Musik dan Nyanyian Sekarang Legal di Restoran di Arab Saudi

KIBLAT.NET, Riyadh – Direktur Badan Hiburan Arab Saudi sekaligus Pengadilan Kerajaan, Turki Al-Syaikh, Selasa (22/01), mengumumkan bahwa hiburan musik dan nyanyian saat ini legal di seluruh restoran dan kafe.

“Mulai hari ini, Badan Hiburan melegalkan pemutaran musik dan lagu di semua restoran di seluruh Saudi. Yang paling prioritas untuk warga Saudi,” kata Turki dalam peresmian pelegalan musik di kafe seperti dilansir Arabi21.com.

Musik dan nyanyian selama ini dilarang diputar di restoran dan kafe. Peraturan itu telah dibuat berdasarkan bimbingan para ulama.

Pengumuman ini memicu debat yang meluas, khususnya di media sosial. Banyak aktivis dan pengguna media sosial menilai Turki mendorong perbuatan dosa dengan melegalkan pemutaran musik di kafe, yang dilarang oleh para ulama senior.

Aktivis menjelaskan bahwa keputusan ini datang dalam kerangka proyek perubahan besar yang dipimpin oleh Pangeran Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman.

Badan Hiburan Saudi telah mempelopori terobosan-terobosan hiburan baru yang berkiblat ke Barat. Melalui badan ini, Kerajaan Saudi mulai membuka bioskop, pusat-pusat hiburan yang bisa digunakan untuk konser musik, wahana permainan umum dan lainnya. Di mana hal tersebut memungkinkan ikhtilat antara laki-laki dan perempuan non mahram.

Sejumlah ulama Saudi yang mengkritik keberadaan Badan Hiburan ini ditangkap. Mereka dituduh melawan ulil amri.

Sumber: Arabi21.com
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat