... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Jokowi Klaim Telah Atasi Kebakaran Hutan, Greenpeace: Terjadi Setiap Tahun

KIBLAT.NET, Jakarta – Dalam debat capres kedua yang mengangkat tema infrastruktur, energi, pangan, sumberdaya, dan lingkungan hidup, Prabowo Subianto menyinggung penggabungan Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, yang dinilainya sering menimbulkan masalah. Joko Widodo membantah hal itu dengan mengklaim telah bisa mengatasi kebakaran hutan.

Prabowo mempertanyakan penggabungan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup yang dilakukan pada masa pemerintahan Jokowi. Prabowo pun menyatakan akan kembali memisahkan keduanya jika terpilih. “Kok kementerian kehutanan dijadikan satu dengan Kementrian Lingkungan Hidup?” kata Prabowo dalam debat capres putaran kedua di Hotel Sultan Jakarta, Ahad (17/02/2019).

“Jadi ini akan segera kita pisahkan sehingga KLH akan benar-benar menegakkan lingkungan hidup, tidak jadi satu. Ini sering menjadi masalah,” ujar Prabowo.

Saat diberikan memberikan tanggapan, Jokowi membantah pernyataan Prabowo dengan mengklaim dalam tiga tahun terakhir pemerintahannya telah mengatasi kebakaran hutan. “Kenapa dalam tiga tahun ini kita bisa mengatasi kebakaran hutan, kebakaran lahan gambut, salah satunya adalah penegakkan hukum yang tegas terhadap siapapun,” kata Jokowi.

Jokowi melanjutkan sudah ada 11 perusahaan yang diberikan sanksi terkait kasus pembakaran hutan. Total sanksi yang dikenakan kepada perusahaan yang melanggar itu sebesar Rp18,3 triliun.

“Kenapa sekarang semua takut dengan urusan yang namanya kebakaran hutan, illegal loging, karena kita tegas, penegakkan hukum kita tegas terhadap pelanggar-pelanggar perusak lingkungan,” imbuh Jokowi.

BACA JUGA  Jokowi Kritisi Kebijakan Impor Pacul

Setiap Tahun Terjadi Kebakaran

Pernyataan Jokowi tersebut dibantah organisasi lingkungan hidup Greenpeace Indonesia. “Pak @jokowi tadi mengeluarkan statement bahwa tidak terjadi kebakaran hutan selama 3 tahun terakhir. Faktanya?” tulis akun Twitter resmi Greenpeace Indonesia @GreenpeaceID.

“Sejak tragedi kebakaran hutan terbesar 2015, kebakaran hutan dan lahan terus terjadi setiap tahun hingga sekarang,” imbuh @GreenpeaceID

Kebakaran hutan nyatanya terus terjadi setiap tahun. Dikutip Katadata, tercatat pada tahun 2015 terjadi kebakaran hutan dan lahan besar-besaran yang luasnya mencapai 2,6 juta hektare. Meski berkurang, kebakaran hutan dan lahan terus terjadi dari tahun ke tahun, dengan rincian luasan berturut-turut 438 ribu hektare pada 2016, 165 ribu hektare pada 2017, dan 195 ribu hektare pada 2018.

Reporter: Fanny Alif
Editor: Imam S.

 

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Pecahan Roket Buatan Mesir Ditemukan dalam Serangan Assad di Idlib

Rezim Bashar Assad telah menewaskan 18 warga sipil dalam serangan di Idlib, wilayah Suriah barat laut.

Ahad, 17/02/2019 13:12 0

Malaysia

Inspiratif, Masjid di Malaysia Rilis Mesin ATM Beras untuk Kaum Dhuafa

Dalam sebuah postingan Youtube, Jumat (15/02/2019), Jabatan Agama Islam Wilayah Persekutuan (JAWI) mengatakan bahwa "ATM beras" adalah yang pertama di Malaysia.

Ahad, 17/02/2019 12:09 0

Afghanistan

Daftar Capres Afghanistan Diisi Wajah-wajah Lama, Taliban Sebut Pion Amerika

"Mereka semua, dari nama pertama hingga nama terakhir adalah para pion yang terkait dengan lingkaran atau jaringan masa lalu yang sudah teruji loyalitas mereka kepada Amerika"

Ahad, 17/02/2019 11:25 0

Asia

Kelompok Hindu Bergerak, Tebar Ancaman ke Pelajar Kashmir di India

"Setelah serangan bunuh diri, dua siswa Kashmir dipukuli dengan kejam oleh massa di daerah Sudhowala. Kami bahkan belum berani keluar dari kamar kami sejak serangan itu," kata pria berusia 24 tahun itu.

Ahad, 17/02/2019 10:52 0

Profil

Ibnul Mubarok, Menghabiskan Umur di Medan Ilmu dan Jihad

Tokoh kita kali ini adalah salah seorang ulama tabiut tabi'in yang menghabiskan hidupnya dari satu bumi ribath ke bumi ribath lainnya, dari satu kancah jihad ke kancah jihad lainnya.

Sabtu, 16/02/2019 20:47 0

News

DPR Sempat Berwacana Densus 88 Dibubarkan

DPR sempat mempunyai wacana agar Densus 88 dibubarkan

Sabtu, 16/02/2019 11:28 0

Video News

Komisi VIII: RUU P-KS Belum Dibahas, Masih Bisa Diubah

KIBLAT.NET- Inilah jawaban, Anggota Komisi VIII DPR-RI, Rahayu Saraswati tentang RUU P-KS saat tim Kiblat...

Sabtu, 16/02/2019 09:28 0

Amerika

Jenderal AS: Terlalu Dini Mengumumkan Menang Atas ISIS

"Tujuannya adalah untuk mengurangi ancaman di wilayah itu," katanya.

Sabtu, 16/02/2019 08:28 0

Video News

Pakar Hukum: Istilah “Kejahatan Seksual” Lebih Tepat untuk RUU P-KS

KIBLAT.NET, Jakarta – Rancangan Undang-undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU P-KS) menjadi sorotan banyak pihak karena...

Jum'at, 15/02/2019 19:00 0

Eropa

Pakar Jerman Peringatkan Bahaya Smartphone bagi Anak

"Anak-anak berumur sembilan tahun sudah melihat gambar-gambar dan membagikan video porno dari rekan-rekan mereka," kata Julia von Weiler.

Jum'at, 15/02/2019 16:12 0

Close