Ratusan Warga Palestina Gelar Aksi Protes Penutupan Salah Satu Pintu ke Al-Aqsha

KIBLAT.NET, Al-Quds – Ratusan warga Palestina, Kamis malam (21/02), menggelar Shalat Isya berjamaah di seberang pintu Ar-Rahmah, salah satu pintu masuk Masjidil Aqsha. Aksi itu sebagai protes atas penutupan pintu tersebut oleh polisi Israel.

Koresponden kantor berita Turki, Anadolu Agency, melaporkan bahwa ratusan warga Palestina berbondong-bondong mengikuti Shalat Isya meski polisi Israel menjaga ketat seluruh pintu masuk ke kompleks Masjidil Aqsha.

Banyaknya warga yang ikut aksi Shalat Isya berjamaah ini bersamaan dengan seruan aksi untuk menekan pihak berwenang Israel membuka pintu Ar-Rahmah. Seruan itu mengajak seluruh warga Palestina menuju ke Masjidil Aqsha dan menggelar ibadah di depan pintu tersebut.

Polisi Israel memasang rantai di pintu Ar-Rahmah pada Ahad lalu sehingga menyebabkan protes luas warga Palestina. Warga Palestina berkumpul di depan pintu Ar-Rahmah dan menggelar serangkaian ibadah sebagai bentuk protes.

Pada lebih dari satu kesempatan, bentrokan terjadi antara polisi Israel dan para jamaah.

Polisi Israel mulai sering menutup pintu Ar-Rahmah pada tahun 2003 dengan dalih ada lembaga ilegal yang di dalamnya. Sejak saat itu, setiap tahun Israel menutup pintu tersebut.

Departemen Wakaf Islam, yang berafiliasi dengan Kementerian Awqaf Yordania, menuntut agar pintu dibuka kembali untuk jamaah tanpa syarat.

Sumber: AA
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat