... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Dewan Pertimbangan MUI Keluarkan Imbauan dalam Sikapi Pilpres 2019

Foto: Dewan Pertimbangan MUI Keluarkan Imbauan dalam Sikapi Pilpres 2019 di kantor MUI Pusat Jakarta, Rabu (30-01-2019)

KIBLAT.NET, Jakarta – Dewan Pertimbangan (Wantim) Majelis Ulama Indonesia (MUI) merumuskan delapan pandangan bagi masyarakat dalam menghadapi Pemilu 2019. Harapannya masyarakat dapat mengutamakan persatuan, agar tidak saling bermusuhan karena perbedaan pandangan politik.

Wakil Ketua Wantim MUI, KH Didin Hafiduddin mengatakan Wantim MUI merasa prihatin terhadap kondisi kebangsaan dan keumatan yang cenderung mengalami gejala perpecahan karena beda pilihan politik. Saat menyampaikan pandangan Wantim MUI itu dia didampingi sejumlah tokoh, di antaranya KH Din Syamsuddin, KH Abdullah Sahal, KH Yusnar Suyuf, dan Syafiq Mughni.

“Pertama, MUI berharap walau adanya perselisihan dalam cuaca panas politik Pilpres 2019 tidak menyebabkan pertentangan yang melemahkan umat dan bangsa,” kata Kiai Didin dalam konfrensi pers bertajuk ‘Umat Islam Menghadapi Pemilu/Pilpres 2019’ usai Rapat Pleno ke-34 Wantim MUI di Kantor MUI Pusat, Jakarta, Rabu (30/1/2019).

Dia melanjutkan pandangan kedua, menyeru pimpinan ormas dan tokoh untuk mengedepankan persatuan dan kesatuan. Pilpres hanya sarana atau alat. Sehingga jangan sampai sarana itu malah menyebabkan kehancuran. Pilpres sesungguhnya membuat negara beradab dan ajang mencari pemimpin terbaik.

Ketiga, umat Islam diharapkan mengutamakan persatuan dan kesatuan. Meski ada perbedaan pilihan tapi tidak boleh merusak ukhuwah islamiyah. Persaudaraan tidak boleh terganggu karena pesta demokrasi lima tahun sekali ini.

“Keempat, Wantim MUI menyeru tokoh agama, tokoh masyarakat, pimpinan pemerintahan agar tidak mengumbar pernyataan yang mengundang konflik dan pertentangan. Seperti, mengajak kelompoknya kepada pernyataan yang irasional yang menimbulkan masalah di kemudian hari,” ujarnya.

BACA JUGA  Menteri Agama Sembuh dari Covid-19

Kelima, posisi MUI sebagai rumah besar bersama. MUI tetap menjadi pelayan umat dan mitra pemerintah dalam memberikan amar maruf nahi munkar. Keenam, umat dipersilahkan memiliki literasi politik untuk menentukan pilihan terbaik dengan tidak golput.

Wantim MUI berharap yang dijadikan pegangan dalam pilpres ini adalah hadis Rasulullah yang berbunyi: “Barang siapa yang tidak punya kepedulain terhadap umat Islam maka mereka bukan bagian Muslimin” Umat diharapkan memilih Capres atau Caleg dengan cerdas yang mengutamakan kepentingan umat di atas segalanya.

Ketujuh, penyelenggara pemilu seperti KPU dan Bawaslu bersikap netral dan berkeadilan. Sehingga demokrasi berjalan baik. Sebagai wasit dan penyelenggara tidak boleh jadi pemain. Begitu pun dengan lembaga hukum dan kepolisian.

Kedelapan, umat Islam memiliki kekuatan doa. Kepada pemimpin masyarakat dan umat Islam secara menyeluruh agar melaksanakan shalat dan berdoa kepada Allah agar dilahirkan pemimpin yang amanah, jujur, dan membawa kemaslahatan di dunia dan akhirat.

Delapan poin pandangan Wantim MUI itu merupakan kesimpulan yang dihasilkan dari Rapat Pleno ke-34 yang diikuti pimpinan, anggota Wantim, bersama pimpinan-pimpinan ormas, dan lembaga Islam. Rapat berlangsung selama tiga jam di Aula MUI, Jakarta Pusat, Rabu (30/01/2019).

Reporter : Hafidz Syarif
Editor: Imam S.


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Palestina

Amnesty International: 4 Perusahaan Pariwisata Dukung Penjajahan Zionis di Palestina

bahkan ada perusahaan yang memberi keterangan dengan tujuan “Wilayah Palestina Terjajah”

Rabu, 30/01/2019 19:39 0

Video News

Ini 8 Sikap MUI untuk Pilpres 2019

KIBLAT.NET- Dewan Pertimbangan MUI Majelis Ulama Indonesia menggelar rapat pleno ke-34 dengan dengan tajuk ”Umat...

Rabu, 30/01/2019 19:36 0

Philipina

Pemerintah Filipina Janji Akan Tangkap Pelaku Bom Masjid

Sementara itu, Presiden Rodrigo Duterte sendiri belum berbicara tentang ledakan di Zamboanga City.

Rabu, 30/01/2019 17:44 0

Iran

Empat Polisi Iran Terluka Saat Buka Paket Bom Kiriman Jaisyul Adl

Sejumlah media Iran menyebut, ledakan itu bersumber dari serangan bom bunuh diri.

Rabu, 30/01/2019 16:54 0

Video Kajian

Ust. Tri Asmoro: Pernikahan Adalah Kerja Tim

KIBLAT.NET – Pada dasarnya karena laki-laki dan perempuan itu berbeda. Maka ketika mereka bertemu untuk...

Rabu, 30/01/2019 16:50 0

Palestina

Tekan Populasi Palestina, Israel Akan Bangun ‘Disneyland’ di Yerusalem

Ini sebagai upaya Israel untuk mengubah pemandangan kota dan mengembangkan permukiman Yahudi di wilayah Palestina.

Rabu, 30/01/2019 16:34 0

Video Kajian

Lima Sifat Penguasa Pengundang Azab

KIBLAT.NET – Setiap manusia memiliki potensi buruk dan baik. Keadaan dapat mengubah dirinya. Ketika seseorang...

Rabu, 30/01/2019 13:48 0

Video News

Kiblat Review: Ideologi Negara Belum Final?

Menurut beberapa informasi yang ada pasukan ini terdiri dari 10.000 mujahid, 700 tentara berkuda dan 100 kapal. Armada Islam bergerak pada hari Sabtu, 15 Rabiul Awal 212 H ke arah selatan Sisilia.

Rabu, 30/01/2019 13:00 0

Video News

Curhat Bocah Uyghur yang Ibunya Diculik Oleh Pemerintah Cina

KIBLAT.NET – Inilah curhatan dari seorang anak kecil Uyghur diaspora di Turki. Ayah, Ibu, dan...

Rabu, 30/01/2019 12:53 0

Turki

Penguatan Visi Diaspora KAMMI, Pengurus KAMMI Turki Dilantik

Pelantikan Pengurus Daerah Istimewa KAMMI Turki telah resmi dilaksanakan di Teater Kuno Aspendos, Serik Antalya, Turki pada Ahad (27/01/2019).

Rabu, 30/01/2019 11:02 0

Close
CLOSE
CLOSE