.

Kamis, 21/02/2019 16:21 0

Close