Konferensi Moskow Tekankan Pentingya Penghapusan Para Komandan Taliban dari Daftar Hitam

KIBLAT.NET, Moskow – Para politikus Afghanistan dan perwakilan Taliban menyeru penghapusan nama-nama komandan gerakan tersebut dari daftar hitam internasional. Seruan itu disampaikan setelah berakhirnya konferensi di Moskow Rabu (06/02), yang mempertemukan Taliban dengan para pemimpin politik oposisi Afghanistan.

Konferensi itu menyeru seluruh pihak untuk bekerja mewujudkan perdamaian permanen di Afghanistan. Sejumlah persoalan yang mengarah pada hal tersebut pun disepakati.

Berdasarkan pernyataan akhir konferensi, kedua pihak sepakat kelanjutan pembicaraan sesama orang Afghanistan, mendukung negosiasi antara Amerika Serikat dan Taliban dan tidak boleh ada campur tangan Negara lain dalam urusan dalam negeri Afghanistan.

Pernyataan itu juga menekankan pentingnya dukungan dunia internasional untuk perdamaian Afghanistan. Untuk itu, menghapus nama para pemimpin Taliban dari daftar hitam internasional merupakan hal yang sangat mendesak.

Kemudian, pernyataan itu sepakat mendukung Taliban diberi hak membuka kantor biro politik resmi di Qatar. Ini semua sangat penting untuk mencapai kemajuan dalam perdamaian di Afghanistan.

Pada bagiannya, mantan penasihat keamanan nasional Afghanistan sekaligus calon presiden saingan petahana, Hanif Atmar, mengatakan perlunya negosiasi untuk rekonsiliasi di Afghanistan dengan partisipasi pemerintah.

“Taliban telah berbicara dengan minat mereka dalam pertarungan yang gigih,” katanya kepada media setelah konferensi.

Dalam konferensi Moskow yang berlangsung Selasa dan Rabu sendiri tidak melibatkan pemerintah Kabul. Konferensi itu difasilitasi oleh Rusia.

Taliban mengatakan bahwa pembicaraan itu sukses. Sejumlah keinginan Taliban disetujui oleh para politikus Afghanistan. Di antaranya, mengganti sistem pemerintahan yang ada saat ini dengan sistem Islam.

Sumber: Anadolu Agency
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat