... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Tak Hanya Menghafal, UBN Ingatkan Pentingnya Mentadabburi Al Quran

Foto: Ustadz Bachtiar Nasir dalam tabligh akbar wisuda huffadz santri Pondok Pesantren Islam Al Mukmin, Ngruki, Sukoharjo, Ahad (17/02/2019)

KIBLAT.NET, Solo – Saat memberikan tausiyah dalam wisuda santri penghafal Al Quran, Ustadz Bachtiar Nasir menyebut para huffadz mendapatkan keistimewaan dari Allah sebagai penjaga Al Quran. Dia berpesan untuk senantiasa mentadabburi Al Quran, yaitu memahami dan menghayati kandungannya dengan benar sehingga mendapatkan hidayah.

“Apa tujuan utama Al Quran diturunkan? Tujuan utamanya adalah yang paling terpenting, dijadikannya sebagai petunjuk atau hidayah,” ungkap Ustadz Bachtiar Nasir dalam tabligh akbar bertema ‘Generasi Qurani, Generasi Pembebas Al Aqsho’ yang menjadi rangkaian wisuda huffadz santri Pondok Pesantren Islam Al Mukmin, Ngruki, Sukoharjo, Ahad (17/2/19).

Sekretaris Jenderal Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) itu megatakan setiap orang yang menjaga Al Quran patut bersyukur. Pasalnya, Allah telah memberikan keistimewaan yang luar biasa baginya.

Dia menjelaskan Allah memuliakan segala sesuatu yang berkaitan dengan Al quran. Pimpinan AQL ISlamic Center itu mencontohkan Lauhul Mahfudz yang menjadi tempat yang istimewa karena menjadi tempat paling terjaga menyimpan ayat-ayat Al quran. Selain itu, Ramadhan menjadi bulan yang paling dimuliakan dari bulan lainnya, karena Al Quran diturunkan padanya. Hari ketujuh belas atau hari ganjil di bulan Ramadhan menjadi istimewa disebut sebagai nuzulul quran. Lalu, Nabi Muhammad menjadi khoirul anam karena Al quran diturunkan kepadanya.

Ulama yang akrab disapa UBN itu juga menyoroti animo tinggi dalam menghafal Al Quran, namun lalai mentadabburinya. “Hari ini kita hanya menghafal, membaca tapi lupa mentadaburi. Setelah mentadabburi ada hal yang tidak didapatkan, yaitu mendapatkan hidayah,” ujarnya.

BACA JUGA  Muktamar Muhammadiyah Ditunda Karena Corona

“Dan ini adalah yang luput dari umat Islam saat ini,” imbuh UBN

Al Quran semestinya sebagai petunjuk atau hidayah bagi pembacanya. Sehingga, jika ada yang lancar membaca, menghafal tetapi masih melakukan kemaksiatan, maka UBN berpesan untuk interospeksi diri dan menjaga hati dengan benar.

Reporter: Reno
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Pecahan Roket Buatan Mesir Ditemukan dalam Serangan Assad di Idlib

Rezim Bashar Assad telah menewaskan 18 warga sipil dalam serangan di Idlib, wilayah Suriah barat laut.

Ahad, 17/02/2019 13:12 0

Malaysia

Inspiratif, Masjid di Malaysia Rilis Mesin ATM Beras untuk Kaum Dhuafa

Dalam sebuah postingan Youtube, Jumat (15/02/2019), Jabatan Agama Islam Wilayah Persekutuan (JAWI) mengatakan bahwa "ATM beras" adalah yang pertama di Malaysia.

Ahad, 17/02/2019 12:09 0

Afghanistan

Daftar Capres Afghanistan Diisi Wajah-wajah Lama, Taliban Sebut Pion Amerika

"Mereka semua, dari nama pertama hingga nama terakhir adalah para pion yang terkait dengan lingkaran atau jaringan masa lalu yang sudah teruji loyalitas mereka kepada Amerika"

Ahad, 17/02/2019 11:25 0

Asia

Kelompok Hindu Bergerak, Tebar Ancaman ke Pelajar Kashmir di India

"Setelah serangan bunuh diri, dua siswa Kashmir dipukuli dengan kejam oleh massa di daerah Sudhowala. Kami bahkan belum berani keluar dari kamar kami sejak serangan itu," kata pria berusia 24 tahun itu.

Ahad, 17/02/2019 10:52 0

Profil

Ibnul Mubarok, Menghabiskan Umur di Medan Ilmu dan Jihad

Tokoh kita kali ini adalah salah seorang ulama tabiut tabi'in yang menghabiskan hidupnya dari satu bumi ribath ke bumi ribath lainnya, dari satu kancah jihad ke kancah jihad lainnya.

Sabtu, 16/02/2019 20:47 0

News

DPR Sempat Berwacana Densus 88 Dibubarkan

DPR sempat mempunyai wacana agar Densus 88 dibubarkan

Sabtu, 16/02/2019 11:28 0

Video News

Komisi VIII: RUU P-KS Belum Dibahas, Masih Bisa Diubah

KIBLAT.NET- Inilah jawaban, Anggota Komisi VIII DPR-RI, Rahayu Saraswati tentang RUU P-KS saat tim Kiblat...

Sabtu, 16/02/2019 09:28 0

Amerika

Jenderal AS: Terlalu Dini Mengumumkan Menang Atas ISIS

"Tujuannya adalah untuk mengurangi ancaman di wilayah itu," katanya.

Sabtu, 16/02/2019 08:28 0

Video News

Pakar Hukum: Istilah “Kejahatan Seksual” Lebih Tepat untuk RUU P-KS

KIBLAT.NET, Jakarta – Rancangan Undang-undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU P-KS) menjadi sorotan banyak pihak karena...

Jum'at, 15/02/2019 19:00 0

Eropa

Pakar Jerman Peringatkan Bahaya Smartphone bagi Anak

"Anak-anak berumur sembilan tahun sudah melihat gambar-gambar dan membagikan video porno dari rekan-rekan mereka," kata Julia von Weiler.

Jum'at, 15/02/2019 16:12 0

Close