Museum Bangsamoro Telah Dibuka, Apa Saja Isinya?

KIBLAT.NET, Manila – Museum Bangsamoro di Kompleks Budaya Shariff Kabunsuan di Daerah Otonomi Muslim Mindanao (ARMM) mulai dibuka untuk umum pada Rabu (06/01/2018).

Gubernur ARMM, Mujiv Hataman, yang memimpin pembukaan museum, mengatakan proyek pembangunan museum dibantu oleh seorang kurator nasional dan sejumlah tenaga kerja ARMM.

“Ini memotivasi saya untuk mendorong proyek ini, dengan peninggalan-peninggalan tersebut menjadi dasar mengenai sejarah sejati masyarakat Bangsamoro,” kata Hataman.

Museum ini berfungsi sebagai gudang artefak, karya seni, serta catatan tekstual dan ikonografi yang relevan dengan memori budaya masyarakat Bangsamoro.

Hataman mengatakan bahwa museum dan Perpustakaan Regional yang baru diresmikan, adalah hadiah ARMM untuk Daerah Otonomi Bangsamoro di Muslim Mindanao (BARMM).

“Biarkan kedua proyek ini menjadi warisan ARMM bagi generasi muda Bangsamoro dan generasi mendatang,” katanya.

Museum ini diselenggarakan di bawah seorang kurator independen Marian Pastor Roces. Roces mengatakan bahwa pembangunan museum untuk mengumpulkan cerita-cerita penting tentang orang-orang Bangsamoro melalui pameran artefak yang berbeda dari wilayah tersebut.

“Setiap pameran di museum ini memiliki cerita sendiri,” kata Roces kepada wartawan dalam sebuah wawancara.

Dia mengatakan galeri ini menyajikan artefak dari berbagai bagian ARMM yang telah ada selama berabad-abad. Benda-benda yang dikumpulkan tersembunyi kisah-kisah tentang keberanian dan kelangsungan hidup.

Artefak termasuk tekstil yang diproduksi oleh wanita Maranao selama pengepungan Marawi sebagai sarana bertahan hidup; rekaman nyanyian Tausug Kissa dari pembantaian Bud Dajo; perpustakaan pribadi pendiri Front Pembebasan Islam Moro (MILF) Hashim Salamat; dan artefak arkeologis berusia 2.000 tahun di dataran tinggi Kulaman, khususnya guci pemakaman.

Museum ini juga memperlihatkan dokumen terkini terkait proses perdamaian, termasuk Undang-Undang Organik Bangsamoro (BOL). Yaitu langkah yang akan membuka jalan bagi pendirian BARMM

Sumber: Philippine News Agency
Redaktur: Ibas Fuadi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat