Tentara Jerman Baku Tembak dengan Tentara Mali, Satu Kritis

KIBLAT.NET, Gao – Seorang prajurit Mali kritis setelah terlibat baku tembak dengan tentara Jerman yang ditempatkan di Mali di bawah mandat PBB pada Sabtu lalu, kata pernyataan resmi militer Jerman seperti dilansir AFP, Senin (18/02).

Pernyataan militer Jerman mengatakan insiden itu terjadi pada Sabtu malam ketika tentara Jerman kembali dari misi mengatur mekanisme penarikan tentara ke daerah sekitar 50 kilometer dari pangkalan mereka di Gao, barat Mali.

Juru bicara komando militer Jerman di Potsdam kepada AFP menjelaskan bahwa baku tembak itu terjadi di saat konvoi tentara Jerman diserang pada malam hari, dalam suasana misterius. kPara prajurit membalas tembakan dan berhasil kembali ke markas dengan selamat.

Pernyataan tentara Jerman menambahkan, belakangan diketahui ahwa baku tembak tersebut terjadi antara tentara Mali dan pasukan Jerman. Tentara Jerman pun mengevakuasi tentara lokal tersebut ke rumah sakit darurat Prancis. Sampai saat ini, kondisinya masih kritis.

Sekitar 1.000 tentara Jerman berada di Mali sebagai bagian dari misi PBB untuk menstabilkan Negara itu.

Sebanyak 15.000 penjaga perdamaian PBB dikerahkan ke Mali sebagai bagian dari misi PBB setelah kelompok-kelompok Islam menguasai Mali utara pada 2012.

Pemerintah Bamako dan kelompok-kelompok bersenjata menandatangani perjanjian damai pada 2015 yang bertujuan memulihkan stabilitas Mali, menyusul pengambilalihan singkat wilayah utara dari Islamis.

Misi PBB di Mali (MONUC) adalah operasi pemeliharaan perdamaian PBB yang paling mahal. Dalam lima tahun, sekitar 180 anggota tewas, termasuk sekitar 100 di antaranya disebabkan perselisihan internal.

Sumber: AFP
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat