Fahri Hamzah: Enam Bulan Pasca Gempa, Korban Belum Dapat Rumah yang Dijanjikan Presiden

KIBLAT.NET, Jakarta – Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah menyebutkan bahwa para korban gempa belum mendapat rumah yang dijanjikan. Padahal, gempa sudah terjadi enam bulan lalu.

“Saya tadi memimpin rapat #TimwasBencanaDPR dan mengevaluasi penanganan korban di NTB, Sulteng, Banten dan Lampung. Maka saya, khususnya sebagai wakil rakyat NTB ingin menyampaikan. PAK PRESIDEN, SUDAH 6 BULAN, KORBAN GEMPA ITU BELUM MENDAPATKAN RUMAH YANG BAPAK JANJIKAN,” katanya dalam twitter pribadi miliknya @fahrihamzah.

Ia memaparkan bahwa informasi terakhir yang dihimpun hingga 22 Januari 2019, dari 216.519 rumah rusak; baru 4.429 rumah tahan gempa yang mulai dikerjakan. Menurutnya, itu setara dengan 2,05% dari total rumah warga yang rusak.

“Bayangkan, yang 98% tinggal di mana? Baru 2,05% rumah yang dikerjakan; adapun rumah yang sudah selesai pengerjaannya baru 191 unit atau setara 0,08% dari total rumah rusak,” tutur inisiator Gerakan Arah Baru Indonesia (GARBI) ini.

Meski demikian, ia mengaku bangsa kita beruntung karena masih memiliki solidaritas sosial yang kuat. Sebab, ribuan relawan datang, ratusan milyar dana mereka sumbangkan. Solidaritas sosial itulah, kata dia, yang menjadi penopang bagi korban gempa hingga mendapatkan banyak bantuan rumah tumbuh atau huntara.

“Solidaritas itulah yang bekerja secara aktif di NTB, di saat negara tampak lamban, dalam menjalankan kewajibannya. Keluarga, masyarakat dan kearifan lokal masyarakat Indonesia akhirnya menjadi penopang gagalnya fungsi negara,” pungkasnya.

BACA JUGA  Mahfud MD Minta HRS Kooperatif Soal Penelusuran Kontak

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat