... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Adian Husaini: Buya Hamka Menjadi Inspirator di Era Revolusi Industri 4.0

Foto: Dr. Adian Husaini berbicara dalam seminar 111 Tahun Buya Hamka yang diselenggarakan di Universitas Al Azhar Indonesia, Jakarta Selatan, Sabtu (16-02-2019)

KIBLAT.NET, Jakarta – Revolusi Industri 4.0 merupakan konsep penggabungan teknologi digital dan internet dengan industri konvensional untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi dan layanan konsumen secara signifikan. Untuk menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0, seseorang harus memiliki beberapa kemampuan khusus.

Ketua Program Doktor PAI Universitas Ibnu Khaldun Dr. Adian Husaini, M.Si menjelaskan salah satu contoh tokoh Indonesia yang dapat menjadi inspirasi di era industri 4.0 adalah Buya Hamka. Hal itu dikarenakan, kemampuan yang dimilikinya sangat cocok untuk diterapkan saat ini.

“Salah satu keunggulan yang direkomendasikan di era disrupsi atau era industri 4.0 adalah critical thinking, creativity, communication dan collaboration. Keempat hal ini ada pada sosok Buya Hamka,” kata Adian Husaini usai menjadi pembicara dalam seminar 111 Tahun Buya Hamka yang diselenggarakan di Universitas Al Azhar Indonesia, Jakarta Selatan, Sabtu (16/02/2019).

Adian menuturkan, Buya Hamka memiliki pemikiran yang sangat kritis dan komunikasi yang hebat. Selain itu Buya Hamka memiliki ceramah-ceramah menyejukkan dan tulisan yang luar biasa.

“Buya Hamka juga bisa merangkul banyak elemen. Beliau tokoh Muhammadiyah, tapi beliau adalah tokoh yang bisa diterima di kalangan Nahdlatul Ulama (NU). Jadi bersahabat dengan banyak ulama di berbagai kalangan,” ujar Adian.

Menurut Adian, keunikan yang dimiliki Buya Hamka adalah karyanya yang mencapai ratusan. “Ini yang menurutnya jarang dimiliki orang lain, sekalipun ulama,” sambungnya.

BACA JUGA  Update Corona: 1.414 Kasus, 75 Sembuh, 122 Meninggal

“Biasanya ulama hebat, misalnya, tapi nggak punya karya atau karyanya sangat sedikit. Nah itu kelebihan Buya Hamka, jadi kita bisa membaca terus karya-karya beliau, itu yang harus menjadi inspirasi di era sekarang ini,” ungkapnya

Adian mengimbau agar para pemuda membaca seluruh buku yang telah ditulis oleh Buya Hamka. Karena di dalamnya banyak hal yang menjadi bahan inspirasi.

“Baca semua buku Hamka, itu insyaAllah sudah jadi orang baik. Bukan cuman akhlak, bayangkan beliau menulis tentang sejarah, tentang peradaban, tentang tafsir, beliau menulis tentang berbagai hal masalah fiqih. Jadi hampir semua masalah beliau menulis,” pungkasnya.

Reporter: Fanny Alif
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video Kajian

Zikir: Kehidupan Bagai Roda

KIBLAT.NET- Kehidupan bagaikan putaran roda, kadang kita berada di bawah dan kadang berada diatas. Bagaimana...

Senin, 18/02/2019 10:04 0

Pakistan

Pakistan Dikabarkan Ajak Taliban Bertemu Muhammad bin Salman

Pemerintah Islamabad menegaskan kepada Taliban pentingnya pertemuan itu. Pakistan juga meminta Taliban mempertimbangkan peran Saudi di masa depan.

Senin, 18/02/2019 09:51 0

Rusia

Rusia: Tak Ada Gencatan Senjata dengan Kelompok Seperti “Jabhah Nusrah”

“Tidak aka nada gencatan senjata antara rezim Suriah dan kelompok-kelompok teroris,” kata Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Verchinen, dalam Konferensi Keamanan Internasional di Munich pada Ahad.

Senin, 18/02/2019 08:16 0

Palestina

Lagi, Israel Tahan Dana Pajak Milik Palestina

Israel mengatakan, dana itu ditahan karena Palestina terus menyantuni tahanan di negaranya

Senin, 18/02/2019 07:42 0

Suriah

Pecahan Roket Buatan Mesir Ditemukan dalam Serangan Assad di Idlib

Rezim Bashar Assad telah menewaskan 18 warga sipil dalam serangan di Idlib, wilayah Suriah barat laut.

Ahad, 17/02/2019 13:12 0

Malaysia

Inspiratif, Masjid di Malaysia Rilis Mesin ATM Beras untuk Kaum Dhuafa

Dalam sebuah postingan Youtube, Jumat (15/02/2019), Jabatan Agama Islam Wilayah Persekutuan (JAWI) mengatakan bahwa "ATM beras" adalah yang pertama di Malaysia.

Ahad, 17/02/2019 12:09 0

Afghanistan

Daftar Capres Afghanistan Diisi Wajah-wajah Lama, Taliban Sebut Pion Amerika

"Mereka semua, dari nama pertama hingga nama terakhir adalah para pion yang terkait dengan lingkaran atau jaringan masa lalu yang sudah teruji loyalitas mereka kepada Amerika"

Ahad, 17/02/2019 11:25 0

Asia

Kelompok Hindu Bergerak, Tebar Ancaman ke Pelajar Kashmir di India

"Setelah serangan bunuh diri, dua siswa Kashmir dipukuli dengan kejam oleh massa di daerah Sudhowala. Kami bahkan belum berani keluar dari kamar kami sejak serangan itu," kata pria berusia 24 tahun itu.

Ahad, 17/02/2019 10:52 0

Profil

Ibnul Mubarok, Menghabiskan Umur di Medan Ilmu dan Jihad

Tokoh kita kali ini adalah salah seorang ulama tabiut tabi'in yang menghabiskan hidupnya dari satu bumi ribath ke bumi ribath lainnya, dari satu kancah jihad ke kancah jihad lainnya.

Sabtu, 16/02/2019 20:47 0

News

DPR Sempat Berwacana Densus 88 Dibubarkan

DPR sempat mempunyai wacana agar Densus 88 dibubarkan

Sabtu, 16/02/2019 11:28 0

Close