... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kelompok Teror “White Rabbit” Bom Masjid di Minnesota, 2 Anggota Disidang

Foto: Pusat Islam Dar Al-Farooq di Bloomington, Minnesota pada 5 Agustus 2017

KIBLAT.NET, Minnesota – Anggota kelompok milisi Illinois menyewa sebuah truk dan mengendarai lebih dari 500 mil (805 kilometer) untuk mengebom sebuah masjid di Minnesota. Dua pelaku mengakui bahwa tujuan aksi sebagai teror kepada warga muslim agar meninggalkan AS.

Michael McWhorter (29) dan Joe Morris (23) mengatakan, ketika tiba di Pusat Islam Dar Al-Farooq di Bloomington pada 5 Agustus 2017, mereka mendobrak jendela dan melemparkan bom pipa dengan campuran bensin di dalamnya. Aksi teror itu menyebabkan ledakan, kebakaran, dan kerusakan yang luas.

Kejadian itu sontak menimbulkan kegaduhan di antara warga muslim yang hendak melakukan shalat Subuh. Meskipun tidak ada yang terluka dalam serangan.

Di hadapan pengadilan, Kamis (24/01/2019), kedua pelaku mengaku bersalah atas lima tuduhan sehubungan dengan serangan masjid, percobaan pemboman sebuah klinik aborsi Illinois, perampokan bersenjata dan kejahatan lainnya.

Pelaku ketiga, Michael Hari (47), yang mengarahkan aksi pengeboman, masih berada dalam tahanan federal di Illinois. Hari digambarkan sebagai pemimpin kelompok “Kelinci Putih”. Sementara anggotanya adalah McWhorter, Morris dan setidaknya lima orang lain.

Sebelumnya, tiga anggota milisi lain telah dijatuhi hukuman karena rencana jahat terhadap pembantaian Muslim di Kansas barat daya dengan meledakkan sebuah masjid dan apartemen yang menampung para imigran Somalia.

Serangan itu, yang direncanakan untuk sehari setelah pemilihan presiden AS November 2016, digagalkan setelah anggota kelompok lainnya memberi tahu pihak berwenang.

BACA JUGA  Penembakan Terjadi di Pangkalan AS di Texas, FBI: Terkait Terorisme

Dalam pemboman masjid di Minnesota, Hari diduga memilih Dar Al-Farooq karena jaraknya cukup jauh dari pusat kota Illinois untuk menghindari kecurigaan.

Ketika ketiganya tiba di Dar Al-Farooq, Hari memberi Morris palu besar dan menyuruhnya memecahkan jendela. McWhorter kemudian menyalakan sumbu pada bom pipa dan melemparkannya ke dalam, sementara Morris melemparkan pipa dengan campuran bensin.

McWhorter dan Morris juga mengaku bersalah atas peran mereka dalam serangan yang gagal terhadap klinik aborsi Champaign, Illinois, pada bulan November 2017.

Hari, McWhorter, Morris dan lainnya juga berpartisipasi dalam penggerebekan rumah di Ambia, Indiana, dan perampokan bersenjata atau percobaan perampokan bersenjata di dua toko Walmart di Illinois.

Morris dan McWhorter juga mengaku berusaha untuk memeras Kereta Api Nasional Kanada dengan mengancam akan merusak jalur jika kereta api tidak membayar uang kepada mereka.

Orang keempat, Ellis Mack dari Clarence, sudah mengaku bersalah atas dua tuduhan di Illinois. Dia dijadwalkan akan dihukum pada bulan April.

Sumber: Arab News
Redaktur: Ibas Fuadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Kata Bachtiar Nasir Soal Batalnya Pembebasan Ust. ABB

Dia meminta agar Ust. ABB diberikan perlakuan yang adil.

Jum'at, 25/01/2019 11:48 0

Indonesia

Muhammadiyah: Pemerintah Harus Jelaskan Dugaan TKA Demo di Morowali

Ketua Muhammadiyah bidang ekonomi, Anwar Abbas menanggapi video yang diduga TKA demo di Morowali, Sulawesi Tengah.

Jum'at, 25/01/2019 11:32 0

Indonesia

UBN Ingatkan Bahaya di Balik RUU Penghapusan Kekerasan Seksual

"Sebab rancangan yang mereka ajukan ini berpotensi melegalkan perzinaan, berpotensi melegalkan aborsi, dan penyimpangan-penyimpangan seksual lainnya," ujar UBN.

Jum'at, 25/01/2019 11:17 0

Indonesia

AILA: RUU Penghapusan Kekerasan Seksual Jebakan bagi Kaum Hawa

Suci pun menjelaskan, RUU juga berpotensi memberikan ruang bagi prostitusi di Indonesia.

Jum'at, 25/01/2019 10:56 0

Indonesia

Tak Jadi Cawapres, Cak Imin Incar Kursi PSSI

Cak Imin bahkan menjanjikan Indonesia masuk ke gelanggang dunia.

Kamis, 24/01/2019 21:51 0

Indonesia

Longsor di Gowa Mengubur Satu Dusun

Tak hanya banjir, tanah longsor juga terjadi di beberapa titik di Gowa

Kamis, 24/01/2019 19:19 1

Opini

Pertarungan Dua Harga Mati

Lakon dari drama pembebasan ini bukan ABB, bukan Jokowi, bukan Yusril, bukan Wiranto, bukan Tito, bukan pula tentang upaya pencitraan Pilpres 2019. Ini tentang pertarungan abadi antara dua harga mati, NKRI harga mati melawan Islam harga mati

Kamis, 24/01/2019 18:35 0

Indonesia

Fahri Hamzah: Enam Bulan Pasca Gempa, Korban Belum Dapat Rumah yang Dijanjikan Presiden

Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah menyebutkan bahwa para korban gempa belum mendapat rumah yang dijanjikan.

Kamis, 24/01/2019 15:58 0

Indonesia

Update Banjir Sulsel: Puluhan Orang Meninggal, Ribuan Warga Mengungsi

Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan bahwa hingga saat ini puluhan orang meninggal akibat banjir di Sulawesi Selatan.

Kamis, 24/01/2019 15:45 0

Indonesia

Muncul Isu Aksi Terorisme Pasca Ustadz ABB Batal Bebas, Ini Kata Pengamat

Menurutnya, isu tersebut dimanfaatkan oleh kelompok-kelompok oportunis untuk mendesain adanya aksi teror.

Kamis, 24/01/2019 10:14 0

Close