... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Ibu Jokowi Dilaporkan ke Bawaslu Atas Dugaan Pelanggaran Kampanye

Foto: Tim Advokasi Reaksi Cepat (TARC) melaporkan ibu dari Joko Widodo ke Bawaslu Sukoharjo, Jumat (15/02/2019).

KIBLAT.NET, Solo – Tim Advokasi Reaksi Cepat (TARC) melaporkan Sudjiatmi Notomihardjo, ibu dari Presiden Joko Widodo ke Bawaslu Sukoharjo terkait kegiatan pemilu tanpa izin yang diselenggarakan oleh Priyayi Solo Pro Jokowi (PSPJ) pada 15 Januari lalu.

Humas TARC Endro Sudarsono mengatakan, telah menemukan adanya atribut kampanye berupa kaos dan topi bertuliskan angka O1 dengan nama capres dan cawapres dalam kegiatan teresebut.

“Kami menyampaikan kepada Bawaslu Sukoharjo terkait peristiwa kampanye tanpa izin pada 15 Januari 2019 di daerah Duwet, Baki, Sukoharjo. Kebetulan di sini melibatkan ibunda Jokowi, bu Sudjiatmi,” kata Endro di Kantor Bawaslu Sukoharjo pada Jumat (15/02/2019).

Endro lalu membandingkan kegiatan PSPJ tersebut dengan tabligh akbar yang diselenggarakan di Solo. “Ada dua peristiwa yang sama namun ada perbedaan sikap,” ujarnya.

Ketua Persaudaraan Alumni 212 ditersangkakan karena melanggar aturan kampanye ketika tabligh akbar. Sementara tidak ada tindakan untuk kegiatan PSPJ di Sukoharjo. Dari sini, Endro berharap agar pelaporannya ditindaklanjuti.

“Agar bisa ditingkatkan dari diberi sanksi administrasi ke sanksi penyalahgunaan kampanye,” katanya. “Kita mempercayakan kepada Bawaslu di Kabupaten Sukaharjo, untuk berlaku adil bagi semua orang.”

Tanggapan Bawaslu Sukoharjo

Ketua Bawaslu Sukoharjo, Bambang Muryanto membenarkan tidak adanya perizinan pada kegiatan Priyayi Solo Pro Jokowi (PSPJ) yang dihadiri ibu Jokowi tersebut. Namun, ia menolak jika dalam acara tersebut ada kampanye.

BACA JUGA  Soal Pembangunan Infrastruktur, Komisi V: Masih Banyak Pihak yang Dirugikan

“Acara dibubarkan sebelum dimulai,” kata Bambang, sembari mengatakan bahwa pihaknya langsung mendatangi lokasi dan membubarkan kegiatan setelah Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) melakukan pemeriksaan.

“Jadi belum terjadi kampanye,” imbuhnya.

Namun demikian, Bambang mengatakan Bawaslu tetap menerima laporan dari Tim Advokad Reaksi Cepat (TARC). Dia berjanji akan mengkaji berkas yang telah diserahkan.

Reporter: Reno
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video News

Pakar Hukum: Istilah “Kejahatan Seksual” Lebih Tepat untuk RUU P-KS

KIBLAT.NET, Jakarta – Rancangan Undang-undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU P-KS) menjadi sorotan banyak pihak karena...

Jum'at, 15/02/2019 19:00 0

Eropa

Pakar Jerman Peringatkan Bahaya Smartphone bagi Anak

"Anak-anak berumur sembilan tahun sudah melihat gambar-gambar dan membagikan video porno dari rekan-rekan mereka," kata Julia von Weiler.

Jum'at, 15/02/2019 16:12 0

Video Kajian

Khutbah Jumat: Jujur dalam Keimanan – Ust Muhaimin Adi Nur Rahman

KIBLAT.NET- Jika kita jujur kepada Allah, maka Allah akan menolong kita. Itulah hadits yang pernah...

Jum'at, 15/02/2019 15:32 0

Artikel

[On This Day] 15 Februari 1948, Pembantaian Penduduk Sa’sa’ Palestina Oleh Kelompok Zionis Radikal

Kini Sa’sa’ hanya tinggal cerita, menjadi abadi dalam kenangan, yang tersisa hanyalah puing reruntuhan, pepohonan, serta masjid yang dikonversi menjadi museum oleh Israel.

Jum'at, 15/02/2019 15:06 0

Rusia

Turki, Rusia dan Iran Bahas Penarikan Pasukan AS dan Nasib Idlib

Presiden Rusia Vladimir Putin, salah satu sekutu terdekat rezim Suriah, menjadi tuan rumah KTT yang digelar di resor Laut Hitam Sochi Kamis (14/02/2019).

Jum'at, 15/02/2019 14:38 0

Yaman

Krisis Kemanusiaan di Yaman Masih Menjadi yang Terburuk di Dunia

14,3 juta orang sangat memerlukan bantuan. Di mana sekitar 3,2 juta yang membutuhkan perawatan karena kekurangan gizi akut; termasuk dua juta anak balita, dan lebih dari satu juta wanita hamil dan menyusui.

Jum'at, 15/02/2019 13:32 0

Philipina

Inilah Wilayah Otonomi Bangsamoro Menurut Hasil Resmi KPU Filipina

Di Mindanao, Filipina Selatan, telah terbentuk entitas baru Pemerintah Otonomi Bangsamoro atau BARMM (Bangsamoro Autonomous Region in Muslim Mindanao).

Jum'at, 15/02/2019 10:25 0

Iran

Jaisyul Adl: Penargetan Bus Garda Revolusi Direncanakan Sejak Enam Bulan

Dalam pernyataan resmi yang dirilis pada Kamis (14/02), putra-putra Balochistan sukses menargetkan bus perwira Pengawal Revolusi di poros Khash-Zahedan di perbatasan dengan Chan Ali pada 14 Februari.

Jum'at, 15/02/2019 08:44 0

Asia

37 Tentara India Tewas Dalam Serangan Bom di Kashmir

Media lokal menyebut Jaisyul Muhammad, kelompok perlawanan Islam di Pakistan, mengaku bertanggung jawab atas serangan ini.

Jum'at, 15/02/2019 07:54 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Beribadah Demi Mendapatkan Materi

Khutbah Jumat: Beribadah Demi Mendapatkan Materi

Jum'at, 15/02/2019 05:45 0

Close