... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Titian

Awas!!! Sifat Lalai Bisa Menyeretmu ke Api Neraka

KIBLAT.NET – Kata lalai dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti kurang hati-hati atau tidak mengindahkan kewajiban, pekerjaan, dan sebagainya. Namun tahukah anda jika Al-Quran mempunyai definisinya sendiri soal lalai?

Di dalam surat Yunus ayat 7 disebutkan bahwa orang yang lalai adalah orang yang tidak mengharapkan atau tidak percaya akan pertemuan dengan Allah SWT, merasa puas dan tentram dengan kehidupan dunia, dan tidak memberi perhatian kepada ayat-ayat Allah SWT. Lalu pada surat Yunus ayat yang kedelapan disebutkan bahwa balasan bagi semua perilaku tersebut adalah api neraka.

Selain membuat seseorang berpaling dari ayat Allah SWT, lalai juga menyebabkan seseorang menyikapi peringatan-peringatan dalam Al-Quran dengan nada senda gurau. Bagi orang yang lalai, ayat-ayat Allah perihal azab, hisab, yaumul mahsyar, surga, ataupun neraka hanya terdengar seperti lelucon belaka, yang cukup ditanggapi dengan tawa sekeras-kerasnya.

Ketika anda mendatangi orang yang lalai, menceritakan kepada mereka perihal penindasan serta penderitaan kaum muslimin di berbagai belahan dunia. Anda ceritakan perihal anak-anak Suriah yang harus menyantap semak belukar di musim dingin, ibu-ibu Suriah yang tak mampu menyusui bayinya karena air susunya kering, muslim Rohingya yang dikejar-kejar ditembaki bak tikus yang mencuri padi di ladang, atau muslim Uighur yang tak pernah mengerti apa arti sebuah kebebasan.

Anda ceritakan bahwa nasib kaum muslimin di beberapa belahan dunia telah mencapai titik nadirnya, akan lenyap eksistensinya jika tak segera kita bantu.

Tanggapan mereka hanyalah, “Saya telah mendengar cerita tersebut, semua akibat mereka telah berbuat begini, bertindak begitu, saya tidak punya banyak waktu untuk mendengar pembicaraan mengenai kaum-kaum separatis, ekstrimis, dan radikal seperti itu.”

Tahukah anda, mereka hanya mempunyai waktu untuk membicarakan buah apa yang bisa dimakan hari ini, kopi jenis apa yang bisa diseduh hari ini, dan bisnis apa yang bagus untuk hari ini. Bagi mereka, pembicaraan yang bermanfaat adalah soal dunia, dunia, dan dunia.

Sungguh dunia telah memperdaya mereka, sehingga mereka tak punya waktu sedikitpun untuk mendengar perkataan yang bermanfaat, yang akan memberi mereka keselamatan hakiki baik di dunia maupun di akhirat.

Jika sudah seperti itu, maka satu-satunya yang menyelamatkan akhirat kita adalah tidak bersahabat dengan mereka, menghentikan pembicaraan dengan mereka, cukuplah kita memberikan sedikit senyuman, sedikit akhlak, dan sedikit perbuatan baik kita. Kita tidak perlu banyak membuang waktu untuk bersama mereka, dan kita tidak perlu  berupaya menyatukan pendapat dengan mereka.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Kahfi ayat 28:

“Dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengikuti Kami serta memperturutkan hawa nafsunya dan adalah urusannya itu melewati batas.”

Ayat tersebut mengandung kalimat larangan, dan larangan di sini menunjukkan keharaman. Jadi kesimpulannya, jika balasan bagi orang yang lalai adalah neraka, maka orang yang bersahabat dengan mereka pun terancam mendapat balasan serupa. Seperti kata pepatah, jika kamu berteman dengan pandai besi maka kamu akan terpercik api.

Maka dari itu, awas!!! Sifat lalai bisa menyeretmu ke api neraka.

Penulis: Rusydan Abdul Hadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Hujan Sejak Sabtu Malam, Banjir Genangi Wilayah Pantura Jateng

Banjir terjadi di sejumlah titik di jalur utama pantai utara (pantura) Jawa Tengah, mulai dari Kabupaten Kendal hingga Kota Pekalongan

Ahad, 27/01/2019 17:34 0

Indonesia

Warga Sipil Serang Kamp Militer Turki di Irak Utara, Sejumlah Kendaraan Dibakar

Kemarahan warga yang menyerang kamp militer itu diduga dipicu oleh serangan udara Turki, yang menewaskan warga sipil setempat

Ahad, 27/01/2019 16:21 0

Indonesia

Perilaku Seks Menyimpang Tidak Diatur dalam RUU P-KS 

Di dalam RUU itu, tidak disebutkan informasi tentang kekerasan seks terhadap laki-laki, padahal kekerasan itu terjadi akibat perilaku homoseksual.

Ahad, 27/01/2019 15:46 0

Manhaj

Karakter Jahiliyah Modern, Menjauhkan Manusia dari Hukum Allah

Abul A’la Al-Maududi berkata, “Jahiliyah adalah setiap cara pandang yang tidak sesuai dengan cara pandang Islam, yang dari cara pandang yang tidak islami tersebut lahirlah perbuatan-perbuatan jahiliyah.”

Ahad, 27/01/2019 15:15 0

Indonesia

Prof. Euis: Ruh RUU P-KS, Memisahkan Agama dari Kehidupan

"RUU ini, tidak mengenal tentang penyimpangan seksual seperti homoseks. Padahal itu kan persoalan yang patut diatur," ujar Euis.

Ahad, 27/01/2019 14:50 0

Philipina

Dua Bom Meledak di Filipina Selatan, Pelaku Belum Terdeteksi

"Waktu (pemboman) mencurigakan, karena pekan lalu ada referendum, dan pulau Jolo memilih untuk tidak menjadi bagian dari pemerintahan otonomi baru yang sedang dibuat."

Ahad, 27/01/2019 14:30 0

Afrika

Soroti Krisis Sudan, IUMS: Pejabat atau Rakyat yang Bersalah Harus Diadili

IUMS juga memperingatkan adanya pihak-pihak tertentu dengan agenda berbeda yang berencana menyeret Sudan ke masa depan yang tidak pasti dengan merusak persatuan, keamanan dan stabilitasnya.

Ahad, 27/01/2019 14:00 0

Timur Tengah

Perempuan Tunisia Serukan Demo Mendukung Poligami

Tunisia berada di peringkat keempat di dunia Arab dan pertama di Afrika utara dalam persentase wanita lajang.

Ahad, 27/01/2019 13:32 0

Indonesia

Ustadz Abu Rusydan: Batal Bebasnya Ustadz ABB adalah Takdir

"dari awal sampai hari ini, saya melihat kata kuncinya ini semua adalah takdir,"

Ahad, 27/01/2019 12:17 2

Indonesia

Ada Perbedaan Pilihan Capres di Internal PBB, MS. Kaban: Tidak Masalah

MS. Kaban mengatakan tidak masalah jika terdapat perbedaan di internal partainya

Ahad, 27/01/2019 11:49 0

Close