... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kemhan: TNI adalah Bagian Integral dari Rakyat

Foto: Tentara Nasional Indonesia (TNI)

KIBLAT.NET, Jakarta – Kementerian Pertahanan menyelenggarakan Simposium sejarah TNI bertema “Kembali ke Jati Diri TNI”. Simposium ini dalam rangka berbagi pandangan, pengalaman dan diskusi antara para Sesepuh TNI dengan jajaran Kementerian Pertahanan dan TNI.

Menurut Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pertahanan Brigjen TNI Totok Sugiharto, dari awal beridiri TNI adalah bagian integral dari rakyat Indonesia.

“Sejarah terbentuknya TNI sangat berbeda dengan sejarah tentara di negara-negara lain, karena TNI lahir bersamaan dengan Iahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sehingga dari awal berdirinya TNI sudah jelas bahwa TNI adalah bagian integral dari rakyat dan kekuatan TNI adalah seluruh rakyat Indonesia tanpa melihat apapun latar belakangnya,” ujarnya di Gedung Kemhan, Jakarta Pusat, Kamis (21/02/2019).

Totok menjelaskan, Simposium ini diadaka untuk menyikapi kondisi saat ini baik di internal maupun eksternal TNI yang mengalami berbagai dinamika permasalahan. Diharapkan, lanjut Totok, berbagai pernyataan dari pendiri dan pandangan dari para Sesepuh TNI terkait dengan konsep “Kembali Ke Jati Diri TNI” dapat dijadikan sebagai bahan pemikiran kritis kepada generasi penerus TNI.

“Tentu untuk direnungkan dan dikaji secara holistik dan kompehensif. Dan supaya TNI tetap menjadi alat negara yang memegang teguh jati dirinya dan memiliki tugas pokok sebagai penjaga kedaulatan, keutuhan dan keselamatan bangsa dan negara Indonesia,” tuturnya.

Simposium dibuka secara langsung oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu Kamis (21/2) di Gedung A.H Nasution Kemhan, Jakarta. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Panglima TNI, Kepala Staf Angkatan, beberapa Perwaklian Pati TNI dan para pejabat dilingkungan Kemhan.

BACA JUGA  Soal Radikalisme, Ketua MIUMI Aceh: Menag Harus Jelaskan Maknanya

Sementara itu para Sesepuh TNI yang hadir menyampaikan Keynote Speech antara lain , Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno, Jenderal TNI (Purn) Widjoyo Soejono Letjen TNI (Purn) Sayidiman Suryoprojo, Letjen TNI (Purn) Toni Hartono dan Ketua Umum DPP LVRI Letjen TNI (Purn) Rais Abin.

Hadir juga dalam Simposium ini Ketua Umum PEPABRI Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar Ketua Umum PPAD Letjen TNI Kiki Syahnakri Ketua Umum PPAL Laksamana TNI (Purn) Ade Supandi dan Ketua Umum PPAU Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto yang dalam kesempatan tersebut menyampaikan pandangannya terkait tema simposium.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Izhar Zulfikar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Turki

Turki Memilih antara Rudal Patriot AS dan S-400 Rusia

Turki mengatakan perlu pertahanan alternatif untuk menghadapi ancaman regional. Turki akan menasionalisasi sistem Rusia dengan mendesain ulang perangkat lunaknya.

Kamis, 21/02/2019 13:31 0

Timur Tengah

Aksi Damai Peringatan 8 Tahun Arab Spring di Maroko Ditanggapi Represif

Demonstrasi diadakan pada hari Rabu 20 Februari, menandai delapan tahun kelahiran gerakan protes Musim Semi Arab Maroko yang membangkitkan semangat perjuangan di kerajaan Afrika Utara ini.

Kamis, 21/02/2019 12:40 0

Opini

LGBT, antara Ambisi Barat dan Resistensi Umat Islam

Pernyataan PBB diwujudkan dalam langkah nyata penggelontoran dana sebesar USD 180 juta agar LGBT memiliki akses hukum, memobilisasi masyarakat untuk menerima keberadaannya, dan mendorong kebijakan publik untuk menjamin hak mereka, termasuk pernikahan sejenis.

Kamis, 21/02/2019 12:12 0

Amerika

Mantan Direktur FBI Sebut Kemungkinan Trump Agen Rusia

McCabe juga menyebut Trump telah merusak lembaga hukum AS untuk kepentingan politiknya.

Kamis, 21/02/2019 11:40 0

Amerika

Amerika Serikat Tolak Anggota ISIS yang Ingin Pulang

Pemulangan warga negara asing yang bergabung dengan kelompok militan telah menimbulkan banyak pertanyaan dan kekhawatiran.

Kamis, 21/02/2019 11:11 0

Asia

HRW: 36 Muslim India Tewas Akibat Kasus Kekerasan Penyembelihan Sapi

Para korban itu terdata dalam tiga tahun terakhir

Kamis, 21/02/2019 08:55 2

Suriah

Save the Children: 2.500 Anak dari 30 Negara Berada di Kamp Milisi Kurdi Suriah

Mereka adalah anak-anak anggota ISIS yang hijrah dari berbagai negara. Sebanyak 38 dari mereka tak memiliki keluarga satu pun.

Kamis, 21/02/2019 08:22 0

Asia

Berkunjung ke New Delhi, MBS Janji Bebaskan Ratusan Tahanan Warga India

"Atas permintaan Perdana Menteri Narendra Moody, Yang Mulia Putra Mahkota memerintahkan pembebasan 850 orang India dari penjara Saudi," kata peryataan Kemenlu melalui Twitter, seperti dilansir Reuters.

Kamis, 21/02/2019 07:16 0

Inggris

Inggris Cabut Kewarganegaraan Seorang Remaja yang Gabung ISIS

Seroang remaja putri berusia 19 asal Inggris ditemukan di kamp pengungsian setelah bergabung dengan ISIS sejak umur 15 tahun

Rabu, 20/02/2019 19:38 0

Kolom

Unta Ibnu Umar dan Konsesi Lahan Bisnis Para Capres

Berharap Jokowi atau Prabowo simsalabim berubah menjadi Umar bin Khattab, tentu akan ditertawakan oleh timses dan orang dekat yang paling tahu siapa sebenarnya mereka.

Rabu, 20/02/2019 16:51 0

Close