... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Ribuan Orang Dievakuasi dari Kantong Terakhir ISIS di Deir Zour

Foto: Milisi Kurdi dan Tentara AS dalam operasi militer di Deir Zour

KIBLAT.NET, Deir Zour – Sebanyak 4.900 orang, termasuk 470 pejuang Daulah Islamiyah (ISIS), sejak Senin (21/01), dievakuasi dari kantong berakhir mereka di provinsi pedesaan Deir Zour, menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) dalam laporannya pada Rabu (23/01) seperti dilansir AFP.

Direktur SOHR, Rami Abdurrahman mengatakan kepada AFP bahwa hingga 24 jam terakhir, sebanyak 4.900 orang, termasuk 470 militan, keluar dari kantong terakhir ISIS di pinggiran Deir Zour.

Ia menjelaskan bahwa mayoritas mereka keluarga pejuang ISIS. Mereka dipindahkan menggunakan puluhan truk milik milisi Pasukan Demokratik Suriah. Sebagian menaiki mobil pribadi.

Konvoi tersebut menuju daerah-daerah kontrol Pasukan Demokratik Suriah di provinsi Deir Zour. Saat ini, kata Rami, wilayah ISIS telah menyusut dan tersisa sekitar sepuluh kilometer persegi.

Sejak September 2018, dengan dukungan koalisi internasional, Pasukan Demokratik Suriah melancarkan operasi militer merebut kantong terakhir ISIS di dekat perbatasan Iraq. Operasi itu mendapat banyak kemajuan dan berhasil merebut mayoritas wilayah ISIS.

Pasukan Demokratik Suriah berhasil merebut kota Hajin, Sya’afah dan desa Al-Sousse, daerah paling menonjol dari kantong terakhir, dalam beberapa pekan terakhir.

“Kekuatan milisi Kurdi mampu membuat kemajuan penting dan strategis di kawasan melalui kemajuan dan kontrol sekitar setengah dari kota Al-Bagouz Faqani, kota terakhir yang dikendalikan oleh ISIS di Suriah di tepi timur Sungai Eufrat,” kata Rami yang kantornya berbasis di Inggris.

BACA JUGA  Idlib Berdarah, Seribu Lebih Orang Tewas dalam Empat Bulan

Menurut SHOR, sebanyak 26.950 orang telah dievakuasi dari berbagai kantong ISIS di Suriah sejak sejak awal Desember 2018. Termasuk, sekitar 1.770 pasukan ISIS, yang ditangkap di antara para pengungsi.

SOHR menambahkan, meski ratusan telah menyerah namun masih banyak militan ISIS lainnya yang bertahan. Kondisi mereka terus terdesak sementara logistik makin menipis.

Sumber: AFP
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Ditahan di Mako Brimob, Ahli Pidana Ini Pertanyakan Pembinaan yang Didapat Ahok

Ahli Hukum Pidana dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Trisno Rahardjo mempertanyakan pembinaan yang didapat Ahok selama ditahan di Mako Brimob

Rabu, 23/01/2019 23:31 0

Indonesia

Tim Advokasi GNPF Ulama: Setelah Bebas, Semoga Ahok Sadar

Ketua Tim Advokasi GNPF Ulama, Nasrullah Nasution berharap Ahok sadar setelah menjalani pidana karena menistakan agama Islam.

Rabu, 23/01/2019 23:17 0

Indonesia

Kemenag Tegaskan Kebijakan Biometrik Persulit Jamaah Haji Indonesia

Polemik penggunaan Biometrik untuk mendapatkan visa haji dan umrah terus berlanjut.

Rabu, 23/01/2019 23:08 0

Indonesia

Tidak Konsisten Soal Pembebasan Ustadz ABB, Pengacara dan Keluarga Adukan Jokowi ke DPR

Putra Abu Bakar Ba'asyir (ABB) bersama Tim Pengacara Muslim mendatangi Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat bidang Polhukam, Fadli Zon, Rabu (23/01/2019) sore.

Rabu, 23/01/2019 22:59 0

Indonesia

Ustadz ABB Batal Bebas, Pengurus Ponpes Al-Mukmin Ngruki Kecewa

Ketua Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren Islam Al Mukmin, Ngruki Ustadz Ibnu Chanifah menyatakan bahwa pihak pesantren dan warga sekitar sangat kecewa terkait  batalnya status bebas Ustadz Abu Bakar Baasyir.

Rabu, 23/01/2019 22:11 0

Indonesia

Menag: Tidak Ada Pesantren Radikal

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin menegaskan tak ada pondok pesantren radikal.

Rabu, 23/01/2019 21:56 0

Indonesia

Banjir Besar Landa Sulawesi Selatan, 53 Kecamatan Terendam

Banjir Besar Landa Sulawesi Selatan, 53 Kecamatan Terendam

Rabu, 23/01/2019 21:45 0

Indonesia

Pemerintah Godok RUU Pesantren, Apa Isinya?

Pemerintah masih dalam proses penyempurnaan draft Rancangan Undang-Undang tentang Pondok Pesantren dan Pendidikan Keagamaan.

Rabu, 23/01/2019 21:36 0

Indonesia

Rupiah Melemah, Biaya Haji Diprediksi Naik

BPIH diperkirakan akan mengalami kenaikan yang signifikan pada tahun ini.

Rabu, 23/01/2019 21:27 0

Indonesia

Ahok Bebas, Ahli Pidana: Kalau Ada yang Mengelu-elukan Berarti Tidak Paham Persoalan

Ketua Tim Advokasi GNPF Ulama, Nasrullah Nasution menegaskan bahwa selesainya masa tahanan Ahok menunjukkan bahwa dia benar-benar bersalah

Rabu, 23/01/2019 21:19 0

Close